Home / Info MPASI Bayi / Kandungan Gizi MPASI Buah Apel dan Pir untuk Bayi
20 Januari, 2018

Kandungan Gizi MPASI Buah Apel dan Pir untuk Bayi

Posted in : Info MPASI Bayi on by : Ny. Juzsi Aldeska Tag:, , , , , , , ,

Pada masa pertumbuhan, seorang bayi membutuhkan cukup nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Nutrisi itu diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Namun, untuk jenis makanan bayi berbeda dengan orang dewasa pada umumnya. Sebab, makanan yang diberikan pada bayi harus bertekstur lembut, mudah ditelan, cukup berair, dan karena pada masa ini sistem pencernaan bayi belum siap mencerna makanan kasar. Itulah alasannya mengapa bayi harus diberikan makanan pendamping ASI sesuai dengan kriteria/rentang umurnya masing-masing.

Memilih buah apel dan buah pir untuk MPASI bayi adalah cara tepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi buah hati anda. Sebab pada satu butir apel dan pir banyak sekali mengandung gizi penting. Baca juga: 10 Manfaat MPASI Buah Apel dan Pir untuk Bayi.

Pure Apel Susu yang Enak, Sehat, dan Bergizi

Pure Apel Susu yang Enak, Sehat, dan Bergizi

Berikut ini tabel kandungan gizi yang terkandung dalam 1 butir buah apel (per 100 gramnya) seperti dilansir dari terjemahan web WHO:

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 52 kkal
Karbohidrat 13,8g
Air 86%
Protein 0,3g
Gula 10,4g
Serat 2,4g
Lemak 0,2g
Vitamin A 3µg 0%
Vitamin C 4,6mg 5%
Vitamin D
Vitamin E 0,18mg 1%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,02mg 1%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,03mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,09mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,06mg 1%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,04mg 3%
Vitamin B9 (Folat) 3µg 1%
Vitamin B12 0µg
Cholin 3,4mg 1%
Kalsium 6mg 1%
Zat Besi 0,12mg 2%
Magnesium 5mg 1%
Fosfor 11mg 2%
Potassium 107mg 2%
Sodium 1mg 0%
Seng 0,04mg 0%

AKG% = Angka Kecukupan Gizi harian berdasarkan diet 2000 kalori. AKG dalam bahasa Inggris disebut dengan Daily Value (DV).

Sementara itu, berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada buah pir seperti mengandung zat gizi: mineral, vitamin, dan kandungan senyawa lain yang berpotensi bagi kesehatan secara luas. Senyawa aktif dalam buah Pir adalah kalium, vitamin C, vitamin K,  fenolik, folat (vitmin B9) untuk kecerdasan bayi, serat , tembaga, mangan, magnesium, serta vitamin B-kompleks. Vitamin B kompleks berperan penting untuk pertumbuhan rambut dan regenerasi kulit pada bayi. Silakan baca: Cara Mengukus Apel dan Buah Pir untuk MPASI Bayi yang Baik dan Benar.