Home / Resep MPASI Bayi / Resep MPASI Untuk Bayi Bosan Sayur dan Buah
22 September, 2018

Resep MPASI Untuk Bayi Bosan Sayur dan Buah

Posted in : Resep MPASI Bayi on by : Ny. Juzsi Aldeska Tag:, , , , , ,

Pada masa bayi beralih dari hanya meminum ASI setiap harinya ke MPASI tentu menjadi tantangan bagi para bunda di rumah. Namun banyak sekali resep yang kami sajikan dalam situs ini yang semoga bisa bermanfaat. MPASI diberikan bayi pada umur di atas 6 bulan (rekomendasi dari WHO dan KEMENKES RI). Tujuan MPASI adalah untuk memberikan asupan nutrisi tambahan dari bahan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Semua nutrisi tersebut akan berguna untuk tumbuh kembang bayi. Dan pada akhirnya anda akan mendapatkan buah hati yang cerdas, ceria, sehat, dan penuh gairah dalam hidup.

Pada sebagian bayi memang adakalanya selalu bosan dengan MPASI yang hanya itu-itu saja. Terutama bayi perempuan biasanya akan mudah bosan dengan menu makanan MPASI yang itu-itu saja. Pada bayi laki-laki biasanya jarang bosan, dan makanan apa saja biasanya mau. Maka dari itu, penting bagi seorang ibu untuk memberikan variasi makanan pendamping ASI setiap harinya. Bukan berarti setiap hari bayi harus diberi mpasi berbahan sayur atau buah saja, tapi cobalah ditambah variasi lain yang disukai bayi. Menambahkan makanan pokok seperti gandum, bubur nasi, ubi jalar dan yang lain juga penting. Ingat, variasi makanan mpasi akan jauh lebih baik jika disandingkan dengan beranekaragam menu yang mencukupi nilai gizi harian bayi.

Berikut ini ada resep mpasi untuk bayi bosan sayur dan buah. Dan saya rekomendasikan buatkan MPASI pure ubi ungu, pasti bayi suka:

Bahan-bahan:

  • 2 butir mantang/ubi jalar ungu (cuci bersih, kupas kulitnya, potong menjadi beberapa bagian);
  • air bersih secukupnya (untuk mengukus);
  • ASI secukupnya.

Cara Membuat:

  • Kukus ubi jalar ungu yang sudah dipotong-potong dalam air mendidih;
  • Setelah matang, lalu angkat, dan biarkan dingin;
  • Siapkan mangkok dan haluskan ubi jalar yang sudah lunak tersebut;
  • Campurkan ASI secukupnya, aduk sampai rata;
  • Resep mpasi pure ubi jalar ungu siap disajikan pada bayi anda.
Resep MPASI Pure Ubi Jalar Ungu

Resep MPASI Pure Ubi Jalar Ungu