Menu Tutup

Semangat Berbagi Di Era Baru Bersama LAZ UCare Indonesia

Ngomongin soal sedekah maka harus dilatih sejak dini. Sedekah banyak macamnya, dan tentunya bisa disesuaikan dengan kondisi finansial dan kemampuan seseorang. Sedekah bukan untuk jadi bahan pamer-pameran, namun harus tulus dan tidak menyinggung orang atau lembaga yang disedekahi.

Keutaman sedekah memang sangat banyak ragamnya, dan begitu luar biasa jika kita mau melakukan. Sedekah walau sedikit mudah-mudahan bisa bermanfaat asalkan layak.

Dalam Al-Quran surat Al-Talaq ayat 7, Allah SWT berfirman yang artinya: “Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan”.

Dari surat Al-Qur’an di atas jelas bahwa sedekah dapat kita lakukan walau dalam keadaan sempit maupun lapang. Jadi, bersedekah tidak perlu menunggu kita kaya terlebih dahulu. Namun, saat kita mampu, dan memiliki kelebihan harta, ilmu, dan sesuatu hal yang bermanfaat untuk orang lain, maka sedekahkan. Dengan begitu insya Allah maka kelapangan akan diberikan setelah kesempitan. Bahkan dengan bersedekah akan mengangkat derajat kita untuk menjadi manusia yang selalu cinta terhadap sesama manusia, menjaga silaturahim, dan memeperkuat iman serta persaudaraan.

Bersedekah Masker Untuk Masyarakat Pelosok Desa

Dampak nyata dari pandemi Covid-19 membuat sebagian masyarakat di sekitar tempat tinggal saya harus kehilangan pekerjaan (di-PHK), perekonomian menjadi lesu, harga-harga bahan pokok dan sebagainya menjadi tidak stabil, alhasil membuat masyarakat menjadi sulit memperoleh penghasilan. Selain itu, untuk bisa bertahan hidup, banyak masyarakat yang keluar rumah untuk sekedar mencari “sesuap nasi”. Jika tidak keluar rumah maka dapur “tidak ngebul”. Maka saya sering memerhatikan banyak masyarakat yang keluar rumah untuk bekerja, dan aktivitas sosial lainnya. Kita tidak bisa menyalahkan mereka, karena yang mereka lakukan untuk tujuan agar “tetap survive” di tengah ketidakpastian ini.

Di balik yang mereka lakukan di luar rumah, ada hal yang sangat disayangkan yaitu mereka terkadang tidak pakai masker saat keluar rumah, maka dari itu, kami bersama tim rombongan membagikan masker di desa Bumi Restu Kecamatan Palas, Lampung Selatan.

Masker kami berikan kepada masyarakat yang berlalu lalang melintasi jalan di pusat desa. Karena pertimbangan lain selain Covid-19, juga jalanan yang banyak debu bisa menyebabkan gangguan pernafasan.

Bagi-Bagi Masker
Bagi-bagi masker gratis kepada pengendara di jalanan desa

Dengan diberikannya bantuan masker, setidaknya kesehatan masyarakat mudah-mudahan bisa menjadi lebih baik. Berikut Dokomentasinya:

Berbagi masker kepada pengendara yang lewat di jalan desa
senyum gembira warga saat dibagikan masker gratis
bagi-bagi masker gratis kepada masyarakat desa

Namun, Bersedekah Tidak Hanya Pada Orang Sekitar, Tapi Orang Lain Yang Tidak Kita Kenal

Jika apa yang saya lakukan bersama teman-teman yaitu membagikan sedekah masker di jalanan desa, maka bersedekah kini bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi lembaga Zakat, Infak, Shodaqoh dan Wakaf (ZISWAF). Lembaga ZISWAF ini bisa kita temukan pada halaman website Laz Ucare Indonesia.

Laz Ucare Indonesia ini mengusung tagline “cinta berbagi tanpa henti“. Tagline yang tentunya menginspirasi semua orang untuk terus berbagi untuk sesama.

Apalagi semangat berbagi di era baru saat ini penting dilakukan, seperti yang program-program keren dari Laz Ucare Indonesia yang tepat saat pandemi seperti:

  • Beasiswa, merupakan program bagi generasi muda yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan (untuk anak yatim piatu). Dan di tengah pandemi Covid-19 ini ada program “semarak yatim”, dan kita bisa ikut berdonasi untuk membantu mereka. Yuk berdonasi guys !
  • Madrasah inspirasi, dikhususkan untuk anak-anak yatim dengan melakukan pembinaan karakter dan keislaman, tahsin-tahfiz, enterpreneur dan life skill serta generasi berdaya. Adapun target dari program ini yaitu 12 kecamatan di kota Bekasi, dengan 17.280 orang;
  • Pemberdayaan, merupakan program Laz Ucare untuk melakukan pemberdayaan potensi bagi masyarakat miskin di kota Bekasi. Beberapa program yang dilaksanakan seperti budidaya lele organik, program Indonesia berdaya ukhuwah, keripik getuk, pemberdayaan janda. Tidak tanggung-tanggung taget 2020 ini di 12 kecamatan di kota Bekasi dengan 380 orang;
  • Pelayanan Kesehatan, merupakan program Laz Ucare dengan menitikberatkan pada kinerja program seperti dokter sapa warga, khitanan massal, layanan kesehatan, pemeriksaan, dan doctor goes to school. Program ini memiliki target 12 kecamatan di kota Bekasi dengan 1.856 orang pada tahun ini;

Selain prorgam-program unggulan di atas, ada juga program ZISWAF yaitu Zakat, Infak, Shodakoh, dan Wakaf yang bisa langsung dilakukan pendaftaran dan pemberian donasi melalui rekening bank Laz Ucare Indonesia pada halaman resminya:

  • Link untuk berdonasi melalui zakat: https://www.ucareindonesia.org/zakat-2/
  • Link untuk berdonasi melalui infaq: https://www.ucareindonesia.org/infaq/
  • Link untuk berdonasi melalui shodaqoh: https://www.ucareindonesia.org/shodaqoh/
  • Link untuk berdonasi melalui wakaf: https://www.ucareindonesia.org/wakaf/

Saya insya Allah sudah berdonasi dengan nominal tidak saya sertakan dan atas nama “hamba Allah”, maaf jika tidak saya sertakan dalam tulisan ini. Mudah-mudahan apapun yang saya berikan bisa bermanfaat untuk orang yang kurang mampu.

Akhir kata demikian ulasan saya tentang “Semangat Berbagi Di Era Baru Bersama Laz Ucare Indonesia. Terimakasih.

Sumber Referensi Pendukung:

  • Beberapa dokumentasi foto, materi di sadur dari situs: https://www.ucareindonesia.org/
  • Dokumentasi pribadi untuk foto membagikan masker.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *