Home / Info MPASI Bayi / Pengertian, Manfaat, Contoh Unsalted Butter (UB) untuk MPASI Bayi
3 Desember, 2018

Pengertian, Manfaat, Contoh Unsalted Butter (UB) untuk MPASI Bayi

Posted in : Info MPASI Bayi on by : Wahid Priyono & Juzsi Aldeska Tag:, , , , , ,

Sering sekali ada yang bertanya, apa itu UB yang biasanya dituliskan dalam menu-menu MPASI bayi. UB adalah singkatan dari Unsalted Butter, yakni salah satu jenis lemak tambahan yang biasa digunakan dalam MPASI bayi.

Dikutip dari easybabylife.com dituliskan bahwa lemak sebetulnya amat penting bagi tumbuh kembang bayi. Pertumbuhan badan dan otak banyak didukung oleh keberadaan lemak dalam asupannya sebab lemak membantu membangun selubung myelin di sekitar syaraf dalam otak dan sum-sum tulang belakang.

Selubung myelin ini menciptakan isolasi untuk sistem saraf pusat yang bagus untuk proses perpindahan data juga informasi. ASI juga mengandung banyak lemak. Bahkan jika kita bisa mengeluarkan semua unsur cairan dari ASI, kandungan lemaknya ada sekitar 50 %. Banyak, kan? Jadi, lemak memang sangat diperlukan oleh bayi. Oleh sebab itu dalam MPASI-nya, bayi juga butuh lemak. Salah satunya adalah UB ini. Butter sangat bergizi, memberikan lemak dan kolesterol yang diperlukan, juga vitamin A, asam linoleat terkonjugasi dan asam lemak esensial. Disarankan untuk selalu memilih mentega tawar karena garam belebih tidak baik untuk ginjal bayi.

unsalted butter

unsalted butter (UB)

UB yang saya gunakan untuk MPASI bayi ada 2 merk yaitu LURPAK dan ELLE & VIRE seperti di foto. Digunakannya bergantian aja, tidak ada alasan khusus, jadi sesukanya saja. Cuma saya merasa biasanya kalau pakai Elle & Vire, Gavin lebih suka. Saya pilih yang kemasan satuan seperti di foto karena lebih praktis untuk penyimpanannya. Biasanya 2 hari dari buka kemasan sudah terpakai semua, jadi tidak khawatir kalau UB-nya rusak karena proses penyimpanan yang kurang tepat. Lalu bentuknya yang cube memudahkan untuk diambil. Lebih gampang di LURPAK sebenarnya karena benar-benar sudah berbentuk cube gitu, tapi pakai ELLE & VIRE pun menurut saya oke, tinggal dicongkel aja segitiga-segitiga kecilnya menggunakan sendok bersih. Biasanya beli UB ini di Supermarket. Semoga sudah tidak bingung lagi yah apa itu UB.