HomeCara Penyajian MPASI Alasan Mengapa Apel dan Pir Harus Dikukus untuk MPASI Bayi

Alasan Mengapa Apel dan Pir Harus Dikukus untuk MPASI Bayi

Posted in : Cara Penyajian MPASI, Info MPASI Bayi on by : Juzsi Aldeska Tag: ,

Ada beberapa jenis buah-buahan tertentu yang disarankan untuk dikukus terlebih dahulu sebelum disajikan ke bayi. Dua di antaranya yang paling umum adalah apel dan pir (pear).

Pure Pepaya Apel yang Enak, Sehat, dan Bergizi

Pure Apel yang Enak, Sehat, dan Bergizi untuk Bayi

Mengapa Apel dan Pir Sebaiknya Dikukus?

  • Apel dan pir memiliki tekstur yang keras, jadi sebaiknya dikukus terlebih dahulu supaya lebih lunak dan mudah dicerna oleh bayi. Selain itu, proses pengukusan juga dapat membantu menghancurkan zat penyebab alergi.
  • Proses pengukusan apel dan pir juga dilakukan untuk mempertahankan nutrisinya dan menghindari perubahan warna yang cepat. Karena sesudah dikupas dan dipotong-potong, kedua buah ini sangat cepat berubah warna menjadi kecokelatan.
  • Pengukusan apel juga mampu melunturkan zat lilin yang terkandung pada kulit apel tersebut. Misalnya pada buah apel dan pir impor biasanya pada kulit buahnya dilapisi oleh zat lilin supaya tidak mudah busuk/rusak oleh mikroba patogen.

Moms tentu menginginkan yang terbaik untuk si Kecil, termasuk dalam hal mengonsumsi buah-buahan. Proses pengukusan ini secara umum berfungsi untuk mensterilkan buah apel dan pir dari kemungkinan bakteri-bakteri yang terbawa. Semoga bermanfaat. Silakan baca juga: Cara Mengukus Apel dan Buah Pir untuk MPASI Bayi yang Baik dan Benar.

error: Content is protected !!