Home / Info MPASI Bayi / 5 Jenis Ikan yang Aman untuk MPASI Bayi
1 Februari, 2018

5 Jenis Ikan yang Aman untuk MPASI Bayi

Posted in : Info MPASI Bayi on by : Ny. Juzsi Aldeska Tag:, , , , ,

Memasuki usia 6 bulan, maka seorang bayi harus mulai mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). MPASI begitu penting bagi bayi, sebab akan menyediakan sumber nutrisi yang cukup. Kandungan gizi pada MPASI sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tumbuh si kecil.

Resep MPASI nasi bakar isi ikan kembung 9 bulan

Resep MPASI nasi bakar isi ikan kembung 9 bulan

Kandungan gizi di dalam MPASI harus meliputi cakupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air, dan mineral. Terutama untuk makanan berprotein tinggi bisa diperoleh dari sumber makanan kedelai, udang, dan makanan laut (seafood). Ikan merupakan makanan yang bagus untuk bayi karena mengandung zat gizi yang tinggi. Jadi, Tidak perlu bingung memilih jenis ikan apa saja yang bisa dikenalkan pada bayi. Berikut beberapa jenis ikan yang bisa Anda kenalkan menurut saran dari Bebby Astrika SGz.

1. Ikan Salmon
Kandungan omega 3 pada ikan salmon memang tak diragukan lagi. Zat gizi ini sangat  berguna untuk tumbuh kembang bayi. Memberikan satu porsi salmon pada bayi sudah memenuhi hampir 80% kebutuhan proteinnya.

2. Ikan Gindara
Tekstur ikan gindara yang cukup lembut membuatnya cocok untuk dijadikan bahan MPASI.  Mam bisa membeli ikan ini  dalam bentuk fillet untuk memudahkan memasak. Kandungan asam lemak omega 3 ikan ini tak jauh berbeda dengan salmon. Ditambah lagi, ikan gindara juga mengandung asam lemak omega 6 yang penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Ikan Kakap
Salah satu jenis ikan kakap yang favorit adalah ikan kakap merah. Pengolahannya dapat  dikukus atau dicampurkan ke dalam bubur beras merah saring. Keunggulannya, selain tidak berduri halus, daging kakap juga cukup tebal. Tiap kali memasak, gunakan 50 gram kakap untuk bisa memenuhi kebutuhan protein bayi sebanyak 10 gram.

4. Ikan Gurame
Ikan air tawar juga mengandung banyak zat gizi. Sekali pembuatan MPASI (50 gram), bayi akan mendapatkan protein dari ikan ini sebanyak 9 gram. Gurame memiliki tekstur yang kenyal dan tak terlalu banyak duri, sehingga mudah diolah sebagai bahan MPASI.

5. Ikan Kembung
Salah satu ikan yang banyak direkomendasikan oleh ahli gizi dan dokter anak untuk MPASI adalah ikan kembung. Pasalnya, tidak berbeda jauh dari ikan salmon, ikan kembung juga kaya akan kandungan DHA, asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Bahkan kandungan Omega-3 ikan kembung jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan salmon, yaitu mencapai 2,6 gram per 1 ons, sementara salmon hanya 1,6 gram.

Variasikan juga dalam pemberian ikan dengan bahan makanan lain seperti beras, kacang-kacangan, tempe, atau sayuran agar bayi mendapatkan zat gizi yang cukup. Cek juga kesegaran ikan sebelum membeli untuk memastikan ikan tersebut masih layak dimakan. Silakan baca juga: Kandungan Gizi MPASI Buah Apel dan Pir untuk Bayi.