18 Resep MPASI Untuk Bayi Berusia 6 Bulan

Pure Apel Kismis yang Enak, Sehat, dan Bergizi
Pure Apel Kismis yang Enak, Sehat, dan Bergizi

MPASI 6 BULAN – Sampai saat ini ASI masih merupakan nutrisi terbaik untuk bayi yang harus diberikan sampai usia 2 tahun. Tetapi pada usia 6 bulan bayi perlu mendapat makanan tambahan. Makanan pendamping ASI atau disebut MPASI mulai diberikan pada usia 6 bulan karena proses pencernaan bayi yang sudah mulai sempurna.

Memberi makanan pendamping ASI perlu kamu lakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi bayi dan mulai mengenalkan makanan selain ASI.

Read More

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah memberikan makanan yang halus sesuai kemampuan bayi untuk mencernanya dan sebaiknya makanan untuk bayi merupakan buatan kamu sendiri untuk menjaga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan.

Di bawah ini menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk usia 6 bulan yang dapat dijadikan sebagai menu makanan untuk buah hati.

1. MPASI dengan Wortel

Wortel selain enak dibuat sebagai jus, ternyata cocok untuk diberikan sebagai makanan pendamping ASI yang sejak dulu banyak direkomendasikan untuk proses pengenalan makanan pada bayi. Kamu bisa memberikan wortel rebus pada bayi karena kandungan sumber vitamin A dan mineral yang tinggi.

2. Buah Pisang Sudah Umum Untuk MPASI

Selanjutnya bisa memberikan buah pisang sebagai makanan pendamping ASI. Buah pisang hampir semua orang menyukainya begitu juga dengan bayi yang suka dengan buah ini.

Resep MPASI pisang Ambon untuk Bayi

Kamu bisa menjadikan buah pisang untuk membuat bubur. Akan tetapi bila kerepotan membuat bubur pisang bisa saja langsung memberikan kepada buah hati dengan mengambil sedikit demi sedikit daging pisang menggunakan sendok. Nutrisi yang terkandung pada buah pisang antara lain vitamin A, fosfor, asam folat dan kalsium.

3. Bubur Pepaya MPASI 6 Bulan

Sama halnya dengan buah pisang, kamu bisa menjadikan buah pepaya sebagai pilihan MPASI yang cocok diberikan pada bayi. Buah pepaya begitu banyak mengandung enzim papain untuk membantu melancarkan proses pencernaan.

Selain itu pepaya banyak mengandung nutrisi seperti zat besi dan asam folat untuk membantu proses perkembangan otak. Begitu juga kandungan kalsium dan zink yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada tulang.

5. Bubur Alpukat/Pure Alpukat

Kamu dapat memberikan kepada bayi bubur alpukat untuk mulai memperkenalkan berbagai macam rasa. Buah alpukat mengandung vitamin A & C, kalsium, dan magnesium. Nutrisi dalam buah alpukat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bagi bayi.

Resep MPASI Pure Alpukat

6. Bubur Pir/Pure Pear

Buah memang banyak yang bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi antara lain buah pir. Kamu bisa memilih buah pir xiang lie untuk dijadikan bubur karena sudah cukup manis yang tidak perlu tambahan gula.

Memang sebaiknya bila bayi masih usia 6 bulan tidak disarankan mengkonsumsi gula dan garam agar si bayi bisa belajar merasakan rasa alami dari buah tersebut. Proses penyajiannya masih sama saja yaitu dengan di kupas bagian kulit dilanjut dihaluskan menggunakan blender.

Resep MPASI Bayi Pure Buah Pir

7. Bubur Susu

Bayi yang sudah berusia 6 bulan bisa mulai dicoba dengan memberikan bubur susu. Bubur yang dapat kamu buat sendiri dengan bahan tepung beras merah dan tambahan susu. Tepung beras merah mengandung lebih banyak nutrisi dibandingan bila kamu membuat bubur susu berbahan dasar beras putih.

8. Bubur Ubi Jalar

Menu MPASI yang baik untuk bayi adalah memberikan bubur ubi jalar. Ubi jalar merupakan makanan sehat yang banyak mengandung kalsium, zat besi serta vitamin A, E, dan C untuk membatu proses pertumbuhan. Kamu bisa membuat berbagai macam variasi masakan dari ubi jalar ini. Misal dengan direbus saja atau dibuat jadi bubur.

9. Kacang Panjang

Selain memberikan pada bayi buah – buahan, kamu bisa mencoba memberikan makanan pendamping ASI dengan kacang panjang. Kacang panjang memiliki serat dan vitamin B, Untuk lebih memudahkan bayi untuk mencernanya buatlah bubur dengan bahan dasar kacang dan tambahan susu.

10. Bubur Kentang

Makanan yang satu ini bisa kamu berikan pada bayi yang usia 6 bulan untuk memperkenalkan rasa gurih. Kamu bisa menyajikan dengan merebus kentang sampai lunak dengan menambahkan susu kemudian sajikan pada mangkuk dan bubur diberikan kepada si bayi

11. Nasi Tim Bayi 6 Bulan

Kali ini kami memberikan inspirasi menu makanan pendamping asi dengan nasi tim. Penyajian nasi tim sangatlah mudah dengan bahan dasar beras, santan dan garam secukupnya. Untuk menambah gizi pada bayi kamu bisa menambahkan sayuran seperti bayam atau wortel dan ikan untuk sumber nutrisi.

12. Bolu Kecil

Kamu bisa menyajikan roti bolu yang dapat ditemui di pasar atau toko roti. Akan tetapi kami lebih menyarankan untuk membuatnya sendiri di rumah. Untuk menjaga mutu bahan dan proses pembuatannya.

Proses pembuatannya pun bisa dibilang mudah hanya berbahan dasar seperti susu, tepung terigu, mentega, telur, dan sedikit gula saja. Kemudian aduk hingga rata lalu kukus adonan tersebut.

13. Bubur Jagung Sayuran

Menu kali ini untuk MPASI usia 6 bulan yaitu dengan bubur jagung, kamu dapat mempersiapkan jagung manis kemudian haluskan menggunakan blender. Untuk menambah nafsu makan bayi dan terasa manis bisa menambahkan saus dengan cara merebus wortel dan tomat kemudian dihaluskan.

Resep MENU TUNGGAL Bayi Pure Jagung Manis yang Lezat dan Bergizi (Umur +6 Bulan ke Atas)

14. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau sangat baik diberikan pada bayi usia 6 bulan yang banyak mengandung. Kamu bisa membuat bubur kacang hijau dengan merebusnya sampai kelihatan empuk dan lembut atau bisa disaring agar mendapat tekstur yang lembut untuk mempermudah bayi melahapnya. Kacang hijau kaya akan protein, serat dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

15Oatmeal untuk MPASI Berusia 6 Bulan

Ketika bayi masuk usia 6 bulan kamu bisa memberikan oatmel dengan cara menghaluskannya menggunakan blender dan saring supaya halus.

Kemudian tambahkan air hangat secukupnya dan aduk sampai mengental. Perlu diperhatikan jangan menggunakan oatmel instan yang beredar di pasaran tetapi gunakanlah rolled atau yang steel cut oats .

16. Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan dari Pure Kacang merah

Begitu juga dengan kacang merah kamu bisa membuat bubur dari bahan ini, selain kacang merah lebih mudah didapatkan ternyata nilai gizi nya lebih baik.

Kamu bisa memasak bubur kacang merah dengan merebusnya hingga lunak dan saring untuk mendapatkan tekstur yang benar – benar lembut dan tambahkan susu untuk menambah nafsu makan si bayi.

17. Bubur Jambu Wortel

Kali ini membahas makanan pendamping dengan jambu wortel. Cara membuatnya cukuplah mudah dengan menghaluskan jambu merah kemudian merebus wortel menggunakan air lalu tuangkan pada mangkok yang telah berisi jambu lunak lalu aduk lagi dan siap di sajikan pada bayi.

Kombinasi buah jambu wortel tentu mempunyai kandungan yang lebih lengkap lagi misalnya saja vitamin A dan C, karbohidrat, Serat dan kalsium.

18. Bubur Brokoli Susu

Bayi perlu dibiasakan makan dengan sayur – sayuran untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Sayuran yang bisa kamu coba adalah dengan brokoli. Apabila kesulitan dalam mencari sayuran brokoli bisa juga menggantinya dengan bayam ataupun daun sawi.

Agar semakin bergizi dan enak dapat ditambahkan susu formula atau ASI pada bubur tersebut. Cara membuatnya sama saja dengan bubur sayuran sebelumnya dengan cara menghasluskan dan blender lalu tambahkan susu.

Itulah beberapa makanan pendamping ASI usia 6 bulan yang dapat kamu buat sendiri di rumah yang bahan dan kualitas lebih dapat terjamin ketimbang kamu beli di toko yang biasanya ada tambahan bahan pengawet yang kurang bagus untuk bayi. Selalu berikan nutrisi kepada bayi dengan cukup kesehariannya untuk membantu proses perkembangan otak dan pertumbuhan pada bayi.

 

Related posts