HomeCara Penyajian MPASI Cara Menyimpan Pure Apel, Pure Jeruk, Pure Pepaya dan Pear untuk MPASI Bayi Agar Tidak Mudah Basi

Cara Menyimpan Pure Apel, Pure Jeruk, Pure Pepaya dan Pear untuk MPASI Bayi Agar Tidak Mudah Basi

Posted in : Cara Penyajian MPASI, Info MPASI Bayi on by : Juzsi Aldeska Tag: , ,

Pure apel dan pure pir merupakan jenis MPASI dari olahan buah-buahan segar seperti apel dan pear/pir. Namun, untuk membuat puree buah seperti biasanya anda bisa menggunakan jenis buah-buahan lain. Contohnya seperti buah pisang, jeruk, melon, alpukat, pisang, mangga, pepaya, dan lain sebagainya.

Pembuatan MPASI pure buah ini sangat mudah dilakukan, dan dari sekian banyak buah di atas, para bunda biasanya menggunakan buah apel dan pir. Kedua jenis buah ini sangat populer dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan pure/bubur buah untuk bayi. Untuk membuatnya, anda bisa membaca artikel yang pernah saya tulis berikut: Cara Pembuatan MPASI Pure Apel dan Pir untuk Bayi.

Untuk pembuatan MPASI pure apel atau pure pir sebaiknya sesuai kebutuhan (secukupnya saja), atau bisa dilebihkan. Jika pembuatan pure apel maupun pir bertujuan agar bisa dipergunakan lebih dari satu hari, maka anda harus menyimpannya pada lemari es supaya tetap dingin, awet, tidak basi dan tetap terjaga dari kontaminasi bakteri dan mikroorganisme pembusuk pada buah.

Pure Pepaya Jeruk yang Enak, Sehat, dan Bergizi

Pure Pepaya Jeruk yang Enak, Sehat, dan Bergizi

Berikut ini, tips/cara/teknik/metode menyimpan pure apel, pure pir dan jenis buah lainnya untuk MPASI bayi agar tidak mudah basi:

  • Siapkan wadah khusus untuk MPASI bayi yang dilengkapi tutup (tupperware);
  • Letakkan 1 lembar daun pisang di bagian dasar tupperware sebagai pelapis/alas pure;
  • Masukkan pure apel dan atau pure pir ke dalam wadah tupperware tadi;
  • Selanjutnya tutup tupperware secara rapat agar kemungkinan kontaminasi bakteri tidak terjadi;
  • Masukkan dan simpan ke dalam lemari es untuk beberapa hari;

Semoga informasi sederhana tentang penyimpanan pure buah di atas dapat bermanfaat untuk para bunda syantik. Salam MPASI.

error: Content is protected !!