Home / Cara Penyajian MPASI / Berapa Lama Mengukus/Memasak/Merebus Bahan-Bahan MPASI?
18 Januari, 2019

Berapa Lama Mengukus/Memasak/Merebus Bahan-Bahan MPASI?

Posted in : Cara Penyajian MPASI on by : Wahid Priyono & Juzsi Aldeska Tag: , ,

Setiap bahan-bahan makanan yang akan dijadikan MPASI pasti memiliki karakteristik yang berbeda. Terutama saat akan membuat MPASI bayi, maka mengetahui resep MPASI penting dilakukan agar hasilnya lebih optimal. Bahan-bahan makanan yang akan dijadikan MPASI terdiri dari bahan yang keras dan bahan yang lunak. Sehingga dalam perlakuan kedua bahan tersebut pasti berbeda.

Untuk bahan-bahan MPASI yang teksturnya cukup keras, maka untuk menjadikannya lunak perlu terlebih dahulu dimasak/dikukus/direbus terlebih dahulu. Contohnya, buah apel, buah pear/pir, buah melon, nangka, jambu biji, daging, ikan, dan lain sebagainya. Perebusan buah dengan daging keras ditujuan supaya daging buah lebih lunak, mudah dihaluskan, dan aman bagi sistem pencernaan bayi. Dan untuk bahan MPASI yang cukup keras/sulit dihaluskan, maka lama mengukus/memasak/merebusnya bervariasi, kurang lebih 20 menit sampai benar-benar dagingnya empuk. Tapi bisa juga perebusan sesuai selera masing-masing bunda dan intinya bahan yang direbus harus mudah dihaluskan nantinya.

Cara Membuat MPASI banyak Fe zat besi

Cara Membuat MPASI banyak Fe zat besi dari bahan-bahan MPASI yang teksturnya lunak dan keras. (resepmpasi.com)

Untuk bahan-bahan MPASI yang teksturnya lunak, maka bisa langsung dihaluskan menggunakan slow cooker atau blender khusus untuk buah. Contoh bahan makanannya misalnya nasi, beberapa jenis buah seperti jeruk, nangka sabrang/sirsak, lemon, pepaya, pisang. Tekstur makanan pendamping ASI penting dijadikan lunak agar mampu diterima oleh lambung bayi. Sebab, pada masa program MPASI, sistem pencernaan bayi mau tidak mau harus beradaptasi/menyesuaikan dengan jenis makanan yang masuk ke lambungnya. Maka, cara terbaik yaitu menghaluskan terlebih dahulu bahan makanan yang akan dijadikan MPASI. Untuk bahan makanan yang lunak biasanya jarang dimasak, kalaupun perlu maka dipersilakan.  Silakan baca juga: Perlukah MPASI Buah Apel dan Pear Dimasak/Dikukus/Direbus?

error: Content is protected !!