Sop ikan gurame untuk bayi umur 7 bulan

Pengertian MPASI Menurut WHO dan KEMENKES RI

Makanan pendamping air susu ibu (MPASI) merupakan makanan yang dikenalkan dan diberikan kepada bayi usia 6 bulan setelah menjalani program ASI eksklusif. Program terbaik bagi bayi selama masa 6 bulan adalah pemberian ASI eksklusif, baru setelah itu diberikan MPASI.

MPASI juga begitu penting untuk bayi. Dimana MPASI membantu bayi untuk lebih tanggap terhadap makanan yang harus dikonsumsi. Nah, dari makanan itulah si bayi akan memperoleh sumber gizi seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, sumber zat gizi penting yang dibutuhkan bayi dalam MPASI adalah karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan beberapa makanan bermineral.

Sop ikan gurame untuk bayi umur 7 bulan
Sop ikan gurame untuk bayi umur 7 bulan

Menurut World Health Organization (WHO), makanan pendamping air susu ibu (MPASI) merupakan sebuah proses penting yang mengedepankan kesiapan bayi dalam menyambut makanan yang akan dikonsumsinya.

Sedangkan menurut Departemen Kesehatan (KEMENKES) Republik Indonesia, bahwa MPASI adalah pemberian makanan pendamping kepada bayi usia 6-24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain ASI. Silakan baca juga: Tanda-Tanda Bayi Siap Diberikan MPASI.