Menu Tutup

5 Tanda-Tanda Jika Bayi Sudah Kenyang Makan MPASI

Menu Tunggal MPASI Puree Jagung Manis untuk Bayi umur 6 Bulan Day 6 Pagi

Sebagai seorang bunda, memahami dan mengerti secara psikologis bahwa anak/si kecil sudah kenyang makan MPASI harus dipahami secara bijak. Jangan sampai makanan pendamping (MPASI) terlalu berlebihan diberikan ke bayi, bahkan sampai bayi memuntahkan makanan yang diberikan.

Tanda yang bisa bunda perhatikan jika bayi sudah kenyang makan MPASI diantaranya adalah:

  • Bayi sungkan dan menolak makanan masuk ke mulutnya jika sesendok makanan MPASI didekatkan pada mulutnya, sekalipun mulutnya kosong;
  • Bayi duduk bersandar di kursi dan nampak tidak bersemangat seperti pertama kali akan makan;
  • Mulai bermain-main dengan makanan yang diberikan;
  • Memalingkan wajah dari makanan;
  • Seperti ada kerutan kecil di kening di bagian wajah yang menandakan reaksi penolakan. Pada beberapa bayi, biasanya disertai dengan tangisan.

Ketika tanda-tanda di atas terlihat, sebaiknya bunda tidak lagi memaksakan si kecil untuk menghabiskan porsi makanan MPASI yang tersisa. Jika bunda memaksakan si kecil untuk makan, maka si kecil tersebut akan memiliki pengalaman tak menyenangkan dan berpotensi mengembangkan prilaku sulit saat makan.

Oleh sebab itu, penting juga saat membuat menu MPASI, sebaiknya dilakukan dengan secukupnya saja untuk menghindari pemborosan dan menyia-nyiakan makanan yang terkadang dibuang begitu saja.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *