Home / Resep MPASI Bayi / Cara Mengolah Buah Apel dan PIR untuk MPASI Bayi/Anak Umur 6,7,8,9 Bulan
5 September, 2018

Cara Mengolah Buah Apel dan PIR untuk MPASI Bayi/Anak Umur 6,7,8,9 Bulan

Posted in : Resep MPASI Bayi on by : Ny. Juzsi Aldeska Tag:

Buah apel dan pear/pir merupakan jenis buah-buahan yang paling mudah ditemukan di sekitar kita. Harga buah apel cukup terjangkau. Banyak dijual di pasaran, mall, supermarket, dan toko-toko buah di pinggir jalan. Buah apel juga sering dijadikan sebagai buah untuk makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi/anak usia 6,7,8,9 bulan.

MPASI buah apel dan pir memang paling disukai oleh bayi/balita/anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Rasa buah yang manis juga menjadi alasan mengapa buah ini paling disukai oleh bayi dan anak-anak. MPASI buah apel juga jarang sekali menyebabkan bayi/balita/anak-anak mengalami alergi, diare, bahkan sulit makan.

Resep MPASI Bayi Pure Apel Lezat dan Bergizi

Resep MPASI Bayi Pure Apel Lezat dan Bergizi

Untuk mengolah buah apel menjadi MPASI tentu sangat mudah dilakukan, namun bagi anda yang baru saja menjadi ibu muda mungkin masih mencari caranya. Dan sangat beruntung anda menemukan artikel di blog resepmpasi.com ini.

Baiklah, saya akan membagikan pengalaman tentang cara yang pernah saya lakukan waktu membuatkan MPASI dari buah apel dan pear untuk bayi saya yang berumur 6 – 9 bulan.

  1. Pilih Buah Apel dan PIR yang Berkualitas

Memilih buah apel yang tepat untuk MPASI bayi tentu harus dilakukan. Buah apel yang paling sering dijadikan MPASI bayi adalah buah apel yang berwarna merah dan hindari buah apel yang tekstur kulitnya berkerut. Berikut ini ada 10 jenis buah apel yang bagus untuk dijadikan MPASI bayi seperti:

  • Red delicious;
  • Fuji;
  • Roma;
  • Empire;
  • Gala;
  • Braeburn;
  • Golden delicious;
  • Honeycrisp;
  • Apel manalagi (jenis apel lokal);
  • Apel malang (jenis apel lokal);

Sementara itu, untuk pir yang berkualitas tinggi dan bagus untuk MPASI bayi yaitu buah pir cina (buah pir Xiang Lie). Buah pir cina ini cukup keras tekstur dagingnya, sehingga perlu dikukus.

Resep MPASI Bayi Pure Buah Pir

Resep MPASI Bayi Pure Buah Pir

2. Kukus Buah Apel dan PIR untuk MPASI bayi

Buah apel memiliki daging yang cukup keras, dan tentunya tidak bisa langsung dibuat jus, namun harus terlebih dahulu dikukus. MPASI bayi dari bahan apel memang sebaiknya dikukus, agar mudah ditelan dan dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Sistem pencernaan bayi terutama yang berumur 6 – 10 bulan masih dalam tahap belajar jadi belum semampunya mencerna makanan yang terlalu padat (keras). Sehingga tekstur makanannya harus dihaluskan terlebih dahulu, yaitu dengan cara dikukus. Untuk mengukus buah apel dan pir anda bisa ikut cara pada artikel berikut, klik: Cara Mengukus Buah Apel dan Pir untuk MPASI Bayi yang Baik dan Benar.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya bunda.