Mengenalkan MPASI Pada Bayi Harusnya 6 Bulan Pas atau 6 Bulan Jalan ?

Sayur Bening Brokoli Telur Puyuh untuk MPASI
Sayur Bening Brokoli Telur Puyuh untuk MPASI
Sayur Bening Brokoli Telur Puyuh untuk MPASI

Memperkenalkan MPASI kepada bayi sebaiknya dilakukan ketika awal MPASI pertamanya yaitu umur 6 bulan pertama. MPASI 6 bulan pertama ini sangat penting untuk bayi sebagai alat/program supaya bayi lebih mengenal berbagai jenis makanan yang dikonsumsi, agar ketika dewasa nanti bayi tidak mengalami alergi makanan.

Pada bayi, alergi makanan mungkin bisa saja terjadi, namun cukup jarang. Dan tugas yang terpenting disini adalah peran ibu. Ibu harus mampu merawat bayinya, tentunya dengan memberi MPASI sesuai umurnya. Umur bayi di bawah 6 bulan seharusnya fokus diberikan ASI eksklusif saja, dan sebaiknya hindari pemberian susu formula (sufor) dalam jumlah yang sering. ASI mengandung lebih banyak zat imunitas (colustrum), sedangkan pemberian sufor justru akan membuat bayi anda semakin gemuk dan pertumbuhannya tidak ideal. Ini terjadi karena sufor mengandung banyak gula laktosa dan senyawa kimia pengawet minuman yang justru tidak baik untuk bayi.

Read More

Terkait dengan MPASI 6 bulan, bayi memang harus mendapat banyak asupan gizi penting untuk pertumbuhannya, maka pemberian MPASI 6 bulan bisa jam 7 pagi makan sarapan, jam makan siang sekitar pukul 12.00, atau makan sore pukul 16.00-17.00 waktu setempat. MPASI pada sore hari sebaiknya porsinya lebih diperbanyak karena bayi baru akan makan sekitar 10-15 jam untuk keesokan harinya.

Related posts