#JadiBerani Lakukan Lebih, Bersama Kredit Pintar Semua Rintisan Usaha Jadi Lancar !

#JadiBerani by Kredit Pintar

Hallo teman-teman, masih ingatkah pada awal Januari 2020 lalu dimana terjadi penyebaran virus Corona di Indonesia?. Hingga puncaknya pada bulan Maret 2020, virus ini sudah mulai mewabah di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan sampai hari ini pun dampak pandemi masih ada.

Akibat dari pandemi Covid-19 ini, banyak para pekerja yang terdampak dan diputuskan hubungan kerja (PHK), sekolah dan kampus sebagai lingkungan pendidikan ditutup untuk sementara waktu, pekerjaan kantor dan sekolah dikerjakan di rumah (work from home). Dan tidak luput juga bidang usaha/bisnis mengalami penurunan profit yang cukup signifikan karena semua orang melakukan social distancing.

Bacaan Lainnya

Saya yang merupakan seorang guru di sekolah swasta juga ikut terdampak dari Covid-19. Gaji di sekolah kepotong, usaha bisnis online saya misalnya Google Adsense, digital marketting, affliate, dan jualan bibit tanaman online juga sempat mengalami penurunan profit lho. Ya mau gak mau harus tetap disyukuri ya kan? toh, kondisinya masih seperti ini. Tinggal kita harus evaluasi dan mencari taktik bisnis yang tepat saat pandemi seperti sekarang ini.

Tahun lalu, saya mengikuti lomba blog Kredit Pintar dan bersyukur mendapat juara 2 dan mengangat topik tentang usaha “Es Teler AA” yang saat itu saya dan bersama tim bisnis dari keluarga masih tetap nekat berjualan meski kondisinya masih sedang pandemi. Di samping itu, usaha saya ini bisa berdiri berkat peminjaman dana dari Kredit Pintar. Kisahnya ada disini.

Es Teler AA.

Oh iya, sebenarnya sebagai pelaku bisnis tidak perlu resah dan gelisah ketika akan membuka usaha di tengah pandemi. Karena di tengah badai pandemi saat ini, ada banyak peluang usaha yang bisa ditemukan dan dieksekusi. Tentu hal ini akan menjadi tantangan dan juga peluang untuk memperoleh cuan sebanyak-banyaknya.

​Tantangan yang perlu dipelajari kita bersama bahwa pola hidup dan kerja bakal mengalami gangguan alias disrupsi untuk beberapa tahun ke depan. Dilansir dari situs Kata Data, bahwa Board of Innovation menyebutkan firma di bidang desain bisnis serta strategi global yang memegang klien-kilen multinasional telah memprediksi disrupsi semacam ini akan menghasilkan kebiasaan-kebiasaan baru yang akan tetap bertahan pasca pandemi berlalu. Bahkan cukup unik, sebab akan menjadi peluang dan tantangan di kalangan pelaku usaha/bisnis.

Dalam catatan Board of Innovation (BoI) tersebut telah memprediksi setidaknya akan ada 10 pergeseran yang terjadi akibat perubahan perilaku manusia ketika pandemi Covid-19 tetap mewabah. Pergeseran ini sekaligus bisa memunculkan peluang-peluang usaha baru, diantaranya:

#1. Kecemasan dan Depresi Lebih Besar Pasca Pandemi Berlalu

Semua orang diprediksi merasa lebih terisolasi, kehilangan pekerjaan, serta menghadapi berbagai masalah kesehatan, keuangan bahkan hubungan.

#2. Hilangnya Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kebersihan Orang dan Produk

Penyebaran virus Corona membuat masyarakat justru akan lebih berhati-hati terhadap orang bahkan produk yang hendak dibeli. Kehigienisan suatu produk terutama produk makanan dan minuman tentu saja menjadi pusat perhatian masyarakat dan bentuk proteksi dari penjagaan diri agar tubuh tetap sehat.

#3. Pembatasan Perjalanan, Bahkan Dalam dan Luar Negeri

Orang akan merasa melakukan perjalanan berisiko karena ada kemungkinan sulit untuk pulang atau ketidakpastian soal keamanan tempat/negara lain.

#4. Optimalisasi Kerja Dari Rumah

Perusahaan dengan dana yang ketat diprediksi mengurangi ruang kantor dan infrastruktur.

#5. Meningkatnya Tensi dan Konflik di Berbagai Level

Banyak orang dan organisasi akan memasang posisi bertahan hidup. Pada kondisi ini, orang kemungkinan melakukan pelanggaran kontrak atau regulasi.

#6. Peningkatan Pengangguran

Pandemi membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Sejumlah perusahaan tak mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. Banyak orang diprediksi terpaksa memikirkan ulang karier mereka.

#7. Terbiasa Membawa Pulang dan Mengirim Berbagai Barang

Pembatasan aktivitas di luar rumah membuat banyak bisnis retail dan agen produk diprediksi mengubah layanannya menjadi berbasis pengiriman. Meskipun, retail reguler tetap ada.

#8. Terbatasnya Kontak Dengan Orang Tua

Interaksi dengan orang berusia di atas 65 tahun menjadi terbatas. Alhasil, orang-orang kemungkinan akan memikirkan ulang model-model pertemuan sosialnya.

#9. Identitas Diri Lebih Mencuat Dibanding Identitas Pekerjaan

Dalam kondisi normal, busana adalah elemen yang membentuk dan mengomunikasikan identitas yang diinginkan. Ketika interaksi fisik berkurang, tampilan saat interaksi video akan menggantikan sebagian fungsi itu.

#10. Nilai Lebih Terhadap Imunitas Konsumen

Tempat-tempat makan dengan sekat individual dan tanpa interaksi dengan manusia (misalnya robot pelayan) akan diprediksi meningkat.

Berdasarkan perubahan perilaku masyarakat yang disebutkan di atas, maka berikut ini ada 10 ide rintisan usaha yang saya prediksikan akan banyak diminati pada tahun 2021. Tentunya teman-teman pembaca bisa mencobanya:

#1. Bisnis Berbasis Hobi (Tanaman Hias, Ayam, Ikan Cupang)

Tanaman hias aglonema yang saya jual (Dokumen Pribadi)

Saat pandemi Covid-19, banyak orang yang suntuk di rumah. Terkadang orang akan bosan dengan rutinitas pekerja di dalam rumah. Sehingga banyak dari mereka yang memberi jedah waktu untuk menyalurkan hobi mereka untuk hal-hal yang lebih produktif.

Emak-emak di daerah saya tinggal banyak sekali yang sedang menggandrungi tanaman hias dan beberapa remaja juga senang mengoleksi ikan hias seperti ikan cupang dan juga berternak ayam kampung.

Nah, tidak ada salahnya kan, mencoba menyalurkan hobi tersebut sembari mencari cuan dengan berjualan bibit tanaman hias, ayam maupun ikan cupang.

#2. Menjadi Reseller dan Dropsip Bibit Tanaman Buah

Berjualan bibit tanaman buah telah saya lakukan sejak lama hingga saat pandemi berlangsung. Saya menjual bibit tanaman buah secara reseller/dropship. Jadi jika ada konsumen yang akan membeli, maka saya tinggal menghubungi produsen bibit yang sudah bekerjasama dengan saya. Saya hanya mengambil untung dari penjualan bibit tersebut. Sementara untuk pengiriman barang dilakukan oleh produsen. Cukup mudah kan? Nah inilah cara saya agar tetap produktif dan memperoleh cuan selama pandemi. Teman-teman semua juga bisa mencoba cara saya ini. Atau jika tidak punya toko online sendiri, teman-teman bisa berjualan di sosial media yang teman-teman miliki atau platform marketplace besar yang ada di Indonesia, misalnya shopee, tokopedia, dan lain sebagainya.

Toko online bibit tanaman buatan saya untuk berjualan (Dokumen pribadi). Untuk memperbesar gambar silakan klick kanan mouse > klik new tab.

#3. Bisnis Pelatihan Online

Bisnis pelatihan online saat pandemi memang sangat cocok ditekuni saat ini. Ada beberapa teman blogger yang saya kenal dan mereka membuka jasa pelatihan ngeblog dan kepenulisan. Dari bisnis pelatihan online tersebut tentu saja ada biaya kontribusi yang jika dihitung-hitung baguslah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, bisnis pelatihan ini tidak bisa sembarangan, karena kita sebagai mentor harus bisa memfasilitasi para klien yang ikut agar mereka merasa ada manfaatnya mengikuti pelatihan berbayar yang diadakan.

#4. Bisnis Jasa Pembuatan Website, Logo, dan Landing Page

Saya juga membuka jasa pembuatan website UMKM lokal. Jika saya mendapat tawaran job maka saya ada pemasukan tambahan saat masa sulit di tengah pandemi ini. Untuk 1 kali permintaan job pembuatan website, biasanya saya mendapatkan penghasilan rata-rata sekitar 1 jutaan rupiah bahkan bisa lebih.

Beberapa teman blogger saya yang lain juga ada yang bisnis pembuatan logo dan landing page untuk usaha/bisnis, dan tentu saja dari sini mereka mendapatkan penghasilan tambahan.

#5. Bisnis Online Google AdSense dengan menjadi Blogger

Nah, sejak tahun 2015 hingga sampai saat ini saya telah menekuni bisnis online Google AdSense untuk menjadi seorang blogger. Memang tidak sedikit sih untuk modal membangun blog hingga menghasilkan. Namun setidaknya dari penghasilan Google AdSense sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saya baik sebelum dan saat pandemi berlangsung.

Penghasilan dari google Adsense dari salah satu blog saya (dokumen pribadi)

#6. Aplikasi Hiburan (Game Online)

Saat pandemik, banyak orang yang bosan saat social distancing. Mereka biasanya akan mencari hiburan untuk menyenangkan diri mereka agar tidak jenuh. Salah satu caranya dengan bermain game online.

Saat pandemi, peluang usaha aplikasi game online banyak diminati, dan tentunya jika teman-teman pintar membuat aplikasi game online maka akan berpeluang mendapatkan cuan yang lumayan. Para developers aplikasi ini bisa memanfaatkan google play store untuk mengupload aplikasi yang dibuatnya dan bisa memperoleh penghasilan dari Google AdSense.

#7. Produk Kecantikan

Saat pandemi maka semua orang akan lebih memperhatikan penampilan dirinya. Merawat wajah, kulit, bahkan rambut seringkali dilakukan saat pandemi. Orang berpikir bahwa daripada berdiam diri tidak produktif, maka merawat diri sendiri saat pandemi adalah waktu yang tepat dari biasanya.

Untuk merawat kecantikan dirinya, maka biasanya mereka akan membeli produk-produk kecantikan baik secara online maupun offline. Namun, di zaman yang serba digital saat ini, memperoleh produk kecantikan tidaklah sulit. Ada banyak toko online fisik dan non-fisik yang bisa dikunjungi, bahkan hanya dalam genggaman tangan saja barang mudah dipesan!

Nah, bagi kamu yang suka perawatan diri dan tertarik bisnis kecantikan juga bisa dicoba lho! siapa takut ya kan?

#8. Alat Pelindung Diri (APD)

Nah, produk-produk APD seperti face shield, masker, dan hazmat serta hand sanitizer kini mudah dibuat oleh siap saja. Nah, produk-produk ini masih dibutuhkan semua orang untuk perlindungan diri saat keluar dari rumah sebagai bentuk mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Nah, berbisnis APD semacam ini masih bisa teman-teman coba hingga saat ini.

Di daerah saya, bisnis APD masih banyak dilakukan. Bahkan saya juga sempat berjualan APD ini dan cukup lumayan hasilnya.

#9. Bisnis Keperluan Renovasi Rumah

Bentar lagi lebaran, tentu saja semua orang ingin tampilan rumah yang nyaman dan indah. Bisnis keperluan renovasi rumah sangat menjanjikan di era new normal/pandemi saat ini.

Teman satu kantor saya yang juga seorang guru juga ada yang berbisnis jasa pemasangan plafon rumah, tralis jendela dan sejenisnya, dan ini diakuinya mampu menguntungkan secara finansial selama masa-masa sulit akibat Covid-19.

#10. Bisnis Makanan dan Minuman

Zaman sekarang orang mah dikit-dikit ngemil, atau minum. Apalagi kaum milenial kalo udah lihat makanan dan minuman bawaannya pengen makan terus. Bener atau bener?

Nah, dengan gaya hidup milenial yang suka makan ini maka peluang usaha bisnis makanan/minuman cukup diminati pada tahun 2021 ini.

Bahkan, saya bersama keluarga membuka bisnis Es Teler AA, yang bermodalkan uang 550ribu hasil minjam di Kredit Pintar tahun lalu. Dan alhamdulillah sampai sekarang bisnisnya masih utuh dan tetap bertahan walau di masa-masa pandemi seperti sekarang ini.

Usaha/bisnis Es Teler AA cukup laris menerima pesanan dari pelanggan dan tetap eksis selama pandemi

Bisnis usaha makanan/minuman bisa kamu mulai sesuai keahlian teman-teman semuanya. Jika teman-teman punya keterampilan lain tentang bisnis makanan/minuman misalnya membuat cendol, es dawet, empek-empek, gorengan, pecel lele, mie ayam dan pastel, maka teman-teman bisa kok memulai usaha kecil-kecilan ini sembari jalan dikit-dikit untuk mengembangkan usaha seterusnya.

Bisnis es teler AA (dokumen pribadi)

Nah, kira-kira dari kesepuluh penjelasan rintisan usaha di atas, mana nih yang paling cocok buat kamu? Memilih bidang usaha/bisnis yang tepat memang susah-susah gampang ya seperti menebak kemauan si doi? hehe. Namun, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu bisa menyesuaikannya dengan karakter diri kamu sendiri (sesuai passion), serta kamu juga harus bisa mencintai bidang usaha tersebut, maka dengan begitu kamu akan bisa menghadapi tantangan sekaligus yang ada di depan nantinya.

Tapi jangan lupa, apa pun pilihan usahamu di tahun 2021 nanti, jangan lupa untuk menyiapkan modal usaha di awal. Akan tetapi jika kamu belum cukup modal tapi punya kemauan kuat untuk berani lakukan lebih (nekat), maka kamu pun bisa meminta bantuan peminjaman dana cepat dengan Kredit Pintar untuk modal usaha.

Mengapa Kamu Harus Pilih Kredit Pintar untuk Peminjaman Dana Online untuk Modal Usaha?

Di Indonesia peminjaman dana online melalui aplikasi sangat banyak bentuk dan ragamnya. Namun, untuk urusan peminjaman dana online untuk modal usaha maka saya mempercayakan dengan Aplikasi Kredit Pintar karena beberapa alasan yang pernah saya rasakan sebelumnya yaitu:

  • Pengisian data cepat, hanya dalam waktu 5-10 menit maka secara otomatis akan segera diverifikasi secara ganda supaya lebih aman dan tidak ada penipuan;
  • Kehadiran Kredit Pintar ini tentu saja memberikan banyak kemudahan bagi lembaga keuangan dan masyarakat untuk memberi serta memperoleh layanan keuangan secara cepat dan mudah;
  • Kredit pintar ini merupakan bagian dari Financial Technology (Fintech) yang merupakan gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang mutakhir sehingga mampu mengubah model bisnis konvensional (lama) menjadi modern;
  • Customer Service (CS) Kredit Pintar sangat ramah, responsif, dan solutif saat ada kendala ketika pelanggan menggunakan aplikasi kredit pintar untuk peminjaman dana cepat;
  • Privasi keamanan nasabah terjamin karena data-data pelanggan tidak disalahgunakan. Selain itu, layanan Kredit Pintar telah tervalidasi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izinnya tertuang dalam Surat Nomor Keputusan Izin Usaha KEP -83/D.05/2019 tanggal 30 September 2019. Lebih menariknya, selain telah mendapatkan izin OJK, serta layanan pinjaman online terpercaya di Indonesia ini mendapatkan sertifikat ISO 27001:2013 yang diwajibkan oleh OJK;
  • Proses pencairan dana cukup cepat dalam waktu kurang lebih 24 jam;
  • Pembayaran cicilan yang cukup mudah karena terkoneksi langsung dengan pembayaran melalui transfer seperti ATM, m-banking, serta di seluruh cabang Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, Lawson, Alfa Express, dan lain sebagainya).
  • Cakupan pelanggan Kredit Pintar cukup luas, dari wilayah perkotaan hingga daerah terpencil.

Setelah kamu cukup mantap dengan alasan-alasan di atas, maka kamu yang akan berniat meminjam ke Kredit Pintar untuk modal usaha, maka mari ikuti panduan untuk mengajukan peminjaman dana online melalui Kredit Pintar berikut ini:

  1. Silakan unduh aplikasi Kredit Pintar melalui link ini;
  2. Lakukan login di aplikasi dengan nomor ponsel;
  3. Pilih jumlah pinjaman dan jangka waktu pengembalian yang diinginkan;
  4. Unggah semua dokumen serta data diri yang diperlukan;
  5. Tunggu proses verifikasi dari tim Kredit Pintar. Jika disetujui, maka uang yang anda pinjam akan cair dalam waktu kurang dari 24 jam.

Adapun untuk persyaratan peminjaman/pengajuan dana online ke Kredit Pintar adalah sebagai berikut:

  • Kamu harus berumur minimal 21 tahun;
  • Memiliki KTP Elektronik (e-KTP);
  • Memiliki penghasilan minimal Rp.2.000.000 setiap bulannya;
  • Memiliki rekening bank sesuai dengan e-KTP. Untuk rekening bank yang tersedia bisa menggunakan bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, Bank Permata, Bank DKI, Danamon, Maybank, Bukopin, BTN, maupun KEB hana.

Pada akhirnya, apabila usaha/bisnismu sudah berkembang dan mantap, maka kamu bisa bayar cicilan dengan mudah ke Kredit Pintar dengan hanya membayar biaya sesuai jumlah nominal dan bunga yang harus dibayar.

Maka, bagi teman-teman yang akan merintis bidang usaha/bisnis di tahun 2021 ini, maka ayo jangan sia-siakan kemudahan yang ditawarkan dari Kredit Pintar. Percayalah, karena berkat pinjaman online langsung cair dari Kredit Pintar semua rintisan usaha jadi lancar!

Penutup:

Apabila teman-teman ingin merintis usaha/bisnis dari nol tapi minim modal di awal, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan peminjaman dana online melalui Kredit Pintar. Tentunya dana yang telah dipinjam harus segera digunakan sebaik mungkin untuk modal usaha. Jika usaha/bisnis sudah berkembang pesat maka pembayaran ke Kredit Pintar akan semakin gampang. Tentunya berkat bantuan pinjaman dana tunai dari Kredit Pintar maka merintis usaha/bisnis tidak perlu takut lagi dalam hal finansial.

Sumber Referensi Bacaan:

Pos terkait