3 Faktor Penyebab Bayi Menolak MPASI

Posted on
  •  
  •  
  •  
  •  

Setelah usia bayi menginjak 6 bulan, para ahli menyarankan untuk memberikan MPASI pada bayi. Dimana makanan yang diberikan pada bayi bukan untuk mengganti ASI, melainkan untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Terkadang ibu mengalami penolakan oleh bayi ketika memberikan MPASI. Keadaan seperti ini membuat ibu khawatir bayinya tidak mendapatkan asupan yang cukup. Untuk itu, penting mengetahui solusi bayi menolak MPASI. MPASI atau makanan pendamping ASI diberikan pada bayi saat usianya 6 bulan. Pada 6 bulan awal kehidupan bayi, asupan nutrisinya sudah terpenuhi dalam ASI sehingga bayi tidak membutuhkan asupan makanan yang lainnya.

mpasi double protein
mpasi double protein

Faktor Penyebab Bayi Menolak MPASI

Penolakan terhadap MPASI umumnya ditandai dengan aksi tutup mulut pada bayi saat makanan siap diberikan. Penyebab penolakan terhadap MPASI ini sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa kondisi membuat bayi menolak MPASI seperti berikut ini:

  • Bayi Belum Mengenal MPASI: Salah satu penyebab bayi menolak MPASI yaitu karena rasa dari makanan. Bisa saja bayi tidak menyukai rasa dari makanan tersebut atau ia belum mengenalnya.
  • Belum Mengenal Tekstur Makanan: Tekstur makanan pun diduga menjadi penyebab penolakan makanan pada bayi. Tekstur makanan yang belum biasa dikonsumsi bayi akan dianggap asing dan ia akan menolaknya.
  • Makan Sambil Berjalan-jalan: Agar anaknya bersedia makan, biasanya banyak orang tua yang membujuk bayinya dengan cara makan yang kurang tepat, seperti sambil bermain atau berjalan-jalan. Ketika cara makan berbeda dilakukan, maka bisa saja si kecil menolak makan.