Cara Pemberian Makanan Lumat MPASI untuk Bayi yang Baik dan Benar

Resep MPASI Pure Pepaya dan Pisang yang Menyehatkan
Resep MPASI Pure Pepaya dan Pisang yang Menyehatkan

Pemberian Makanan Lumat MPASI untuk Bayi

Setelah umur 6 bulan, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sanga buah hati, oleh sebab itu pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi sangat penting. Pada usia inilah, bayi anda sebaiknya diperkenalkan dengan makana bertekstur lunak dan sedikit cair, lalu sedikit demi sedikit ditambahkan tingkat kekentalan makanannya.

Read More

Berikan makanan MPASI bertekstur lunak terlebih dahulu misalnya pure buah pisang, pure alpukat, pure pir pepaya, pure labu kuning, pure jeruk manis, dan lain sebagainya.

Setelah menginjak usia 7 bulan ke atas, perlahan-lahan kembali bayi anda diperkenalkan dengan menu makanan pendamping yang agak kental seperti bubur beras merah, bubur beras putih, biskuit susu, dan lain sebagainya.

Pemberian makanan lumat untuk MPASI bayi sangat penting dengan alasan makanan ini sangat mudah dicerna di dalam lambung bayi. Dalam pemberiannya pun harus diberikan secara bertahap dalam bentuk MPASI yang encer dan pemberiannya sering dilakukan, yakni 2 kali sekali (umur 6 bulan). Berikan juga makanan lumat ini dalam satu jenis makanan sampai pada umur 7 bulan agar mudah terdeteksi apbila bayi mengalami reaksi alergi.

Berikut ini contoh resep makanan lumat MPASI pure labu kuning bagi bayi umur 6 bulan:

[ingredients title=”Ingredients”]

  • Labu kuning 100 gram;
  • 2 sdm ASI.

[/ingredients]

[directions title=”Directions”]

  1. Labu kuning dikupas kulit, buang biji, dan ambil dagingnya, lalu cuci bersih;
  2. Kukus labu kuning sekitar 20 menit sampai empuk/lembek;
  3. Tiriskan labu kuning yang sudah dimasak, lalu blender sampai lembut, dan tambahkan ASI;
  4. MPASI pure labu kuning siap disajikan.
Resep MPASI Pure Labu Kuning yang Menyehatkan

[/directions]

Itulah tadi cara pemberian makanan lumat MPASI untuk bayi anda tercinta. Semoga informasi di atas berguna untuk anda ya bunda. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Related posts