Apakah Sereal Quick Start Cocok untuk MPASI Bayi 6 Bulan?

Sereal quick start (Quick Start Sereal) merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak dijual di supermarket dan toko makanan bayi. Banyak para ibu rumah tangga yang memberikan QSS/QSC saat program MPASI bayinya. Memang QSS/QSC ini cukup bagus sebagai pendamping ASI, namun tidak boleh menjadi satu-satunya makanan MPASI yang setiap hari diberikan kepada bayi. Ada banyak nutrisi lain yang harus diberikan kepada bayi, yakni termasuk buah serta sayur-sayuran.

QSS berbahan serealia ini memiliki nutrisi tinggi, mengandung kalsium dan vitamin D untuk tulang, sehingga memang cukup baik bagi bayi. Variasi rasanya sangat banyak sekali, ada rasa cokelat atau vanila misalnya. Bayi biasanya menyukai serealia termasuk jenis bubur-buburan yang lebih praktis dimasak. Kalau di pasaran, nama produknya adalah Entrasol Quick Start Cereal.

sumber foto: Alodokter

QSS tidak cocok untuk bayi umur 6 bulan, mengapa? karena pada bayi umur 6 bulan bukan jenis makanan seperti ini yang diperkenalkan. Namun, bunda harus lebih banyak membuat pure/bubur yang halus lembut diambil dari sari murni buah-buahan dan sayur mayur. Bahan makanan serealia seperti QSS ini cocok untuk bayi di atas umur 6 bulan, atau memasuki umur 7 bulan baru boleh. Namun, ini tergantung kebijakan dari masing-masing bunda. Kalau saya sendiri waktu melakukan program MPASI anak yang kedua saya, maka saya memberikan entrasol QSS ini saat umur bayi saya 7 bulan ke atas. Semoga mencerahkan ya bund !