Mencuci Sesuai Bahan Agar Tetap Lembut

royalebysoklin.com
royalebysoklin.com

Mencuci pakaian tidak boleh asal sembarangan saja. Bukannya menjadi bersih dan wangi, jika salah melakukannya malah berakhir kusut dan kasar serta membuat pakaian tidak tahan lama. Berikut ini beberapa cara mencuci pakaian sesuai dengan bahannya:

#1 Cara mencuci baju berbahan denim

Bahan denim umumnya dijadikan celana, namun tidak sedikit juga baju berbahan denim. Cara mencuci baju berbahan denim yang paling tepat adalah bersihkan dulu noda yang paling terlihat seperti noda makanan atau cipratan lumpur. Sikatlah dalam satu arah atau kucek menggunakan sabun. Setelah noda menghilang, barulah kucek denim secara keseluruhan.

Read More

Jika menggunakan mesin cuci, pastikan untuk menambah kecepatan mesin cuci dan jangan isi mesin cuci terlalu penuh karena bahan denim tergolong berat.

#2 Cara mencuci baju berbahan katun

Baju dengan bahan katun merupakan favorit semua orang. Bahannya adem, menyerap keringat, dan nyaman di kulit. Tapi apakah semua orang tahu cara mencuci baju berbahan katun? Cara mencuci baju berbahan katun yang paling tepat adalah memisahkan warna pakaian terutama yang hitam dan putih karena seringkali mengalami luntur jika kualitasnya kurang bagus.

Cucilah menggunakan air biasa supaya ukuran dan bentuk baju berbahan katun tidak mudah berubah. Ketika memeras, jangan terlalu kencang karena bisa membuat serat-serat kainnya rusak.

#3 Cara mencuci baju berbahan nilon

Bahan nilon bisa dikatakan cukup sensitif dengan noda dan bahan kimia. Cara mencuci baju berbahan nilon yang bisa kamu terapkan supaya lebih awet adalah memisahkannya dengan baju berwarna lain. Dengan demikian, baju berbahan nilon tidak akan kelunturan.

Pemilihan sabun cuci pun tidak boleh sembarangan. Hindari sabun cuci baju yang mengandung klorin. Kalau mau lebih aman, cara mencuci baju berbahan nilon menggunakan sabun mandi bisa kamu coba di rumah.

#4 Cara mencuci baju berbahan wol

Baju berbahan wol sangat digemari karena bahannya mampu menghangatkan tubuh di saat suhu udara rendah. Seratnya juga begitu lembut pada kulit. Tapi, cara mencuci baju yang satu ini cukup sulit dan harus dilakukan dengan hati-hati agar seratnya tetap terjaga dan tidak menjadi melar atau berubah bentuk.

Pertama-tama, rendam dulu baju wol menggunakan air dingin. Jika ada noda menempel, kuceklah secara perlahan. Jangan pernah menyikatnya. Jika ingin menggunakan mesin cuci, pastikan sudah menyetel mode yang paling ringan atau lembut.

Dalam cara mencuci baju wol, memerasnya secara berlebihan tidak disarankan karena akan membuatnya mudah melar. Biasakan untuk meremas-remas baju secara lembut dan perlahan untuk mengeluarkan air.

#5 Cara mencuci baju berbahan sutra

Bahan sutra memang terkenal mahal, namun sifatnya cukup sensitif untuk urusan cuci-mencuci. Cara mencuci baju berbahan sutra terbaik adalah dengan dry clean atau menggunakan tangan.

Saat menerapkan cara mencuci baju sutra, rendamlah dalam air sabun dingin tanpa disikat atau dikucek. Jika ada noda, tidak perlu menguceknya secara berlebihan. Sutera tidak menyerap air, sehingga kamu hanya perlu meniriskannya saja.

Kamu bisa menambahkan pelembut pakaian yang aman agar pakaian bertambah lembut. Cobalah gunakan pewangi dari royale by soklin. Menurut royalebysoklin.com tidak hanya melembutkan pakaian tapi juga membuat pakaian wangi. Aromanya yang mewah seperti parfum mahal dan juga awet menempel di pakaian.

Related posts