Pentingnya Makan Sayur, Buah dan Kombinasi MPASI Untuk Bayi Agar Tetap Sehat dan Bugar

makanan begizi seimbang
makanan begizi seimbang

Saya tahu dan memahami bahwa sebagian besar bayi memang sangat sulit makan-makanan bersayur atau. Jika ini dibiarkan maka akan berbahaya bagi kesehatan bayi. Juga akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang, kesehatan serta akan menjadi kebiasaan anti sayuran hingga anak-anak bahkan saat dewasa nantinya.

Bayi sejak masih kecil/dini harus segera diperkenalkan dengan makanan olahan sayur-mayur atau buah, caranya dengan diperkenalkan pada menu pendamping ASI (MPASI).

Read More

Pada menu MPASI, para bunda/ibu bisa menambahkan sayur-mayur/buah-buahan apa saja ke dalam menu MPASI yang hendak dibuat. Sebagai contoh, jika ingin membuat olahan dari tepung, maka bisa tambahkan sayur-mayur yang dikombinasi lalu dihaluskan atau dipotong-potong lembut. Misalnya saat membuat bakwan untuk MPASI bayi, dan lainnya.

Adapun untuk jenis sayur mayur yang bagus untuk MPASI bayi misalnya adalah sawi, selada, brokoli, kembang kol, wortel, kubis, tauge/kecambah, kentang, tomat, waluh, oyong, dan lainnya.

Pastikan juga untuk memberikan olahan dari buah seperti jus buah apapun itu jenisnya, supaya bayi terbiasa dengan jenis-jenis buah-buahan yang ada saat ini. Ini efeknya akan berpengaruh kepada bayi di masa yang akan datang.

Sehingga bagi para bunda untuk tidak melewatkan pemberian aneka sayur-mayur dan buah pada menu/program MPASI bayi mulai dari umur 6 bulannya.

Pastikan juga bahwa ASI tetap diberikan pada bayi, karena ASI mengandung suatu zat imun yakni kolustrum yang bagus untuk meningkatkan imunitas bayi, baik selama menjadi bayi hingga dewasa dan tua nantinya.

Sekian, ulasan singkat yang ditulis, semoga bermanfaat dan jadi pengingat untuk kita semua. Silakan baca juga: Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan Penuh.

Related posts