Cara Mengukus/Merebus Buah Pir Untuk MPASI Bayi Umur +6 Bulan ke Atas

Sebelum membuat MPASI pure pir yang lezat, sehat, dan bergizi tinggi, maka langkah awal yang harus dilakukan oleh bunda adalah merebus/mengukus terlebih dahulu buah-buahan termasuk buah pir yang akan dijadikan resep MPASI.

Namun, tahukah bunda apa saja manfaat dari mengukus/merebus buah-buahan tersebut adalah untuk mempertahankan kandungan gizi yang ada di dalam buah pir, serta mengurangi kebasian makanan secara cepat, dan juga membunuh mikroba atau bakteri patogen yang kemungkinan ada pada buah pir tersebut.

Adapun bahan-bahan dan cara mengukus/merebus buah pir untuk MPASI bayi umur +6 bulan ke atas adalah sebagai berikut:

[ingredients title=”Ingredients”]

  • 1 buah pir, cuci bersih;
  • Air bersih secukupnya untuk mengukus/merebus;
  • 75 ml air matang.

[/ingredients]

[directions title=”Directions”]

  1. Kupas kulit pir, buanglah biji serta bagian-bagian yang keras di dalamnya, lalu potong-potong membentuk dadu;
  2. Selanjutnya kukus daging buah pir yang sudah dipotong tersebut sampai lunak/empuk dengan menggunakan air secukupnya, kurang lebih 20 menit;
  3. Angkat pir dari air rebusan, lalu tiriskan;
  4. Blender buah pir yang sudah dikukus/direbus dengan menambahkan 75 ml air matang/mendidih (jika air kurang bisa ditambah), blenderlah sampai halus;
  5. Setelah diblender, selanjutnya masukkan ke dalam mangkuk makan bayi, lalu siap dihidangkan.
Resep MPASI Bayi Pure Buah Pir
Resep MPASI Bayi Pure Buah Pir

[/directions]

Itulah tadi penjelasan sederhana tentang bagaimana cara mengukus/merebus buah pir untuk MPASI bayi umur +6 bulan ke atas. Semoga bisa menjadi referensi terbaik bagi bunda semuanya. Selamat mencoba ya bunda ! semoga berhasil. Baca juga: Cara Mengukus Apel dan Buah Pir Untuk MPASI Bayi yang Baik dan Benar.