Home / Info MPASI Bayi / 5 Alasan Mengapa Buah Apel Bagus untuk Bayi dan MPASI
18 Juni, 2017

5 Alasan Mengapa Buah Apel Bagus untuk Bayi dan MPASI

Posted in : Info MPASI Bayi on by : Wahid Priyono & Juzsi Aldeska Tag:, , , ,

Dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi hariannya, seorang bayi harus memperoleh nutrisi yang baik dan berkualitas untuk menunjang tumbuh kembangnya. Karena pada saat itulah bayi sedang dalam performa terbaiknya sehingga asupan makanan juga penting diperhatikan. Dan kebanyakan para bunda memberikan makanan pendamping bayi yaitu MPASI yang dibuat dari berbagai macam jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan serat, vitamin, serta mineral yang cukup tinggi. Salah satu buah yang sering dipakai untuk membuat MPASI adalah buah apel.

Ada beberapa alasan mengapa buah apel bagus untuk bayi? Berikut ini penjelasannya:

1. Buah Apel Dianggap Salah Satu Makanan yang Rendah Risiko Alergi

Buah apel sangat lezat dan disukai bayi. Hampir semua bayi menyukai kelezatan buah apel dan tidak memberikan risiko alergi. Meskipun ada beberapa bayi yang menjadi alergi ketika memakan MPASI pure apel.

Adanya gejala alergi pada bayi ketika mengonsumsi MPASI dari buah apel bisa disebabkan oleh ketidaksiapan lambung bayi dalam mencerna apel, atau waktu pemberian MPASI yang dilakukan pada waktu bayi berumur di bawah 6 bulan, padahal idealnya MPASI diberikan pada bayi di atas umur +6 bulan karena kesiapan lambung bayi sudah siap.

Resep MPASI Bayi Pure Apel Lezat dan Bergizi

Resep MPASI Bayi Pure Apel Lezat dan Bergizi

2. Buah Apel Mudah Dicerna

Inilah alasan mengapa buah apel disukai bayi karena mudah dicerna. Sebaiknya buah apel yang akan diberikan pada bayi terlebih dahulu dibuat menjadi jus atau MPASI. Khusus untuk bayi di bawah umur 1 tahun sebaiknya mengonsumsi MPASI apel juga bagus. Lambung bayi sangat siap ketika mengonsumsi buah yang diblender menjadi lembut (MPASI), sehingga sari-sari makanan mudah dicerna di usus halus untuk kemudian didifusikan ke peredaran darah bayi.

3. Bayi Menyukai Cita Rasa Buah Apel

Rasa buah apel yang manis tentu saja disukai bayi. Sehingga dalam memilih jenis-jenis buah apel untuk MPASI juga harus yang berkualitas dan memang sering dipakai oleh bunda dalam membuat MPASI. Carilah buah apel yang mempunyai rasa manis, tekstur daging buahnya lembut tidak keras, permukaan kulit apel tidak mengkerut, dan pastikan buah apel dalam kondisi segar dan tidak rusak/busuk.

4. Apel Memiliki Cita Rasa Manis dan Mengandung Fruktosa

Cita rasa manis pada buah apel karena mengandung gula buah (fruktosa). Dan fruktosa ini lebih cepat diserap tubuh melalui sistem pencernaan bayi untuk kemudian fruktosa diubah menjadi energi. Energi inilah yang akan digunakan oleh si bayi untuk bergerak dan melakukan segala aktivitas.

5. Mengandung Gizi yang Bagus untuk Bayi

Hal yang tak kalah menarik dari alasan mengapa buah apel bagus untuk bayi yaitu karena mengandung banyak zat gizi yang diperlukan oleh bayi.

Nutrisi dalam apel (satu apel ukuran menengah) mengandung komponen zat gizi seperti:

  • Vitamin (vitamin A – 73 IU, vitamin C – 9 mg, asam folat, vitamin E;
  • Kalium (158 mg);
  • Kalsium (9,5 mg);
  • Fosfor (9,5 mg);
  • Magnesium (7 mg);
  • Selenium (4 mg);
  • Tembaga;
  • Mangan;
  • Seng.

Itulah tadi penjelasan tentang 5 alasan mengapa buah apel bagus untuk bayi dan MPASI. Semoga informasi di atas berguna untuk anda ya bunda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!