Home / Resep MPASI Bayi / Warna Feses Bayi setelah MPASI Berwarna Hitam dan Merah
14 Februari, 2019

Warna Feses Bayi setelah MPASI Berwarna Hitam dan Merah

Posted in : Resep MPASI Bayi on by : Juzsi Aldeska Tag: , , ,

Selama program MPASI berlangsung, biasanya akan ditemukan beberapa tanda khusus pada bayi. Misalnya ada perubahan warna feses pada bayi. Kadang berwarna hitam pada feses bayi sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan secara berlebih. Bisa langsung para bunda untuk berkonsultasi kepada dokter.

Warna feses/pup pada bayi selama MPASI bermacam-macam, ada yang warna kuning, kuning kecokelatan, kuning mudah, berwarna bening, hijau, berwarna merah, atau hitam. Jika feses bayi berwarna hitam/merah perlu dikonsultasikan kepada dokter.

Warna merah pada feses bayi bisa menjadi petunjuk bahwa kemungkinan ada robekan/kerusakan jaringan epitel pada usus/lambungnya. Kerusakan jaringan ini bisa terjadi karena makanan yang tekstur MPASInya terlalu keras. Sehingga beberapa jenis buah apel dan pir sering dikukus terlebih dahulu sebelum dibuat menjadi MPASI bayi.

Warna hitam pada feses mengindikasikan bahwa feses bayi tersebut kemungkinan mengonsumsi makanan terlalu padat, dan makanan kurang encer. Sehingga disarankan untuk para bunda agar memberikan MPASI yang cukup encer (MPASI dari buah-buahan dan sayur) agar serat tercukupi dengan baik.

error: Content is protected !!