5 Cara Mengatasi JET LAG Pada Sikecil/Bayi Setelah Perjalanan Panjang Menggunakan Pesawat

Posted on
  •  
  •  
  •  
  •  

Sama seperti halnya orang dewasa, bayi/sikecil, anak-anak dapat mengalami jet lag.  Jet lag dapat terjadi setelah melakukan perjalanan panjang menggunakan pesawat.

Istilah/arti jet lag adalah kondisi perubahan kondisi waktu tidur sementara atau merasa lelah, letih dan kebingungan setelah melakukan perjalanan panjang dengan melintasi beberapa zona waktu cukup lama menggunakan pesawat terbang (airline).

Cara Mengatasi JET LAG Pada Sikecil/Bayi Setelah Perjalanan Panjang Menggunakan Pesawat
Cara Mengatasi JET LAG Pada Sikecil/Bayi Setelah Perjalanan Panjang Menggunakan Pesawat

Berikut ini ada beberapa tips/cara/teknik/dan langkah untuk mengatasi, mengobati, mencegah jet lag pada si kecil/bayi setelah melakukan perjalanan panjang dengan pesawat terbang:

  1. Menganjurkan si kecil/balita/anak untuk tidur yang cukup saat berada di dalam pesawat;
  2. Minum air putih /ASI yang cukup agar tubuh si kecil tetap terhidrasi (tercukupi kebutuhan cairan tubuhnya);
  3. Usahakan sebelum berpergian melakukan sarapan/makan terlebih dahulu agar kondisi fisik dan imunitas tetap terjaga dengan baik. Jika anda memiliki bayi, berikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang wajar dan cukup;
  4. Ajak si kecil/anak-anak anda untuk melakukan peregangan kecil di pesawat, misalnya dengan menggerakkan bagian kaki/tangan, kepala, dan anggota tubuh lainnya secara perlahan;
  5. Sesampainya di tempat tujuan, luangkan waktu untuk jalan-jalan sejenak di luar untuk menghirup udara segar.

Itulah bunda, kelima cara mengatasi jet lag pada bayi saat berpergian menggunakan pesawat. Semoga informasi ini berguna untuk bunda yang akan membawa si kecil berlibur di akhir tahun ini. Selamat berlibur panjang bersama orang-orang tercinta.