Press "Enter" to skip to content

Kisah “Pantat Panci Gosong” yang Dianggap Jorok Bagi Calon Pasangan

Bagikan Artikel Ini Ke Temanmu

Ngomongin soal “pantat panci gosong” saya jadi teringat dengan kisah saya 10 tahun lalu ketika mengikuti mata kuliah Biologi Dasar yang diampu oleh Dosen saya Drs. Arwin Achmad,.M.Si. (sekarang sudah almarhum, cek profil beliau disini ya).

Saat itu saya masih mahasiswa baru di program studi (Prodi) Pendidikan Biologi Universitas Lampung.

Beliau merupakan dosen favorit saya, dan nyaris setiap mengikuti mata kuliah beliau selalu santai karena penjelasan materi kuliah diimbangi dengan humor-humor yang bikin “ngekek” gak ketolongan.

Ditambah lagi, nilai-nilai mata kuliah yang diberikan beliau selalu hoki, minimal saya bisa dapat nilainya C. Kalau lagi hoki nilainya bisa A atau B, tapi kalau lagi apes bisa dapat nilai C.

Jangan salah ya, dapat nilai C di Prodi saya itu cukup bagus karena jujur saya mengalami sendiri bahwa dapat nilai C itu perjuangannya luar biasa dan tentunya tidak mudah.

Kadang pas dapat nilai C atau D saya gak mau ambil pusing. Pada kondisi-kondisi tertentu maka saya nekat pokoknya nilai tersebut dibungkus saja sampai wisuda. Intinya yang penting cepat lulus dan gak mangkrak bareng adik tingkat duduk 1 kelas.

Bagi kamu yang mungkin alumni prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung era tahun 2018 ke bawah pasti tahu sosok dosen yang satu ini. Pokoknya gak akan bete pas kuliah dengan beliau. Selalu ada pesan moral setiap sesi materi kuliah yang diajarkan. Tentunya pesan-pesannya yang kece abis saat kita berumah tangga kelak.

Singkat cerita waktu itu materi kuliah Biologi Dasar yaitu membahas tentang Sistem Reproduksi Manusia. Jadi di sela-sela materi perkuliahan yang disampaikan beliau, maka gak tau arah ceritanya sampai kemana tiba-tiba beliau berpesan kepada kami jika mau cari calon pasangan maka cek terlebih dahulu dapur rumahnya.

Kata beliau kalau di dapurnya ada panci yang gosong, berarti calon pasangan kita itu orang yang jorok. Jadi lebih baik ditinggalkan saja, cari calon yang baru.

Tentu saja, kami satu ruang kuliah terbahak-bahak dong, secara apakah sampai segitunya ya kalau mau cari pasangan harus cek dapur segala?

Nah, beliau juga berpesan kepada kami jika sudah berkeluarga maka seyogyanya dapur harus bersih. Karena kata beliau bahwa kesehatan yang ada pada diri kita saat ini juga ada kaitannya dengan dapur yang bersih lho. Jika dapur kita saja jorok, apalagi pancinya gosong itu tentu saja menjadi sumber penyakit dan bisa menjadi masalah pada organ pencernaan makanan kita.

Panci gosong menandakan si empunya tidak memperhatikan masalah kebersihan peralatan dapur. Serta menandakan bahwa orangnya juga jorok, tidak memperhatikan kebersihan alat serta higienitas makanan yang diolah. Apa yang masuk di dalam tubuh harus diperhatikan bagaimana kebersihan alat serta proses mengolah/memasaknya. Begitulah kira-kira pesan yang sampai sekarang selalu saya ingat dan sarat penuh makna.

Dan kalau saya sedang ingat kisah pantat panci gosong ini kadang senyum-senyum sendiri.*

Mengulik “Pantat Panci Gosong”

Menurut sepengelihatan, saya masih sering menyaksikan dapur-dapur rumah tetangga yang masih mempunyai pantat panci gosong. Penyebabnya macam-macam bisa karena kurang peduli dengan kebersihan peralatan dapur, atau memang memasaknya masih menggunakan kayu bakar. Bahkan menggunakan kompor gas saja peluang panci gosong masih bisa saja terjadi jika bahan pelapis panci mudah korosif, atau mudah gosong.

Terkadang jika mencuci pantat panci kurang bersih juga bisa menjadi faktor mengapa pantat panci menjadi gosong dan kadang bisa berkerak lho.

Selain itu, panci yang tidak berbahan stainless steel biasanya lebih rawan terhadap kemungkinan korosif, karatan, mudah gosong, dan lain sebagainya.

Saya juga pernah mendengar ucapan dari nenek saya yang tinggal di desa bahwa konon mencuci pantat panci yang gosong bisa membuat pantat panci cepat bocor. Jadi, dengan alasan inilah terkadang orang enggan mencuci pantat pancinya sehingga dibiarkan gosong.

Nah, jika di dapurmu masih ada pantat panci yang gosong, jadi mulai sekarang jangan lupa untuk selalu dibersihkan ya?

Tips Mencegah Agar Pantat Panci Tidak Gosong

Memiliki panci dan peralatan dapur yang bersih tentu menjadi harapan semua orang termasuk saya.

Panci yang bersih mengkilat tentu saja layak untuk dipakai dan untuk memasak sayur, membuat bubur, merebus air minum dan lain sebagainya.

Jika seumpama panci dan peralatan memasak lainnya masih gosong menurut saya kurang layak pakai ya. Karena saya menganut prinsip bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman dan realisasinya ada dalam slogan mens sana in corpore sano yang dicetuskan oleh seorang sastra pujangga Romawi, Decimus Iunius Juvenalis, pada karya bertajuk Satire X, sekitar abad kedua Masehi silam.

Mens sana in corpore sano merupakan slogan ajakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat. Dan untuk mencapai itu semua tentu tidak terlepas dari pepatah yang menyebutkan ”Tell me what you eat and i will tell you what you are”. Jadi, peralatan dapur yang bersih itu penting lho karena berkaitan dengan makanan yang diolah dan yang akan dimakan sehingga mampu memberikan kesehatan tubuh baik itu jasmani dan rohani seseorang.

Untuk mendapatkan perabotan dapur yang bersih dan anti gosong, maka ada beberapa tips di bawah ini yakni:

  • Sehabis digunakan, sebaiknya panci langsung dicuci menggunakan sabun pencuci peralatan dapur;
  • Gunakan jeruk nipis, air soda, minyak sayur, cuka, atau abu gosok untuk mencuci pantat panci yang gosong;
  • Membeli produk panci serta peralatan dapur yang anti gosong berbahan stainless steel atau alumunium sehingga mudah dibersihkan.

Tidak Perlu Cemas Karena Pantat Panci Gosong, Karena Kini Ada Produk Panci Anti Gosong Dari Modena

Bener lho kalau dapur kita ada peralatan panci yang gosong terkesan tidak enak dilihat ya khan?. Apalagi kalau ada calon pasangan yang datang berkunjung ke rumah kita dan menyaksikan drama pantat panci gosong yang nyangkut di tembok dapur. Pastinya kita akan malu sekali. Tentunya calon pasangan kita yang berpikir kritis mungkin akan menganggap bahwa diri kita adalah orang yang jorok.

Makainya, sampai saat ini saya sendiri selalu waspada jika ada orang yang berkunjung atau cek dapur. Tidak peduli itu siapa, bahkan teman yang datang ke rumah pokoknya dapur harus bersih. Pastinya, jangan sampai ada panci yang gosong.

Nah, jika takut nanti dicap jorok oleh teman, saudara atau calon pasangan karena ketika mengecek dapur kita melihat ada panci yang gosong, maka teman-teman dipersilakan mencoba produk panci anti gosong dari Modena. Karena produk-produk peralatan rumah tangga dari Modena ini sangat keren, mumpuni, unggul dan sudah terpercaya di seluruh Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan produk-produk yang dikeluarkan oleh Modena sudah tersertifikasi dan mendapatkan berbagai penghargaan serta best brand award dari lembaga independen sebagai merek yang terpercaya.

NomorJenis Pencapaian Terbaik
1.Modena memenangkan penghargaan multilple dari perusahaan riset internasional GfK sejak 2010 sebagai konsumen nomor satu dalam kategori produk Built-in Hob, Built-in Oven, Freestanding Cooker dan Exhaust Hood, dengan lebih dari separuh pangsa pasar di Indonesia.
2.Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 – 2015 oleh TUV Rheinland dan implementasi Lean Six Sigma secara konsisten untuk mencapai sistem dan prosedur operasional yang tangguh.
3.Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh MARS (pemegang lisensi eksklusif American Customer Satisfaction Index di Indonesia), Modena telah berhasil dipilih sebagai satu-satunya merek cooker yang mendapatkan Standar Kepuasan Pelanggan Global Bintang 5 (STAR) untuk kategori kompor di Indonesia. Prestasi tersebut meliputi indeks kepuasan pelanggan tertinggi (CSI) terhadap ekspektasi pelanggan, loyalitas pelanggan, perceived quality dan perceived value.
4.Modena berhasil memenangkan Indonesian Best Brand Award untuk kategori hob built-in.

Tak hanya itu saja, produk-produk dan panci anti gosong dari Modena ini mumpuni untuk kegiatan masak memasak selama menghadapi kebiasaan baru (new normal). Selain itu, bahan dasar pancinya dari bahan premium di kelasnya sehingga awet dan tidak mudah gosong, serta mudah dibersihkan.

Karena disaat adaptasi kebiasaan baru, perilaku hidup bersih penting diterapkan tidak hanya sebatas cuci tangan saja, tapi juga harus membersihkan peralatan dapur, termasuk panci dan lain sebagainya. Sehingga peralatan dapur menjadi bersih terbebas bakteri, jamur, maupun virus.

Tersedia beberapa jenis panci anti gosongnya seperti panci masak Modena ZQ 1802 Waldemar, Modena Edelmar – ZC 2251, Modena ZQ 1851 Edelmar (warna Rose Gold), dan Modena ZC-2030 Reinmar.

#1 Panci Masak Modena ZQ 1802 Waldemar

Panci anti gosong Modena ZQ 1802 Waldemar ini mempunyai bentuk yang unik dan menarik serta berfungsi untuk menunjang aktivitas masak-memasak selama new normal seperti memasak sayuran berbuah, memasak bubur pendamping ASI (MPASI bayi), menanak nasi, memasak cuka empek-empek, dan multifungsi lainnya. Panci unik dan modern ini berbahan stainless steel sehingga tidak mudah gosong atau karatan. Dibandrol dengan harga kisaran Rp.800.000,-/unit dan tersedia warna silver.

Fitur-fitur yang tersedia dari panci ini yakni sauce pan, stainless steel color, titanium stainless steel, magnetic titanium stainless steel, mirror aluminum inside, dan induction bottom. Adapun untuk spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  • Body Thickness (2 mm);
  • Bottom Thickness (2 mm);
  • Capacity 0.5 – 1.5 L;
  • Dimension 180 X 90 mm.

#2 Panci Modena Edelmar – ZC 2251

Panci Modena Eldemar ZC 2251 ini merupakan jenis panci anti gosong karena berbahan stainless steel serta dapat digunakan selama adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat ini seperti untuk memasak tepung gasol untuk MPASI bayi, merebus air juga bisa, memasak sayur berkuah dan lain sebagainya.

Selain itu, panci jenis premium ini dibandrol dengan kisaran harga Rp.1.430.000,-/unit. Memiliki warna rose gold serta fitur unggulannya seperti casserole pan, rose gold color, magnetic copper stainless steel, stainless steel inside dan induction bottom.

Sementara itu, untuk spesifikasi dari panci jenis ini antara lain yakni:

  • Tri-ply compound steel;
  • Stainless steel handle;
  • Stainless steel LID;
  • Body thickness (2.5 mm);
  • Bottom thickness (2.5 mm);
  • Capacity 1.0 – 2.5 L;
  • Dimension 220 X 95 mm.

#3 Panci Modena ZQ 1851 Edelmar (Rose Gold)

Panci anti gosong jenis Modena ZQ 1851 Edelmar warna rose gold ini umumnya digunakan untuk memasak sayur sup, memasak kuah soto, memasak bubur, dan lain sebagainya. Produk satu ini dibandrol dengan harga kisaran mulai Rp.935.000,-/unit. Mempunyai fitur unggulan seperti:

  • Sauce pan;
  • Rose gold color;
  • Magnetic copper stainless steel;
  • Stainless steel inside;
  • Induction bottom.

Serta mempunyai spesifikasi yang mumpuni seperti:

  • Tri-ply compound steel;
  • Stainless steel handle;
  • Stainless steel lid;
  • Body thickness 2.5 mm;
  • Bottom thickness 2.5 mm;
  • Capacity 0.5 – 1.5 L;
  • Dimension 180 x 65 mm.

#4 Panci Modena ZC-2030 Reinmar

Panci anti gosong Modena ZC-2030 Reinmar ini merupakan panci yang terbuat dari bahan die casting alumunium, bakelite handle dan cast aluminium LID yang didesain portable dan ringan sehingga nyaman untuk digunakan. Idealnya digunakan untuk memasak sup, sayur, bubur MPASI bayi dan lain sebagainya.

Panci ini mempunyai bentuk yang unik, tersedia warna vintage green dan dibandrol dengan harga mulai dari Rp.485.000,-/unit.

Fitur-fitur pada produk panci jenis ini mempunyai spesifikasi antara lain sebagai berikut:

  • Body thickness : 3.2 mm;
  • Bottom thickness :  4.2 mm;
  • Capacity : 2.7 L;
  • Dimesin : 200 X 105 mm;
  • Die casting alumunium;
  • Bakelite handle;
  • Cast alumunium LID;
  • Jenis : casserole;
  • Vintage green;
  • Magnetic marble alumunium;
  • White marble inside coating;
  • Bottom induction;

Selain produk panci anti gosong, ada beberapa jenis poduk unggulan dari Modena lainnya yang patut dicoba untuk menunjang new normal agar hidup tetap sehat dan berkualitas diantaranya adalah sebagai berikut:

No.Nama Produk ModenaSpesifikasi dan Kisaran HargaKegunaan
1.Vacuum Blender MODENA Fitur: One Touch Smart Vacuum System, sehingga hanya dengan satu sentuhan untuk pengoperasian yang lebih mudah, serta dilengkapi  empat menu otomatis yakni CRUSH, CLEAN, SAUCE, Vacuum + JUICE.

Harga: mulai dari Rp.2.400.000,- s/d Rp.4.400.000,-
Produk blender ini berguna untuk membuat jus buah, smoothies, sorbet, saus hingga makanan pendamping ASI (MPASI) bayi.
2.Mesin Cuci MODENA Calma Fitur: Ergodrum, yaitu tabung cuci yang ramah terhadap pakaian sehingga tidak akan mempengaruhi struktur serat pada kain. Mesin cuci kapasitas 11 kilogram ini juga dilengkapi fitur Power-Off Memory. Fitur tersebut bisa mengatasi interupsi di tengah-tengah proses pencucian, seperti mati listrik atau ingin menambah pakaian lain.
Kita tinggal menekan tombol untuk menghentikan proses, lalu memasukkan pakaian kotor. Proses pencucian akan berlanjut tanpa mengulang dari awal.
Sementara dari sisi estetika, Modena tipe Calma WD 1157 berwarna Titanium ini mampu menambah kesan elegan pada interior ruang cuci. Dengan LED Display yang ditaman sebagai pusat kendali layar sentuh, tak hanya memudahkan pengoperasian namun menyuguhkan kesan modern. 

Harga: mulai dari Rp.8.000.000,-
Sebagai mesin cuci terbaik untuk membuat pakaian menjadi bersih, steril, dan terbebas dari virus
3.Dispenser Bio Pad  Fitur: Water Dispenser MODENA Salutare tersedia dengan tipe DD 7181 L sendiri dibuat dari material food grade dan tangki anti karat. Dipilih sebagai jaminan akan keamanan dan kebersihan air minum yang dihasilkan. Selain itu, ditanamkannya bottom load system memberi kemudahan pada saat mengganti galon air. Sedangkan fitur child lock menjadi proteksi tersendiri ketika produk diakses oleh anak-anak. 

Harga: mulai dari Rp.5.000.000,-
Mengubah air minum biasa menjadi air minum hexagonal sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh di masa new normal saat ini.
4.Kulkas Smart Sensor Fitur: Smart sensor, Intelligent Compressor, Multiflow Cooling System, Fresh Keeper, teknologi LTC Sterilization, teknologi inverter.

Harga: mulai dari Rp. 10.000.000 s/d Rp.25.000.000,-
Membuat kinerja lemari es lebih optimal sehingga suhu lemari es lebih stabil, mencegah turunnya nilai gizi pada bahan makanan yang disimpan, serta sekaligus menjamin bahan makanan dan minuman lebih higienis terbebas dari jamur, bakteri, virus serta menetralisir bau tidak sedap.

5.Multi Washer MODENA  Fitur: Modena Multi Washer Memiliki beberapa produk unggulannya dimulai dari seri yang dikhususkan untuk mengakomodir aktivitas harian selama adaptasi kebiasaan baru (new normal) seperti:

(1) Multi Washer MODENA WS 1020 G. Produk terbaik ini memiliki fitur dengan berkapasitas 2 place setting. Juga dilengkapi program Baby Care yaitu program pencucian khusus peralatan makan dan botol bayi. Disempurnakan dengan fitur Steam Function, yaitu penggunaan uap panas untuk memastikan peralatan makan bayi lebih steril.
Selain itu, Multi Washer MODENA WS 1020 G ini juga memiliki program Fruit Wash yang mampu mencuci buah untuk menghilangkan kotoran maupun pestisida yang masih menempel. Dan yang laing istimewa bahwa, Multi Washer MODENA WS 1020 G ini memiliki tangki air sehingga dapat digunakan tanpa instalasi. Pengguna cukup menuangkan air ke dalam tangki dan produk siap digunakan.

(2). MODENA WP 2060 S, mempunyai kapasitas 6 place setting. Dishwasher semi built-in ini memiliki keunggulan Self Cleaning, yaitu program pencucian otomatis untuk membersihkan ruang dalam, agar tetap higienis dan terbebas dari kuman, virus maupun jamur. Selain itu, MODENA WP 2060 S juga dilengkapi program Extra Dry yang memungkinkan pengguna tidak perlu lagi menggunakan lap untuk mengeringkan peranti makan, sehingga lebih aman dari paparan virus, jamur maupun bakteri. Untuk fitur keamanan, maka dilengkapi dengan Child Lock.

(3). Tipe terakhir adalah MODENA WP 7121 S yang memiliki kapasitas paling besar dengan 14 place setting, sehingga sesuai untuk rumah tangga dengan jumlah anggota keluarga banyak. Memiliki keistimewaan Dual Wash yaitu keranjang cuci yang dipisah menjadi dua dan dapat melakukan proses pencucian secara independen. Dengan demikian maka dapat menghemat energi ketika muatan cucian hanya sedikit. Dilengkapi juga dengan tombol Child Lock, sehingga aman ketika produk diakses oleh anak – anak ataupun tombol tak sengaja tersentuh.

Harga: mulai dari Rp.6.000.000 s/d Rp.9.000.000,-
Multi washer dari Modena ini secara umum mempunyai kegunaan untuk pencucian botol dan peralatan makanan bayi, pencucian otomatis untuk membersihkan ruang dalam agar tetap higienis, mengeringkan peranti makan sehingga aman dari paparan bakteri, jamur dan virus.

Sebagai informasi tambahan bahwa jika kita sudah mempunyai produk Modena yang versi lawas, maka kita bisa menukar dengan produk baru Modena sejenis dan dapatkan diskon khusus sampai dengan 30%. Caranya mudah banget! ikuti panduan berikut ini ya:

  • Silakan kunjungi website Modena (klik link ini), isi form program Trade In dan sertakan foto produk lama kamu;
  • Tim Modena akan meninjau informasi yang sudah kamu berikan dan mengirimkan kode promo ke email kamu;
  • Gunakanlah kode promo tersebut saat melakukan check out;
  • Produk yang kamu beli harus dalam kategori yang sama dengan produk lama yang akan ditukar;
  • Pastikan produk lama kamu sudah siap ditukar saat tim Modena melakukan pengantaran produk baru.

Untuk informasi lain tentang produk-produk Modena, silakan bisa hubungi beberapa platform berikut:

Penutup:

Membiasakan hidup sehat di masa new normal saat ini memang penting dilakukan, termasuk menjaga kebersihan peralatan dapur. Ingat bahwa kesehatan yang kita miliki saat ini tergantung dari alat dapur serta cara mengolah bahan makanannya apakah higienis atau tidak.

Untuk ibu-ibu rumah tangga ataupun calon pasangan yang akan segera menikah saat setelah pandemi corona berakhir, maka tidak ada salahnya untuk bersiap-siap mencoba produk-produk dari Modena untuk menunjang kehidupan rumah tangga yang smart living. Karena banyak sekali manfaat dan kegunaan jika memiliki produk rumah tangga dari Modena. Salah satunya adalah panci anti gosongnya yang mumpuni agar peralatan dapur tetap bersih dan higienis di masa adaptasi baru new normal.

Dengan mencoba produk-produk peralatan rumah tangga dari Modena, maka tidak perlu khawatir jika pantat pancinya akan gosong karena kualitas panci dan produk lainnya dari Modena sangat mumpuni.

Sumber Referensi Bacaan:

Artikel ini diikutsertakan dalam Live Healthy be Happy Blog Competition yang diselenggarakan oleh Modena dan Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN). Kamu juga bisa ikutan juga lho kompetisi ini, ayo buruan sebelum penutupan pendaftaran.

8 Comments

  1. Adhy Suryadi Adhy Suryadi 4 Agustus 2020

    Pembahasannya oke mas. Menambah wawasan sy tentang rupanya panci yang gosong mempengaruhi kesehatan juga ya. Harus ngingetin keluarga nih akan pentingnya dapur dan peralatan yg bersih,,

    • Wahid Priyono, S.Pd. Wahid Priyono, S.Pd. Post author | 4 Agustus 2020

      Wew mas Adhy muncul. Iya mas. Thanks ya sudah baca tulisan saya. Dan memang begitu penting menjaga dapur agar tetap bersih. Apalagi kalo ada panci gosong nyantol di tembok dapur, hmmm….jadi banyak lukisan yang indah ya hehe.. Mudah2an artikel yang saya tulis bisa berguna bagi semua pembaca web saya ini. πŸ˜€

  2. Bilqis Bundanya Hilda Bilqis Bundanya Hilda 4 Agustus 2020

    Terimakasih mas wahid atas tulisan artikelnya. Sharinya oke banget. Berbobot sekali dan saya jadi malu masih ada panci yg gosong di dapur. Wkwkwk. Memang betul sih kebersihan dapur itu menentukan kesehatan keluarga. Dapur bersih juga sebagai penentu hieginitas makanan yg diolah.

    • Wahid Priyono, S.Pd. Wahid Priyono, S.Pd. Post author | 4 Agustus 2020

      Hallo bunda. Iya kebersihan dapur penting sekali dijaga. Karena yang saya pelajari bahwa dapur bersih juga mempengaruhi banyak hal terutama agar makanan sehat dan bersih. Dan rekomendasi saya coba pakai Modena dijamin alat2 dapurnya terbebas dari gosong…hehe

  3. Indri L. Indri L. 4 Agustus 2020

    Jika ingat panci gosong, saya jadi ingat pas pertama kali tinggal di Yogya. Waktu itu kami masih hidup seadanya. Thanks mas wahid sudah mengingatkan pentingnya dapur bersih. πŸ™‚

  4. Yustrini Yustrini 31 Juli 2020

    Wuah, sedrama itukah memilih jodoh sampai cek dapur segala? Tampaknya pantat panci gosong susah dihindari karena lama-lama kalo dipakai kan berkerak. Dilihat memang ga bersih. Amannya beli produk panci anti gosong punya Modena ini. Warnanya juga bagus-bagus dan elegan.

    https://www.catatanyustrini.com/

    • Wahid Priyono, S.Pd. Wahid Priyono, S.Pd. Post author | 31 Juli 2020

      Iya mbak. Makainya itu untuk mencegah “pantat pancinya” biar tetap bersih dan tidak gosong maka harus rajin dibersihkan setelah dipakai. Dan betul produk Modena bisa menjadi pilihan tepat agar memasak lebih nyaman, bersih dan higienis. Thanks ya mbak Yus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *