Menu Tutup

Cara Mencuci Botol Susu Bayi yang Baik dan Benar

mencuci botol susu bayi

Membersihkan/mencuci botol susu bayi harus dilakukan bunda secara rutin. Jangan sampai dibiarkan hingga beberapa jam setelah pemakaian. Maka sebaiknya setelah selesai lebih baik langsung dibersihkan agar botol susu bayi tetap higienis dan meminimalisir pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Mencuci botol susu bayi dapat dilakukan melalui dua langkah yakni membersihkan secara manual dan menggunakan mesin cuci. Yuk bunda ketahui cara mencuci/membersihkannya:

Cara Membersihkan Botol Susu Secara Manual

Apabila Bunda mencuci botol susu bayi dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yakni:

  • Sebaiknya bunda harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Gosok tangan secara perlahan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik;
  • Pisahkanlah semua bagian botol, seperti botol, dot, katup botol, dan tutup botol. Setelah itu, bilas dengan air bersih yang mengalir. Jangan menggunakan air yang statis (diam) yang tidak mengalir sempurna, karena kemungkinan bakteri masih ada dan tidak hilang terbawa air;
  • Rendamlah bagian-bagian botol dalam baskom berisi air hangat dan sabun. Hindari meletakkannya di wastafel, karena dapat meningkatkan risiko botol terkontaminasi kuman, virus, dan mikroba parasit yang menempel di wastafel tersebut;
  • Kemudian membersihkan semua bagian botol satu per satu menggunakan sikat khusus. Maka jangan lupa untuk membersihkan botol sampai ke bagian dasar botolnya ya, Bun, oke?
  • Saat membersihkan dot, pastikan Bunda bisa mengeluarkan air dari dalam lubang dot. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa dot sudah benar-benar bersih dan layak pakai;
  • Setelah itu, bilas kembali semua bagian botol dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih yang bebas dari debu. Bisa juga menggunakan tisu untuk membersihkan bagian luar botol untuk kemudian dikeringkan.

Adapun Cara Membersihkan Botol Dengan Menggunakan Mesin Pencuci

Walaupun memakai mesin pencuci, maka penting juga bagi Bunda untuk mencuci tangan sebelum mulai membersihkan botol susu bayi. Setelah itu, Bunda bisa mulai mencuci botol susu dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Sebaiknya pisahkan semua bagian botol, seperti botol, dot, cincin, dan katup botol susu bayi yang hendak dicuci;
  • Bilas semua bagian botol di bawah air mengalir. Bunda dapat membilasnya satu per satu dengan air dingin atau air hangat;
  • Masukkanlah semua bagian botol susu ke mesin pencuci. Akan tetapi, janganlah lupa untuk menaruh barang-barang kecil ke dalam keranjang tertutup ya, Bun.
  • Untuk memperoleh hasil mencuci yang maksimal, maka Bunda bisa mengisi mesin pencuci dengan air hangat, supaya jumlah kuman bisa mati dengan suhu air yang hangat;
  • Jika sudah selesai, angkatlah semua bagian botol dan letakkan di handuk bersih, lakukan pengelapan pada permukaan luar botol susu, kemudian keringkan.

Selain membersihkan botol susu bayi secara manual dan menggunakan mesin cuci, maka bunda juga perlu melakukan sterilisasi botol susu. Caranya yakni dengan meletakan botol bayi pada air mendidih selama 3 menit. Hal ini untuk membunuh kemungkinan adanya bakteri parasit pada permukaan botol.

Bunda juga bisa melakukan konsultasi kepada dokter anak tentang bagaimana cara melakukan sterilisasi dan mencuci botol susu untuk bayi agar terbebas dari kuman dan agen penyakit yang dapat membahayakan bayi anda.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *