Menu Tutup

IDN App Hadir Dalam Genggaman, Bikin Milenial dan Gen-Z Makin Up To Date Berita Terkini

Dulu pas zaman saya masih duduk di bangku SMA tahun 2008, boro-boro punya hape bagus. Hape alakadarnya yaitu Motorol** yang tebelnya bisa untuk ngeganjel pintu…hehe. Tombol hapenya masih harus dipencet-pencet kuat pake jari untuk sekedar mengetikan pesan SMS. Dulu tidak ada istilah kuota internet, karena saat itu penggunaan internet di Indonesia masih belum sebanyak seperti sekarang ini. Bahkan hape yang pertama kali saya beli itu belum mendukung jaringan internet, jadi mau update berita jadi lambat. Kadang saya harus datang ke warnet terlebih dahulu untuk mencari berita terkini. Kalo dipikir-pikir ribet juga ya hidup di zaman SMA tempo doloe?.

Dok.Pribadi: hape pertama saya yang masih saya simpan di lemari. Hape ini sangat legendaris (jadul) sewaktu saya masih SMA kelas XI dulu yang gak bisa dipake buat internetan, tebelnya minta ampun. bisa kebayangkan gimana susahnya ada di jaman itu untuk mengakses berita yang cepat? hehe..

Namun, saat ini industri perponselan sudah mulai berkembang, terbukti diluncurkannya hape berbasis android smartphone sehingga membuat jangkauan orang untuk mengakses berita jauh lebih cepat, yaitu hanya dalam satu genggaman.

Kemunculan hape berbasis smartphone (ponsel pintar) ini juga mengubah prilaku pengguna internet dalam mengakses dan memperoleh informasi maupun berita. Mereka lebih menyukai mengakses berita lewat hapenya daripada harus menggunakan laptop/komputer. Ini terjadi karena orang-orang saat ini ingin semuanya serba instan, praktis, dan cepat. Hal ini didukung oleh sebuah riset yang dilakukan oleh Baidu, seperti yang dikutip dari situs dailysocial.id. Pada bulan Oktober hingga November 2015 silam, Baidu dan Gfk Indonesia bekerja sama untuk melakukan sebuah riset yang mempelajari konsumsi berita daring di Indonesia. Riset ini mengambil fokus di perkotaan Indonesia yang berada di pulau Jawa seperti Jakarta, kawasan Bodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya dengan pendekatan mobile dan wawancara langsung kepada responden. Rentang usia responden sendiri berada di usia 13-55 tahun.

Hasilnya, Baidu menarik beberapa kesimpulan yang salah satunya bahwa telah terjadi pergeseran di masyarakat perkotaan Indonesia dalam cara mengonsumsi berita dan informasi. Ponsel pintar kini menjadi media utama mengonsumsi informasi dan berita, diikuti media televisi. Namun bila harus spesifik kembali kepada berita daring, urutannya yaitu ponsel pintar (97%), komputer kantor (16%), komputer pribadi (13%), dan tablet (6%).

Penelitian lain yang dilakukan oleh Global Web Index (dilansir dari situs makassardigitalvalley.id), memperlihatkan trend penggunaan platform mobile mengalami peningkatan sejak tahun 2014. Sebaliknya, pengguna perangkat PC/Laptop dan tablet mengalami penurunan sejak tahun 2014 (lihat grafik di bawah).

Data-data semacam ini tentu saja memberi sinyal kuat kepada perusahaan media termasuk IDN Media untuk terus melakukan akselerasi (percepatan) dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna (user) ketika mereka akan mengakses berita dan informasi. Jangan sampai perusahaan media “jalan di tempat” atau tidak bergerak sama sekali untuk terus berinovasi. Perusahaan media harus terus “tumbuh dan berkembang”, dan harus menghindari yang namanya “zona nyaman”. Karena seringkali “Zona nyaman” ini melenakan serta menjadi “boomerang” yang membuat matinya perusahaan atau seseorang sekalipun.

Kamu mungkin masih ingat dengan perusahaan media besar seperti yahoo Groups yang dulunya pernah berjaya di era tahun 90-an akhir? namun, nyatanya sekarang perusahaan ini sudah mulai gulung tikar “bangkrut” karena perlahan tapi pasti mulai ditinggalkan oleh penggunanya. Hal ini bisa saja terjadi karena perusahaan kurang mau melakukan inovasi lebih yang menjadi kebutuhan penggunanya. Perusahaan lebih cenderung berada di “zona nyaman”.

Berbeda dengan perusahaan media seperti Google, yang trend-nya dulu sempat di bawah yahoo. Namun, nyatanya saat ini Google telah merajai seluruh segmen pasar di dunia. Itu karena google selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Jika ponsel cerdas banyak digunakan oleh masyarakat, maka google selalu berinovasi lebih, misalnya dengan membuat halaman websitenya menjadi lebih ramah pengguna (user-friendly) dan ramah seluler (mobile-friendly), sehingga tampilan website ketika diakses di platform mobile tidak sama dengan tampilan desktop/PC/tablet. Ini tentunya sudah memenuhi kebutuhan pengguna, bukan?

Dan saya ambil contoh lain dari diri saya sediri dalam mengakses berita. Saya akan lebih mudah mengakses berita hanya dalam satu genggaman ponsel, walaupun saya juga mungkin bisa mengakses lewat komputer atau perangkat tablet dan lainnya. Namun nyatanya, mengakses berita lewat ponsel jauh lebih praktis dan cepat, bahkan ketika saya sedang rehat sejenak di kantor, atau ketika naik angkot/bus untuk berangkat kerja, saya masih dengan mudah membaca-baca berita melalui aplikasi berita yang terinstal di ponsel saya. Saya bisa mengakses dan menikmati berita-berita lokal dan mancanegara kapan saja, dimana saja tanpa batasan waktu, perangkat atau gawai yang menyulitkan.

Dok. Pribadi: Saya sedang rehat sejenak di kantor sambil membaca berita-berita di IDN App yang up to date .

Dan kebanyakan kaum millenial atau gen-Z yang saya temui saat ini (di sekitar tempat bermain saya), memang mereka ini memiliki prilaku “ingin semuanya serba instan dan cepat”. Bahkan hanya untuk memeroleh informasi dan Baca Berita saja mereka cukup menginstal aplikasi di hape masing-masing. Jadi, jika hari itu pengen baca informasi berita yang sedang trending di Indonesia, tinggal buka aplikasi yang sudah terinstal di hapenya. Hal ini cukup mudah bukan?

Dan jika ngomongin soal Aplikasi Baca Berita yang pantes diinstal di ponsel cerdas kita saat ini adalah IDN App. IDN App merupakan aplikasi berita terlengkap yang recommended sekali. Aplikasi berita ini bisa didownload di Google Playstore dengan sangat mudah dan tentunya tidak berbayar alias gratis. Saya pun sudah mendownload aplikasi IDN App sehingga saya akan dengan mudah memeroleh informasi berita tercepat, terpercaya dan terkini, jadinya saya tidak kudet dengan berita-berita yang sedang hits. Sekarang yuk lanjut gimana caranya saya mendownload dan instal aplikasi berita IDN App di ponsel/hape saya.

Cara Men-downlod dan Instal Aplikasi Berita IDN App via Hape

Untuk cara men-download dan menginstal aplikasi IDN di Google Playstore cukup gampang, yuk ikuti panduan berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store di hapemu, lalu ketikan “IDN App” di bagian kolom pencarian di play store;
  • Setelah muncul IDN App, lalu klik tombol instal dan tunggu beberapa saat hingga terdownload sepenuhnya;
  • Setelah terinstal di hape lalu klik “open/buka”;
  • Jika sudah diinstal di hape, maka sekarang silakan login menggunakan akun IDN mu atau bisa login ke IDN App dengan cara menghubungkan ke salah satu akun sosial mediamu seperti facebook, google, atau email;
  • Setelah login, kini kamu bisa menikmati kemudahan dalam memperoleh informasi berita terkini dan terupdate dari IDN App seperti topik news, bisnis, berita olahraga, teknologi bahkan berita-berita korea yang disukai generasi milenial dan gen-Z.

Cukup mudah bukan cara instal aplikasi IDN berita di hapemu. Oya, jangan lupa juga kamu berikan review positif serta rating “bintang 5” untuk aplikasi berita IDN agar pihak developers IDN dapat terus memperbaiki aplikasinya agar jauh lebih baik dan bermanfaat.

saya sudah review IDN App

Karena saya sendiri sudah mendownload dan instal IDN App di smartphone saya. Dan tidak lupa juga saya sudah memberikan review dan bintang 5 untuk aplikasi ini. Jadi sekarang giliran kamu ya yang download dan instal aplikasi IDN di hape androidmu? supaya apa, ya supaya kamu yang ngaku milenial dan gen-Z gak kudet.

Dok. Pribadi: Saya sudah instal dan review aplikasi IDN di hape.

Topik Menarik di IDN App yang Patut Kamu baca

Jika kamu sudah instal IDN App berita di ponselmu, maka kamu perlu tahu juga topik-topik apa saja yang tersedia di aplikasi IDN tersebut. Topik menarik tersebut bisa kamu nikmati sepanjang hari seperti:

  1. News: Berisi tentang berita terkini hari ini yang akurat dan terpercaya dengan informasi seputar politik, hukum, keamanan serta topik penting lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional;
  2. Bisnis: Berisi kumpulan berita-berita menarik untuk generasi milenial dan gen-Z untuk menambah wawasan dan pengalaman seputar dunia bisnis serta mencakup ekonomi pemerintahan dan ekonomi dunia;
  3. Otomotif: Topik ini membahas seputar dunia kendaraan motor maupun mobil. Berisi juga trik modifikasi dan tips berkendara yang baik dan benar;
  4. Sport: Berisi tentang berita-berita olahraga terbaru hari ini yang meliputi sepak bola, serta macam-macam olahraga arena baik skala nasional maupun internasional;
  5. Soccer: Berita terkini seputar sepak bola, jadwal dan hasil pertandingan Liga Indonesia, Timnas Indonesia, Liga Italia, Premier League, Liga Champions, dan Liga Spanyol;
  6. Travel: Berisi tentang kumpulan tempat rekreasi (wisata) terbaru untuk generasi milenial dan gen-Z yang suka piknik ke suatu tempat. Membahas seputar destinasi wisata, info unik dan fakta objek wisata, tips traveling, dan lain sebagainya;
  7. Teknologi: Berisi tentang teknologi terbaru di Indonesia maupun dunia. Misalnya membahas seputar review gadget, review game, tips dan trik seputar pengetahuan teknologi informasi;
  8. Life: Berisi seputar artikel motivasi hidup untuk generasi milenial dan gen-Z yang kadang sering galau. Ada juga topik tentang inspirasi, kreativitas, wanita, hubungan, keluarga, pendidikan, maupun karakter;
  9. Hype: Berita unik dan viral seperti humor, entertainment, fun fact, dan throwback untuk kamu para generasi milenial dan gen-Z yang suka berekspresi;
  10. Health: Berisi artikel-artikel kesehatan, seperti pendidikan seks, dunia fitnes, dan lain sebagainya;
  11. Food: Informasi terkini tentang tips dan trik memilih makanan sehatdan bernutrisi. Temukan juga tempat makan, resep makanan, maupun menu diet yang sehat;
  12. Science: Membahas artikel SAINS terkini yang menarik untuk kaum milenial dan gen-Z;
  13. Men: Artikel yang membahas seputar dunia laki-laki, berisi tentang attitude, style, fashion, wanita idaman serta bagaimana cara merawat diri;
  14. Quiz: Konten yang berisi kuis-kuis menarik yang dapat menghibur kamu-kamu yang mengaku milenial;
  15. Fiction: Berisi sekumpulan karya-karya fiksi kontemporer dan modern. Cocok sekali untuk para milenial. Kamu juga tentunya bisa buat karya disini lho, seru kan?
  16. Opinion: Berisi sekumpulan artikel opini dari generasi milenial dan gen-Z yang cerdas seperti opini tentang kehidupan sosial, serta beragam politik di dunia.

Nah, jika kamu sudah tau apa saja topik-topik yang dibahas di IDN App, sekarang kamu juga harus tahu fitur dan kelebihan apa saja yang bakalan didapat jika instal IDN App, yuk lanjut…

Fitur dan Kelebihan IDN App yang Memanjakan Pengguna

Setelah saya menginstal dan menggunakan aplikasi IDN di hape saya, maka saya akan menyampaikan beberapa hal tentang kelebihan yang pantas dari IDN app ini diantaranya:

  • User-friendly, karena aplikasi IDN ini mengikuti perkembangan zaman. Aplikasinya sangat ramah seluler (mobile-friendly) dan ramah pengguna (user-friendly) sehingga mudah digunakan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja;
  • Tanpa munculnya iklan yang mengganggu kenyamanan saat membaca berita. Terkadang iklan-iklan yang mengganggu justru sangat dibenci oleh pengguna (user). Saya pun gitu ketika beberapa kali mengunjungi situs atau aplikasi yang kebanyakan iklan juga cukup membuat tidak nyaman. Apalagi iklan-iklannya menggantung/melayang-layang seperti kuntilanak di atas pohon hehe;
  • Night Mode, merupakan fitur yang sedang booming saat ini di sosial media. Pengguna bisa memasang mode terang dan gelap ketika akan membaca berita di IDN App;
  • Newsfeed; fitur yang bisa menjadi opsional ketika akan memilih-milih berita yang akan dibaca. Pada IDN App, tampilan newsfeed keren dan tertata dengan rapih dan user-friendly;
  • Section; Di bagian newsfeed terdapat beberapa section yang memudahkan pencarian sesuai selera mulai dari hard news hingga in-dept news seperti: Semua, Untukmu, Event, Terbaru, Topik, Populer, dan Unik.
  • Berita akurat dan terpercaya. Sejauh ini jika saya membaca berita-berita dari IDN App memang akurat dan terpercaya. Karena artikel beritanya diisi oleh para jurnalis serta penulis yang kompeten di bidangnya. Beda sekali rasanya jika membaca berita dari situs atau aplikasi lain yang hanya menyediakan konten clickbait, kadang anehnya judul dan isi beritanya beda jauh atau gak sesuai. Bikin kesel tuh berita clickbait !
  • Fitur tanya jawab yang interaktif. Karena topik-topik berita hangat di IDN app memunculkan ragam kontroversi, jadi sangat asyik jika saling berbalas komentar (diskusi). Inget ya saat diskusi harus pake hati dan pikiran yang jernih, jangan ngegasssss;
  • Fitur interaktif di setiap berita yang ada. Selain artikel berita yang dibaca, juga setiap artikelnya dilengkapi dengan tombol berbagi melalui sosial media. Selain itu, terdapat fitur bookmark untuk menyimpan berita-berita yang belum sempat dibaca karena mungkin sedang sibuk dengan tugas-tugas kantor dan lainnya;
  • Bisa menjadi penulis di IDN APP & Reedem Point. Untuk menjadi penulis di IDN App, maka kita harus menjadi kontributor dengan melakukan pendaftaran sebagai kontributor di IDN App. Selanjutnya buat tulisan artikel dan posting lalu tinggal menunggu verifikasi dari tim editor IDN App. Apabila artikel diterima dan sukses terbit, maka artikel yang kita buat akan dihadiahi poin. Poin ini nantinya bisa ditukar (redeem) dengan berbagai hadiah (diuangkan), keren ya guys?

Jadi mau tunggu apalagi kalau tidak mulai dari sekarang untuk menginstal dan download aplikasi IDN. Selain aplikasi ini gratis, kamu juga gak akan bakalan kudet soal informasi berita yang terjadi di Indonesia dan luar negeri. Selamat menikmati berita-berita hangat dari IDN App, semoga menambah banyak manfaat dan makin membuat kamu-kamu yang ngaku kaum milenial dan gen-Z makin up to date!

Sumber Referensi Pendukung: IDN App, dan arsip-arsip foto dokumen pribadi dari penulis sendiri.

*Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review IDN App periode 6 Oktober hingga 7 Desember 2020.

60 Comments

  1. Avatar
    Jihan

    Tahun lalu lagi semangat2nya nulis di sini hihi. Dan kurasinya emang berbobot banget. Jadi masukan buat penulis itu sendiri. Aplikasinya sampai skrg masih sering saya buka untuk baca2 artikel

  2. Avatar
    Arai Amelya

    Ya ampun kemana aja akutu, baru ngeh kalau IDN punya app haha. Kalau soal baca sih lebih percaya sama news dri IDN ya, tiap kategori topik selalu saja ada berita yang unik. Langsung deh mau donlot app-nya

  3. Avatar
    Kangamir.com

    Masih inget dulu waktu punya hp Nokia monokrom. Gak bisa buat internetan. Cuma bisa buat call n sms. Waktu itu warnet lagi rame-rame’nya. Punya smartphone Symbian waktu itu udah keren banget. Sekarang semua serba mudah karena smartphone udah banyak banget dan hampir semua orang punya.

  4. Avatar
    Nurhilmiyah

    Saya suka topik tentang yang nomor 8, 11, dan 12, Mas… relate banget sama kehidupan seorang ibu ya hehe…. Nice review nih IDN App nya. Tfs…

  5. Avatar
    Nurhilmiyah

    Saya suka ama topik2 di IDN App ni Mas… terutama yang nomor 8, 11, dan 12. Wah relate banget kan ama saya yg buibu, hehe… top deh IDN App

  6. Avatar
    Icha Marina Elliza

    Zaman semakin maju bisa merubah cara kita untuk mendapatkan berita ya mas. kalau dulu harus deh nampang di depan TV atau membuka koran. kalau sekarang informasi cukup dalam satu genggaman di aplikasi handphone kita seperti IDN app. Praktis banget ya..

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Iya mbak Icha, zaman telah berubah drastis khususnya dalam bidang teknologi digital. Pengguna serasa dimanja ya karena semua aplikasi berita juga telah berevolusi dari yang dulu sifatnya manual sekarang lebih ke digital dan bisa diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Nyaris sempurna, dan kemungkinan besar beberapa dekade ke depan, Artificial Inteligent (AI) mungkin bisa saja disadur untuk memudahkan perusahaan media untuk semakin mudah dalam mengemas berita yang lebih menarik.

  7. Avatar
    elva s

    Dulu sekarang memang jauh berbeda ya kak, tapi ya memang kalau dulu kebutuhan akan smartphone belum begitu penting seperti sekarang.
    Kalau dulu smartphone fungsinya hanya bisa smsan sama telepon,paling kalau mau akses internet ya pergi ke warnet dulu desak desakan sama teman biar bisa berhemat.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Yups, betul sekali. Nah, sekarang jaman sudah mudah, jadi harus bijak juga dalam memilih aplikasi berita yang benar-benar akurat dan terpercaya. Salah satunya IDN App akses berita lengkap dan cepat ada disini. Yakinlah bahwa IDN App itu keren dan “renyah” gaya bahasanya.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Iya betul kak. IDN APP sangat rekomended untuk diinstal di hape kita karena selain aplikasinya ringan juga bebas iklan yg dpt mengganggu kita saat baca berita. Dijamin IDN APP keren banget. Yuk coba instal kak.

  8. Avatar
    Tami

    Wah hp jaman dulu memang tebal2 ya. Saya jadi ingat kalau pernah dititipin hp sama om saya. Walau tebel plus ada antena, tapi rasanya udah paling keren wqwq. Rasanya sakral bgt pegang hp tuh wqwq 🤣😅😅😅

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Iya betul kak. Hahaha… hape jaman dulu tebel2. Beda sama hape sekarang yg tipis dan sudah rata2 andoid semuanya jadi mau instal aplikasi berita jadi lebih gampang misalnya IDN APP Berita yg bisa didownload dan instal di hape kita masing2.

  9. Avatar
    Lithaetr

    Wah, menarik ya. Jadi ingin bergabung menjadi kontributor IDN, nih, hehehe. Ngomong-ngomong rekomendasi beritanya, bacaan khas pria sekali. Hehehe. Tapi saya suka juga kok baca berita olahraga-nya IDN. Faktual dan cukup lengkap.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Iya bunda betul sekali. IDN Media selalu berinovasi mengikuti trend kebutuhan kaum milenial dan gen-Z yg penuh ekspresi dan kebebasan. Sehingga berita2 yg disajikan dari IDN App ini akurat dan praktis bisa didownload di playstore.

  10. Avatar
    wahyuindah

    Baca berita di IDN memang menyakinkan ya. karena pasti terpercaya dan no hoax. beritanya gak sembarangan dan gak asal publish.ini yang patut diacungin jempol.media massa harusnya kayak gini.memberikan berita yang aktual dan terpercaya.jadi mantap sama IDN

  11. Avatar
    mutia ramadhani

    Kalo saya ingat zaman SMA, saya masih lebih suka dengerin berita via radio atau televisi. Kalo berita gosipnya itu Cek Ricek. Hehehe. Punya email saja itu udah keren banget. Dulu punya email di yahoo buat gaya-gayaan doang, buat kartu nama ecek2 yg bentuknya unyu2 gitu. Hahaha. Aduh aduh, zaman SMA gak bakal bisa dilupain. Sekarang enak nih, udah ada banyak platform, salah satunya IDN yang mengerti banget selera berita dan informasi ala milenial.

  12. Avatar
    elva s

    Dulu sekarang memang beda banget, karena hp dulu belum ada, yang ada telepon rumah dan telepon umum yang suka bisik bisik saat bicara takut yang jaga ngedenger,hihi.

    Oh ya, dulu aku punya hp saat kuliah itupun dibeliin karena aku kuliah merantau, dan saat kuliah lah aku baru mengenal internet untuk mencari tugas kuliah yang diberi dosen.
    Ehh,btw hp nya masih ada ya kak ? Kalau aku udah lama hilang sih,dulu belinya Nok** sama Sieme**

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Betul sekali…karena memang jaman dulu agak sulit bener dalam hal internet. Pas sekolahpun saya masih harus cari tugas di warnet. Kadang nyampe larut malam ngetik tugas dengan rental. Cari berita palingan harus ke warnet juga. TV memang bisa, cuma kalo sumber berita bacaan kan harus repot juga ke warnet hehe. Tapi zaman sudah berubah, akses berita sekarang cepat dan praktis cukup dalam genggaman yaitu pake smartphone/hape. Karena hape kekinian pasti dilengkapi sarana akses internet. Thanks mbak atas sharingnya yang renyah 😀

  13. Avatar
    Anang

    Mantab nih IDN App, baca berita apa saja bisa langsung dari smartphone. Jaman sekarang, kalau mau bertahan, memang harus terus berinovasi. Saya pun mengalami, trafik blog 5 tahun yang lalu, antara pengunjung dari desktop dan mobile masih 50-50, sekarang 95% dari mobile.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Iya betul mas. Memang perusahaan media misalnya IDN harus terus berinovasi lebih untuk bisa bertahan dari ekosistem digital yang makin cepat perubahannya. Jika tidak bisa bertahan maka bisa punah selamanya.

  14. Avatar
    Jeanette Agatha

    Memang ya ka lebih baik membaca berita di platform terpercaya sprt IDN ini. Jadi ga akan termakan berita yang hoax.
    Selain itu yg penting lagi tidak banyak muncul iklan ya, hihihi. Jd lbh nyaman saat baca berita online 😊

  15. Avatar
    Hendra Suhendra

    Masih mending Mas, saya SMK tahun 1997 – 2000, gak punya hape, karena belum ada hape. Tapiiiii, saat nongkrong seru banget, kita gak ada yang fokus ke gadget, benar-benar ngobrol murni, hehehe… Hape pertama saya adalah Nokia N3310 tahun 2002.

    Hmmmm sepertinya IDN ini recommended ya buat portal berita di ponsel. Temanya lengkap dan update. Good job buat IDN 👍👍 dan good luck buat Mas Wahid…

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Iya mas zaman sekolah SMA dulu memang semuanya serba sulit ketika harus update berita terkini. Mau masuk kuliah aja repotnya cari infonya. Bahkan harus datang ke kampusnya, karena info2 gak bisa diperoleh dengan cepat seperti sekarang ini banyak web2 berisi informasi berita up to date seperti IDN App ini sangat bagus dan layak instal mas…

  16. Avatar
    Dian Restu Agustina

    2008 pake motoro** yang tebal itu, apa kabar saya yang punya HP dari tahun 1998 pas pertama kerja…nomor perdana (tanpa pulsa) 500 ribu, Mas, duh…Maka senangnya kini teknologi memudahkan kita hingga dunia ada di genggaman tangan ya. Temasuk keberadaan IDN App yang bikin kita ga kudet lagi. Gratis dengan fitur lengkap yang menarik!

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Wah iya kak, dulu bingung bener kalo mau baca2 berita secara online, repot harus ke warnet dulu…soalnya saya tinggal di kampung yang jauh dari Internet. Sekarang agak mendingan karena jaringan internet sudah memadai di tempat saya. Palingan kalo dulu tahun 2008 saya mau dapet berita hanya lewat tv atau koran, sesekali ke warnet tapi jadi repot. Kalo sekarang mah mau baca berita sudah banyak aplikasi berita dan berita daring dari website misalnya IDN APP. Aplikasi IDN ini bagus untuk diinstal dihape lho kak. Yuk dicoba…

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      iya betul mbak Icha yuk instal IDN app berita terlengkap di Indonesia. Dan kemajuan teknologi termasuk munculnya hape android juga membuat semua orang dapat menikmati berita maupun informasi hanya dalam satu genggaman (hape) dimanapun dan kapanpun dia berada. Btw, keren tuh buku Millennial kills everythingnya. Saya juga sudah pernah baca buku tersebut mbak 😀 Thanks ya.

  17. Avatar
    Aisyah Dian

    Hp pertama saya tahun 2002 kayaknya lebih besar dari itu kak. Siemens kalau nggak salah merknya heheheh.

    Btw aplikasi IDN itu lengkap banget artikelnya ya kak, jadi pengen download juga ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *