Home / Cara Penyajian MPASI / Jenis Buah Pir (Pear) untuk MPASI Bayi yang Berkualitas Tinggi
18 Juni, 2017

Jenis Buah Pir (Pear) untuk MPASI Bayi yang Berkualitas Tinggi

Posted in : Cara Penyajian MPASI on by : Ny. Juzsi Aldeska Tag:, , , ,

Apabila buah pir dipetik sebelum matang, maka itu jauh lebih bagus. Jika buah pir matang di pohon, gula di dalam buah pir akan berubah menjadi kristal pati, membuat tekstur buah seperti pasir. Pir juga tidak tergolong buah yang mudah terkontaminasi pestisida, sehingga sangat aman bagi bayi. Dan pastikan bahwa jenis buah pir (pear) untuk MPASI bayi yang berkulitas tinggi dan baik secara kandungan gizinya, serta rasa buah pirnya manis.

Saat akan membuat MPASI pure pir, maka pilihlah buah pir yang mempunyai kulit bagus dan bersih, halus, tanpa memar, atau lubang. Beberapa jenis pir mempunyai bintik cokelat pada kulitnya serta kelihatan lebih alami. Pir/pear yang matang memiliki warna kuning cerah dengan aroma khas yang tercium.

Dan dari beberapa jenis buah pir (pear), maka jenis buah pir untuk MPASI bayi yang berkualitas tinggi (high quality) yaitu jenis pir cina. Tidak seperti buah pir jenis lainnya, pir cina (pir asia) adalah buah pir yang matang langsung dari pohonnya, sehingga siap dikonsumsi setelah dibeli (seperti buah apel).

Jenis Buah Pir untuk MPASI bayi

Jenis Buah Pir untuk MPASI bayi (Pir Cina Xiang Lie)

Bentuk buah pir cina yakni bulat, cokelat keemasan di bagian permukaan kulitnya dengan daging buah berwarna putih. Seperti halnya buah pir dari negara lain, pir cina lebih rendah asam namun kadang kurang manis (untuk jenis tertentu saja). Jenis buah pir china untuk MPASI yang bagus karena rasa buahnya yang manis adalah pir Xiang Lie.

Karena pir china lebih keras dan tekstur daging buah yang renyah, maka menyajikan pir china untuk MPASI bayi hendaknya sama seperti apel yaitu dengan memasak/mengukus daging buah pir agar lebih steril dan aman bagi bayi. Pelajari selengkapnya tentang: Cara Mengukus/Merebus Buah Pir untuk MPASI Bayi Umur +6 Bulan Ke Atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *