Cara Membuat Kaldu Bubuk Ayam Homemade

Cara Membuat KALDU AYAM Bubuk Homemade yang Lezat dan Bergizi

Hallo bunda, pada kesempatan kali ini mari kita bahas tentang bagaimana cara membuat kaldu ayam bubuk homemade yang lezat dan bergizi. Dan ternyata kaldu bubuk ini bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk resep mpasi bayi. Mari simak baik-baik bahan yang dibutuhkan serta cara membuatnya:

Ingredients

  • 300 gram dada ayam tanpa tulang;
  • 1 buah wortel;
  • 1/2 butir bawang bombay;
  • 20 siung bawang putih;
  • 2 sdm garam;

Directions

  1. Haluskan semua bahan di atas dengan menggunakan blender, beri air sedikit supaya bahan bisa menjadi halus. Lalu bahan yang sudah dihaluskan tersebut di sangrai di atas wajan tanpa minyak sambil terus diaduk untuk menghilangkan kandungan airnya;
  2. Setelah dirasa kering, angkat dan selanjutnya diblender lagi sampai halus, sangrai kembali untuk memastikan bahwa kaldu bubuk sudah benar-benar kering;
  3. Jika kaldu bubuk sudah kering, angkat, lalu masukan dan simpan pada wadah tertutup (misal stoples);
  4. Kaldu bubuk homemade kira-kira bisa bertahan kurang lebih sampai 1,5 bulan.
  5. Catatan: sangrai bahannya harus benar-benar lama. Jadi jika akan membuatnya harus benar-benar ada waktu luang yang cukup banyak.

Cara Membuat Kaldu Bubuk Ayam Homemade
Cara Membuat Kaldu Bubuk Ayam Homemade oleh Bunda Tri Sarjianti Atmadja

Semoga informasi tentang cara membuat kaldu ayam bubuk homemade di atas dapat berguna dan menjadi inspirasi bunda. Silakan baca juga resep berikut: Cara Membuat Kabocha Kukus With Santan Segar untuk Bayi.