Home / Info MPASI Bayi / Bedanya Pear/Pir Kukus Sama Pear Rebus untuk MPASI Bayi
23 Desember, 2018

Bedanya Pear/Pir Kukus Sama Pear Rebus untuk MPASI Bayi

Posted in : Info MPASI Bayi on by : Juzsi Aldeska Tag: ,

Sebelum membuat MPASI, beberapa jenis bahan sayur mayur dan buah ada yang dikukus atau direbus terlebih dahulu. Tujuan perebusan dan atau pengukusan bahan ini bertujuan untuk membunuh mikroba pada bahan makanan. Selain itu, perebusan dan pengukusan juga dijadikan syarat untuk mempertahankan gizi pada bahan makanan.

Buah dengan daging keras tentu saja tidak bisa langsung dibuat MPASI, sebab kemampuan gigi dan sistem pencernaan bayi yang belum optimal. Maka, merebus/mengukus buah apel atau pear/pir menjadi sebuah pilihan tepat sebelum membuat MPASI.

Buah pear yang dikukus dan direbus tujuannya sama saja yaitu agar daging buahnya menjadi lunak, sehingga mudah sekali untuk dibuat menjadi bubur MPASI buah pir. Hanya saja, jika buah pear direbus yaitu memasukkan daging buah pear yang sudah dipotong dadu pada air mendidih selama beberapa menit sampai daging buahnya menjadi lunak. Namun, jika buah pear dikukus, tidak langsung dimasukkan ke dalam air mendidih, namun daging buahnya dikukus di bawah air mendidih menggunakan panci atau sejenisnya. Silakan pelajari cara mengukus buah apel dan pear untuk MPASI bayi.

 

error: Content is protected !!