Home / Info MPASI Bayi / Dampak Negatif Buruk MPASI Dini Pada Bayi
19 September, 2018

Dampak Negatif Buruk MPASI Dini Pada Bayi

Posted in : Info MPASI Bayi on by : Ny. Juzsi Aldeska Tag:, , ,

MPASI atau yang biasa disebut sebagai makanan pendamping ASI merupakan jenis makanan tambahan untuk bayi. MPASI ini memang harus diberikan sebagai penunjang nutrisi bayi. Namun, dalam pemberian MPASI tidak boleh terlalu dini (di bawah umur 6 bulan). Karena hal ini bisa berakibat fatal terhadap pertumbuhan dan juga lambung bayi.

Pada bayi yang di bawah umur 6 bulan, sistem pencernaannya belum mampu mencerna makanan secara optimal. Selain itu, gigi-gigi yang membantu dalam proses pencernaan belum tumbuh sempurna. Oleh sebab itu, perlu sekali bayi mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang lunak, lembut, dan mudah ditelan oleh bayi. Makanan lembut tersebut harus terlebih dahulu diblender, atau dihaluskan dengan sendok atau alat penggerus tertentu.

MPASI Bayi Soup kimlo ala momy kia 11 bulan

MPASI Bayi Soup kimlo ala momy kia  untuk bayi umur 11 bulan

Resep MPASI Bayi Pure Pepaya Lezat dan Sehat

Resep MPASI Bayi Pure Pepaya Lezat dan Sehat untuk bayi umur 6 bulan (MPASI pertama)

Contoh makanan yang harus dilembutkan seperti ubi, jagung, sayur mayur, dan beberapa jenis buah-buahan tertentu. Beberapa jenis buah dan sayur harus direbus/dikukus terlebih dahulu barulah kemudian dibuat mpasi bayi. Contohnya adalah buah apel dan pir yang harus dikukus terlebih dahulu. Baca caranya berikut ini: Cara Mengukus Buah Apel dan Pir untuk MPASI Bayi.

Berbicara soal pemberian MPASI tidak boleh terlalu dini (di bawah umur bayi 6 bulan). Oleh sebab itu, MPASI harus diberikan di atas umur bayi di atas umur 6 bulan. Pada waktu umur di atas 6 bulan, lambung bayi sudah bagus dan sudah mampu mencerna makanan secara baik.

MPASI dini bisa memberi dampak buruk bagi bayi seperti:

  • Keram perut
  • Iritasi pada saluran pencernaan (lambung) karena makanan yang dikonsumsi terlalu keras
  • Tersedak dan sulit bernafas
  • Diare dan gangguan pencernaan (usus, lambung)
  • Bahkan yang lebih parah bayi bisa mengalami kematian
  • Dampak buruk lain mungkin bisa terlihat dari pertumbuhan dan perkembangan bayi secara langsung.

Itulah tadi dampak negatif/buruk pemberian mpasi dini, semoga bermanfaat untuk bunda semuanya. Sehingga sangat direkomendasikan bagi para bunda untuk memberikan MPASI sesuai umur bayi (di atas umur 6 bulan). Dengan begitu, kesehatan dan tumbuh kembang bayi akan semakin bagus dan berkualitas.