Cara Mengukus/Merebus Buah Apel untuk MPASI Bayi Umur +6 Bulan Ke atas

Posted on
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebelum membuat MPASI pure apel yang lezat, sehat, dan bergizi tinggi, maka langkah awal yang harus dilakukan oleh bunda adalah merebus/mengukus terlebih dahulu buah-buahan termasuk buah apel tersebut yang akan dijadikan resep MPASI.

Akan tetapi, tahukah bunda manfaat dari mengukus/merebus buah-buahan tersebut yaitu untuk mempertahankan kandungan gizi yang ada di dalam buah apel, serta mengurangi kebasian makanan secara cepat, dan juga membunuh mikroba atau bakteri patogen yang kemungkinan ada pada buah apel tersebut.

Adapun bahan-bahan/resep dan cara mengukus/merebus buah apel untuk MPASI bayi umur +6 bulan ke atas adalah sebagai berikut:

[ingredients title=”Ingredients”]

  • 1 buah apel, cuci bersih;
  • Air bersih secukupnya untuk mengukus/merebus;
  • 75 ml air matang.

[/ingredients]

[directions title=”Directions”]

  1. Kupas kulit apel, buanglah biji serta bagian-bagian yang keras di dalamnya, lalu potong-potong membentuk dadu;
  2. Selanjutnya kukus daging apel yang sudah dipotong tersebut sampai lunak/empuk dengan menggunakan air secukupnya, kurang lebih 20 menit;
  3. Angkatlah apel dari air rebusan, lalu tiriskan;
  4. Blender daging buah apel yang sudah dikukus/direbus dengan menambahkan 75 ml air matang/mendidih (jika air kurang bisa ditambah), blenderlah sampai halus/lembut;
  5. Setelah diblender, selanjutnya masukkan ke dalam mangkuk makan bayi, lalu siap dihidangkan.
Resep MPASI Bayi Pure Apel Lezat dan Bergizi
Resep MPASI Bayi Pure Apel Lezat dan Bergizi

[/directions]

Itulah tadi sedikit penjelasan sederhana tentang bagaimana cara mengukus/merebus buah apel untuk MPASI bayi umur +6 bulan ke atas. Semoga bisa menjadi referensi terbaik untuk bunda semuanya. Selamat mencoba ya bunda ! semoga berhasil dan sukses. Baca juga: Cara Mengukus Apel dan Buah Pir Untuk MPASI Bayi yang Baik dan Benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *