Home / Resep MPASI Bayi / 10 resep mpasi 6 – 7 bulan agar bayi gemuk dan sehat
10 Agustus, 2018

10 resep mpasi 6 – 7 bulan agar bayi gemuk dan sehat

Posted in : Resep MPASI Bayi on by : Ny. Juzsi Aldeska Tag:, ,

Banyak ibu yang khawatir tentang berat badan bayi yang tak kunjung bertambah. Terutama ibu baru juga mengkhawatirkan hal ini, dan selalu mencari tahu makanan apa saja yang bisa membantu menaikan berat badan bayi dengan cara yang sehat. Namun hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, yang perlu ibu lakukan ialah fokus pada perkembangan bayi secara menyeluruh dan jangan mempersoalkan berat badannya.

Oatmeal Bolognese Sauce - MPASI 8M+

Oatmeal Bolognese Sauce – MPASI 8M+

Pertambahan Berat Badan Bayi

Meskipun terdengar sederhana, namun banyak ibu yang baru memiliki bayi cenderung sulit memahami bahwa berat badan bukanlah ukuran sehat atau tidaknya seorang bayi. Ibu seharusnya tak perlu lagi khawatir mengenai berat badan TerutamI terlebih jika melihat perkembangan fisik bayi semua terlihat baik dan normal. Sebab perkembangan bayi pun melalui tahapan tertentu dan tidak secara langsung, namun perlu diingat bahwa berat badan bayi sesungguhnya dipengaruhi oleh genetik dari kedua orang tuanya.

Berikut ada beberapa pedoman dari buku KMS posyandu mengenai kisaran berat badan anak untuk masing – masing usia.

  1. Hingga berusia 3 bulan,  bayi akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 175 hingga 210 g per minggu.
  2. Berat badannya akan naik dua kali lipat di usia 5 bulan.
  3. Setelahnya berat bada bayi akan mengalami peningkatan 400 g tiap hingga bayi berusia 1 tahun.
  4. Di usia 1 tahun bayi akan memiliki berat hingga tiga kali lipat berat badan saat dilahirkan.
  5. 4 kali berat lahir diusia 2 tahun.
  6. 5 kali berat lahir diusia 3 tahun.
  7. 6 kali berat lahir diusia 5 tahun.
  8. 7 kali berat lahir diusia 7 tahun.
  9. 10 kali berat lahir diusia 10 tahun.

Rata-rata pertambahan berat badan pada anak berusia antara 3 sampai 7 tahun akan mengalami peningkatan sekitar 2 kg tiap tahunnya. Dan setelah masa pubertas pertambahan berat akan naik sebesar 3 kg tiap tahunnya.

Makanan yang Baik untuk Menambah Berat Badan Bayi

Ada begitu banyak bahan makanan yang baik untuk membantu meningkatkan berat badan bayi. Namun perlu disesuaikan dengan usianya karena mengingat pencernaan bayi yang masih rentan. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan:

1. Susu

Bagaimana pun juga mpasi tetaplah sebagai makanan terbaik bagi bayi, semua nutrisi penting yang dibutuhkan bayi ada di dalamnya. Setidaknya berikanlah ASI eksklusif selama enam bulan pertama hingga satu tahun, dan kemudian baru perkenalkan dengan susu formula.

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah – buahan yanga kaya akan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan sumber mineral lainnya yang sangat baik untuk menambah berat badan bayi usia 7 bulan. Makanan yang sarat gizi dan energi ini sangat baik untuk dijadikan makanan pendamping ASI. Pisang dapat diberikan dengan dihaluskan dan juga bisa di campurkan dengan susu formula menjadi bubur.

Bubur Pisang Apel yang Enak, Sehat, dan Bergizi

Bubur Pisang Apel yang Enak, Sehat, dan Bergizi

3. Buah Peach

Buah peach dapat diberikan pada bayi untuk membantu menaikan berat badannya. Buah tersebut sangat kaya kandungan serat, niacin, vitamin A dan terlebih lagi kandungan vitamin C yang banyak sangat baik untuk bayi. Buah ini dapat dibuat menjadi bubur buah dengan tambahan susu. 

4. Buah Pear

Buah pear dapat diberikan sebagai salah satu makanan padat pertama untuk bayi yang juga dapat membantu meningkatkan berat badan bayi 7 bulan. Kansungan didalamnya yang sangat kaya akan mineral zat besi dan juga merupakan sumber serat yang baik ditambah lagi juga diperkaya akan vitamin B6 dan vitamin C. Pear dapat dihaluskan terlebih dahulu agar bayi mudah mencernanya.

5. Ubi Jalar Manis

Ibu dapat memberikan ubi jalar manis yang telah dikukus sebelumnya untuk bayi. Sangat baik untuk memperkenalkan makanan padat pada bayi untuk pertama kalinya dan sangat baik untuk meningkatkan berat badan bayi. Ini karena di dalam ubi jalar mengandung berbagai macan nutrisi yang sangat baik terutama karena rendah lemak jahat yang dapat membahayakan tubuh. Ditambah lagi kandungannya yang tinggi serat, magnesium dan kalium, vitamin B6 dan juga kaya vitamin A dan C. Bisa di jadikan bubur atau pancake sesuai selera bayi.

6. Alpukat

Alpukat sangat baik untuk bayi terlebih jika ibu ingin berat badan bayi bertambah secara signifikan. Kandungannya yang kaya akan serat tapi rendah lemak jahat sangat tepat untuk meningkatkan berat badan bayi tanpa khawatir obesitas. Haluskan alpukat bersama dengan susu untuk menambahkan rasa. 

Resep MPASI Pure Alpukat

Resep MPASI Pure Alpukat

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki  kadungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi dibandingkan minyak cukup tinggi, karenanya dapat menjadi pilihan minyak nabati yang lebih sehat jika dibandingkan dengan minyak jenis lainnya. Ibu dapat memgolah berbagai macam makanan bayi dengan menggunakan minyak zaiunak Dan tentu sangat baik intuk menambah berat badan bayi dengan cara yang lebih sehat.

8. Kentang

Manfaat buah kentang selain dapat membantu meningkatkan berat badan batmyi, juga sangatlah baik untuk memperkenalkan makanan padat pertama untuk bayi. Kentang yang memiliki konsistensi yang lembut, serta mudah dicerna membuatnya menjadi makanan yang sangat disarankan untuk bayi. Kentang kaya akan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Selain itu kentang juga terkenal karena kandungan karbohidratnya yang baik dan juga banyak, sehingga akan membuat bayi kenyang lebih lama. Kentang dapat diberikan sebagai makanan bayi dengan dihaluskan terlebih dahulu atau dimasak bersama sup.

9. Gandum

Makanan untuk membantu menaikkan berat badan bayi diusia 7 bulan yang selanjutnya ialah gandum. Gandum sangat disarankan untuk  untuk bayi, karena kandungan didalamnya mampu menjaga serta menstabilkan kadar gula dalam darah selain itu juga memberikan energi yang cukup yang dibutuhjan bayi dalam  jangka waktu lama. Serat dari gandum yang larut dalam air, juga baik guna melindungi sistem pencernaan bayi yang masih sensitif.

10. Daging ayam

Daging ayam sangat cocok unruk membantu meningkatkan berat badan bayi 7 juga pertumbuhan bayi secara menyeluruh. Daging ayam merupakan bahan pangan kaya protein, selain itu juga kaya vitamin B12 yang tidak terdapat pada bahan pangan dari sumber nabati. Ibu dapat membuatkan nasi tim dengan ditambahkan ayam dan sayuran lainnya. Perhatikan saat bayi makan, apakah ia suka atau tidak. Dan jangan terlalu memaksakan bila bayi tidak menyukainya.

Ibu dapat memberikan makanan padat dengan memperhatikan kebutuhan bayi serta keinginannya. Jangan memaksa bayi untuk makan bila ia tak menyukainya sebab dapat membuat bayi enggan makan, tentu hal ini justru membuatnya susah mendapatkan nutrisi yang cukup. Perkenalkan makanan baru dan bervariasi agar bayi tak mudah bosan dan nafsu makannya tetap terjaga. sekian pembahasan tentang Makanan Bayi 6 – 7 Bulan Agar Cepat Gemuk semoga bermanfaat untuk bunda yang sedang mencari resep mpasi 7 bulan agar bayi gemuk dan sehat.