HomeResep MPASI Bayi Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan Penuh

Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan Penuh

Posted in : Resep MPASI Bayi on by : Juzsi Aldeska Tag: ,

Daftar Menu MPASI Makanan Bayi 6 Bulan Selama Sebulan (30 Hari Penuh)

Hari 1  : Pisang kerok

Sebaiknya dimulai dengan buah-buahan. Karena karbohidrat seperti tepung beras itu cenderung bikin sembelit. Walau tidak terjadi pada semua bayi. Amannya pakai buah pisang kerok ajah. Indonesia banget kan hahaha. Konon katanya pisang juga anti sembelit dan jarang menyebabkan alergi.

Jenis pisangnya bisa pisang ambon, pisang muli atau pisang cavendis (bener gak ini nulisnya? Hehe).

Saran pemberian biar tidak terlalu kental tambahkan dengan ASI/susu formula secukupnya.

Diberikan sekitar pukul 8 atau 9 pagi. Senyamannya si ibu saja :). Satu kali sehari dulu sudah cukup. Ingat, ingat, ini baru hari pertama ;).

Soal porsi disesuaikan dengan anak masing-masing ya. Tentunya karena ini baru hari pertama ya kasih porsi wajar saja. Kalau pun tidak habis jangan panik atau buru-buru ke dokter hahaha :p.

Hari 2 : Pisang kerok

Ingat aturan pengenalan 3 hari untuk satu jenis makanan. Santai sih, anak bayi lho iniiiiiiii :D. Jadwal kalau bisa tetap sama di pukul 8 atau 9 pagi, sesuai kesediaan ibu saja :). Atau embak/simbok :p. Kalau anak terlihat doyan, bisalah porsinya ditambah.

Hari 3 : Ya pisang kerok lagiiiiiii hahahaha. Jadwal sama. Porsi bisa ditambah kalau adek bayi kayaknya makin getol ;).

Hari 4 : Alpukat. Pilih yang matang. Dikerok juga seperti pisang. Nanti dihaluskan dengan sendok juga bisa. Campurkan dengan ASI/susu formula secukupnya juga. Jangan tambahkan gula sih pastinya ;). Waktu makannya samakan saja ya, pukul 8 -9 pagi.

Hari 5 : Alpukat lagiiiii :D. Penyajiannya sama. Pengenalan alpukat hari ke-2 nih. Waktu pemberian sama.

Hari 6 : Alpukat dengan penyajian dan waktu pemberian yang sama. Porsi mungkin bisa berubah :). Buah-buahan ditaruh di awal untuk mencegah sembelit. Maklum dong ya, biasanya cuma nenen atau minum sufor, ini langkah pengenalan terhadap makanan padat. Potensi sembelit cukup risky.

Hari 7 : Sudah bisa dimulai dengan 2x makan. Sekalian pengenalan karbohidrat pertama.

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12 – 13 siang : berikan bubur oatmeal. Porsinya disesuaikan saja dengan si adek bayi. Pokoknya kalau baru awal-awal begini ya santaiiiiiii :D.

Oiya, ASI dan susu formula juga lanjut terus ya sesuai permintaan si adek bayi ;). Di sela-sela makan kalau minta juga ya tetap diberi :).

Hari 8 :

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat biar selang seling dengan pisang karena pengenalan 3 harinya sudah selesai :). Pukul 12-13 siang : bubur oatmeal. Ini adalah hari ke-2 pengenalan oatmeal jangan diganti dulu.

Hari 9 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Jangan bosan yaaaa. Menu makanan bayi 6 bulan ya begini ini :p. Pukul 12-13 siang : bubur oatmeal. Bubur oatmeal sudah 3 hari berturut-turut berarti selesai sudah *yayyyy* ^_^.  Saatnya ganti menu tuh.

face-1083872_640

Hari 10 :

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat. Pukul 12-13 siang : bubur nasi tim.

Hari 11 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12-13 siang : bubur tepung beras coklat. Porsinya mungkin sudah bisa ditambah bila adek bayi dirasa siap atau terlihat makin lahap makannya.

Hari 12 :

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat. Pukul 12-13 siang : bubur tepung beras coklat.

Hari 13 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12-13 siang : bubur nasi tim.

Hari 14 :

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat. Pukul 12-13 siang : bubur beras ketan. Bisa mulai divariasikan.

Hari 15 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12-13 siang : bubur kacang hijau yang dihaluskan lembut.

Hari 16 :

Yuk, mulai kenalkan dengan protein :).

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat. Pukul 12-13 siang : bubur kacang hijau

Hari 17 :

Pukul 8-9 pagi : berikan buah apel yang dikukus. Pukul 12-13 siang : bubur ikan patin.

Hari 18 :

Pukul 8-9 pagi : berikan buah apel yang dikukus. Pukul 12-13 siang : bubur ikan salmon.

Hari 19 :

Kenalkan buah baru misalnya apel. Dan makannya mungkin sudah bisa 3x :D.

Pukul 8-9 pagi : berikan apel kukus yang dilumat sampai lembek. Ingat ini bayi 6 bulan ya Kakaaaa :p. Belum sempat nih bikin resep puree apel. Resepnya bisa dibaca disini.

Pukul 12-13 : bubur jagung manis. Pukul 18-19 malam : bubur kacang hijau halus.

Hari 20 :

Pukul 8-9 pagi, apel kukus yang dilumat sampai lembut. Pukul 12-13 : nasi tim campur tahu yang dihaluskan. Pukul 18-19 malam : bubur beras ketan yang dihaluskan.

MPASI Bubur Teri Nasi untuk Bayi +6 Bulan 28 hari yang Lezat dan Bergizi

Hari 21 :

Sama dengan hari sebelumnya.

Pukul 8-9 pagi : berikan apel kukus yang dilumat sampai lembek. Ingat ini bayi 6 bulan ya Kakaaaa :p. Belum sempat nih bikin resep puree apel. Resepnya bisa dibaca disini.

Pukul 12-13 : bubur jagung manis. Pukul 18-19 malam : bubur kacang hijau halus.

Hari 22 : Kenalkan sayuran baru, brokoli/kembang kol.

Pukul 8-9 pagi, coba kasih pure pir yang dikukus (baca resepnya disini) ;). Pukul 12-13 : Bubur tepung gasol+kembang kol. Pukul 18-19 malam : bubur beras ketan hitam diberi brokoli.

Hari 23 :

Di hari ini mulai kombinasikan sayurnya kalau mau. Jangan risau soal masaknya. Masak satu-satu saja di tempat-tempat sendiri yang kecil-kecil itu taruh dalam freezer. Kalau mau makan baru dikeluarin dan dicampur di mangkoknya ;).

Pukul 8-9 pagi, pure alpukat. Pukul 12-13 : tepung beras coklat + puree wortel. Pukul 18-19 malam : oatmeal + puree wortel.

Hari 24 : Variasikan lagi menunya.

Pukul 8-9 pagi, berikan apel kukus. Pukul 12-13 : tepung beras coklat + puree wortel. Pukul 18-19 : puree wortel.

Hari 25 : perkenalan protein baru, ayam! Yaayyyyy, sedap, sedap, sedap hehehe.

Pukul 8-9 pagi, berikan pisang kerok. Pukul 12-13 : Pure nasi tim dicampur tahu yang disaring. Pukul 18-19 : pure nasi tim dengan kaldu ayam.

Hari 26 :

Pukul 8-9 pagi, berikan apel kukus. Pukul 12-13 : pure nasi tim kaldu ayam. Pukul 18-19 : pure nasi tim campur brokoli.

Hari 27 :

Pukul 8-9 pagi, berikan pure buah alpukat. Pukul 12-13 : oatmeal + puree wortel-ayam. Pukul 18-19 : nasi tim ayam yang dihaluskan. Saya kadang ngikut menu ideal food combining yang tidak mencampur protein hewani dengan karbohidrat. Kadang-kadang saja sih. Karena suami masih belum benar-benar sreg kalau diterapin ke anak-anak :).

Hari 28 : kenalkan sayuran baru, parsnip

Pukul 8-9 pagi, berikan pisang kerok. Pukul 12-13 : oatmeal + puree parsnip-wortel + puree tofu Pukul 18-19 : tepung beras coklat + puree zukini-ayam.

Hari 29 :

Pukul 8-9 pagi, berikan apel kukus. Pukul 12-13 : oatmeal + puree parsnip-zukini + puree tofu. Pukul 18-19 : tepung beras coklat + puree wortel-ayam.

Hari 30 :

Pukul 8-9 pagi, berikan alpukat. Pukul 12-13 : oatmeal + puree wortel-parsnip-ayam. Tinggal dicampur tiga-tiganya dengan cara yang sama dengan resep-resep sebelumnya.  Pukul 18-19 : puree parsnip-zukini-ayam. Selesai sudah 30 hari menu makanan bayi 6 bulan nyaaaaa *tepukTangan*.

Beres deh!

10  jenis makanan sudah diperkenalkan kepada adek bayi sebagai makanan bayi 6 bulan di awal ini  dengan kombinasinya masing-masing :

  1. Buah-buahan : pisang, alpukat, apel, pear/pir.
  2. Sayuran : zukini, wortel, parsnip, kembang kol/brokoli, wortel.
  3. Karbohidrat : oatmeal, tepung beras coklat, beras ketan, kacang hijau, beras.
  4. Protein : tahu dan ayam.

Tinggal dilanjut ke MPASI bulan berikutnya dengan tambahan pengenalan jenis makanan baru dan kombinasi yang lebih banyak tentunya ;). Semoga membantu ya contoh menu makanan bayi 6 bulan ini ;).

error: Content is protected !!