Tips Memilih Pompa ASI Elektrik Terbaik Yang Harus Bunda Ketahui

Pompa ASI Elektrik Terbaik
Pompa ASI Elektrik Terbaik (Sumber Referensi: https://ceklist.id/23326/pompa-asi-elektrik-terbaik/)

Apa Itu Pompa ASI?

Pompa ASI atau biasanya disebut sebagai pompa payudara yaitu sebuah alat mekanika  yang dipakai oleh ibu menyusui guna mengeluarkan ASI dari kelenjar susu mereka. Selain itu, pompa merupakan perlengkapan menyusui bagi seorang ibu yang bekerja atau sering bepergian. Karena dengan bantuan alat pompa ASI atau breast pump, Mommy bisa terus memastikan bayi mendapat ASI eksklusif tanpa takut terhalang jarak.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Pompa ASI?

1. Meningkatkan produksi air susu

Read More

Cara melancarkan ASI yaitu dengan selalu mengeluarkan air susu segera dari payudara. Sebab, bila ASI sudah terasa “kosong”, maka tubuh pun segera memproduksi ASI agar suplai ASI tetap berjalan. Jadi, semakin sering Mommy memompa ASI, payudara akan cepat kosong dan semakin banyak pula air susu baru yang diproduksi.

2. Mencegah pembengkakan payudara

Saat bayi selesai menyusui, tidak jarang suplai ASI langsung bertambah lagi. Bila ingin diberikan pada bayi, terkadang ia masih kenyang sehingga menolak ASI.  Jadi, ASI pun akan terasa penuh di payudara dan menyebabkan payudara membengkak. Untuk menghindarinya, Mommy bisa segera memompa ASI.

3. Mencukupi kebutuhan ASI bayi yang sulit menyusui langsung

Ada beberapa kondisi yang membuat bayi tidak bisa menyusui langsung, salah satunya yaitu bayi prematur. Bayi prematur diketahui cenderung memiliki masalah kesulitan mengisap payudara dan menelan ASI dengan baik. Padahal, bayi prematur sangat membutuhkan ASI karena mereka lebih rentan mengalami infeksi.

Sumber: https://ceklist.id/23326/pompa-asi-elektrik-terbaik/

Suatu kandungan pada ASI mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terlindungi dari infeksi. Tidak hanya pada bayi prematur, ada beberapa kondisi bayi yang menyulitkan untuk menyusui dari payudara langsung, seperti tongue-tie, lip-tie, dan bibir sumbing.

Apa Saja Tips Memilih Pompa ASI Elektrik yang Bagus?

  • Perhatikan metode pemompaannya;
  • Single Pump (hanya satu payudara saja), ideal untuk pemakaian occasional dan tidak terus menerus. Bila Mommy sering menggunakan jenis ini, maka tangan Mommy akan menjadi cepat lelah dan efektivitas berkurang;
  • Double Alternating Pumps (memompa 2 payudara secara bergantian), menstimulasi ASI lebih baik daripada Single Pump;
  • Double Simoultaneous Pumps (memompa 2 payudara secara bersamaan), waktu pemompaan menjadi lebih cepat dan dapat menstimulasi ASI untuk memproduksi lebih banyak;
  • Efektivitas penghisapan. Pilih breast pump yang memiliki daya hisap 45-55 kali sebanyak 0-250 mmHg karena normalnya bayi menghisap sebanyak itu dalam semenit. Pilih pula pompa ASI yang dapat diatur kekuatan hisapannya.
  • Daya tahan dan kenyamanan. Pilih bahan dan ukuran breast shield yang paling nyaman untuk Mommy.
  • Tingkat kebisingan. Cobalah terlebih dahulu pompa ASI yang Mommy hendak beli, carilah yang tidak menimbulkan kebisingan dan mengganggu sekitar Mommy dan si Kecil;
  • Daya. Perhatikan sumber energi yang dibutuhkan dan pilihlah sesuai kebutuhan Mommy. Pilihlah pompa ASI yang bisa menggunakan baterai cadangan disamping listrik, dan juga bisa memerah walaupun tidak ada baterai dan listrik;
  • Portabilitas. Perhatikan berat pompa ASI dan kemasan carrying case nya, agar mudah dibawa-bawa;
  • Kemudahan membersihkan botol ASI dengan baik;
  • Garansi. Pastikan pompa ASI yang Mommy pilih memiliki garansi dan suku cadang yang dapat dicari. Yang terpenting dari semuanya adalah breast pump sebaiknya digunakan untuk 1 orang saja, dan hindari menggunakan breast pump bekas. ASI dapat terkontaminasi bakteri dan virus yang dapat tertinggal di pompa ASI dan menularkannya kepada Mommy dan bayi.

Rekomendasi Pompa ASI Elektrik yang Bagus

ceklist.id menyediakan pompa asi elektrik yang dilengkapi dengan fitur canggih Mode memompa ASI dengan ritme hisap alami seperti kekuatan mulut bayi yang menyusui secara langsung dan dilengkapi dengan kabel USB sehingga memudahkan untuk mengisi daya saat bepergian. Pompa ASI elektrik juga dilengkapi dengan pengaturan level yang dapat disesuaikan selera serta tidak menimbulkan suara bising ketika digunakan.

Semoga para bunda dapat terbantu dengan adanya artikel ini ya. Jangan lupa like, share artikel ini supaya yang lain jadi tahu.

Related posts