Ibu Harus Tahu: Resep MPASI Harus Mengandung Gizi dan Nutrisi Yang Dibutuhkan Bayi

Bubur MPASI Bayi
Bubur MPASI Bayi

Sebagai seorang ibu, memberikan nutrisi/zat gizi pada bayi sangat penting sekali. Zat gizi/nutrisi tersebut setidaknya dapat diperoleh dari sumber makanan olahan sehari-hari.

Untuk bayi yang sudah berumur 6 bulan (pertama kali MPASI), maka seorang ibu penting sekali untuk memberikan MPASI sebagai cara untuk memperkenalkan si kecil dengan makanan tambahan.

Read More

MPASI diberikan pada bayi bertujuan untuk memberikan kecukupan nutrisi/zat gizi harian untuk bayi, sehingga dapat mendukung tumbuh-kembang mereka menjadi lebih baik.

Sebenarnya masalah gizi buruk, stunting dapat dicegah sedini mungkin oleh seorang ibu, caranya yaitu dengan pemberian MPASI sejak mereka berumur 6 bulan.

MPASI sebagai makanan pendamping bayi ini penting diberikan. Namun, tetap harus berkonsultasi dengan dokter. Karena pemberian MPASI yang tidak sesuai prosedur, tentu bisa membuat masalah sendiri pada bayi.

Pemberian MPASI juga harus didasarkan pada umur bayi. Untuk bayi yang masih pertama kali MPASI (usia 6 bulan), maka bisa diberikan MPASI yang masih cair, seperti buah yang di jus, atau untuk bayi yang berusia di atasnya, maka bisa diberikan menu MPASI yang teksturnya lembut, sedikit kental dan kental. Bahkan untuk bayi yang berusia di atas 1 tahun, bisa sedikit demi sedikit diberikan MPASI dengan tekstur makanan sedikit padat.

Menu olahan untuk MPASI bayi ini tentunya bisa diperoleh dari berbagai macam jenis sayur mayur, olahan buah-buahan, lauk-pauk, bahan makanan pokok seperti ketela, ubi jalar, dan yang lainnya. Tentunya seorang ibu harus pintar mengolah makanan ini sedemikian rupa sehingga mampu memberikan nutrisi/zat gizi tambahan untuk bayi.

Penting juga diingat bahwa untuk sumber nutrisi/zat gizi ini juga harus mencakup sumber karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin maupun mineral.

Related posts