Menu Tutup

Yuk Belajar Menjadi Guru Inovatif Bersama Guruinovatif.id

Menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang mulia. Tidak semua orang mau menjadi guru. Bahkan, menjadi seorang guru adalah cita-cita saya sejak kecil. Hingga setelah lulus dari SMA tahun 2009 saya langsung melanjutkan kuliah di Pendidikan Biologi Universitas Lampung untuk mendapatkan gelar sarjana (strata 1).

Pasca lulus kuliah dan diwisuda, akhirnya saya mencoba melamar kerja menjadi guru biologi di salah satu sekolah di daerah tempat saya tinggal, yaitu di kecamatan Natar, kabupaten Lampung Selatan. Beruntung saat itu saya dipanggil untuk mengajar di SMA YADIKA Natar hingga sampai sekarang. Saya mulai menjadi guru sejak pertengahan tahun 2015.

Menjadi guru bagi saya adalah karunia Tuhan yang paling terindah. Tidak semua orang dianugerahi takdir semacam ini. Bahkan, dengan takdir yang saya miliki saat ini harus saya hormati. Karena menghormati takdir Tuhan adalah bentuk iman dan taqwa. Biarkan semuanya terjadi atas kehendak-Nya, selama apa yang saya lakukan baik, tentu mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi orang lain, terkhusus untuk siswa-siswi yang saya ajar di sekolah.

Berbicara menjadi seorang guru, maka saya sendiri kini merasakan betapa sulit menjadi seorang aktor yang memainkan peran untuk terlihat apik di depan banyak orang (siswa).  Masih banyak kekurangan pada diri sendiri yang perlu diperbaiki tatkala dituntut agar siswa menjadi tumbuh dan berkembang secara baik. Sehingga perlu sekali bagi saya untuk terus belajar menjadi guru yang inovatif, berbudi luhur serta mampu menginspirasi siswa baik di dalam maupun di luar kelas.

Susahnya menjadi guru di daerah yang terbilang masih pelosok menuntut saya untuk terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan zaman yang serba digital.

Apalagi saat pandemik COVID-19 melanda di Indonesia saat ini, maka pembelajaran siswa tidak lagi dilakukan secara tatap muka di sekolah. Akan tetapi, kini pembelajaran dilakukan secara daring.

Namun ada beberapa kendala yang sering saya jumpai dalam pembelajaran daring ini. Saya akan membahasanya dari sudut pandang seorang guru maupun siswa.

Sebagai seorang guru saya menyadari bahwa mengajar di kelas secara langsung dengan melalui cara-cara virtual melalui aplikasi sangat berbeda jauh.

Mengajar di kelas bisa langsung dilakukan secara demonstrasi, diskusi kelompok, presentasi, praktikum, studi lapangan, dan tentunya secara emosional jauh lebih bagus untuk mendekatkan hubungan guru dan siswa.

Berbeda dengan pembelajaran secara virtual atau daring, terkadang banyak kendala yang ditemui seperti kuota internet yang terbatas, perlunya adaptasi dengan media pembelajaran yang sebelumnya mungkin jarang dipakai seperti google classroom, video daring, aplikasi tatap muka seperti google meet, dan lain-lain. Karena aplikasi daring semacam ini sebelumnya hanya sebagai pendukung dalam pembelajaran sebelum COVID-19 melanda di Indonesia.

pembelajaran dengan siswa saya lakukan secara daring via google classroom

Dari sudut pandang siswa, terkadang saya menemui ada siswa yang telat mengumpulkan tugas dengan alasan tidak ada kuota internet. Ada juga siswa yang memang tidak punya hape sehingga komunikasi selama pembelajaran menjadi kurang intens. Sebagai guru saya harus memaklumi hal ini karena memang mayoritas wali murid kebanyakan dari kalangan menengah ke bawah. Bahkan kebanyakan orang tua siswa bekerja sebagai petani, buruh, dan pedagang.

Namun, di balik munculnya COVID-19 di Indonesia memberikan hikmah terhadap guru-guru, terutama bagi saya bahwa sebagai guru harus mampu beradaptasi dan mengeskplorasi diri untuk melek terhadap teknologi terbaru. Ini menurut saya memang sangat penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara daring. Bahkan, seorang guru yang inovatif tentu saja harus bisa membuat desain gambar bahkan video pembelajaran sesuai materi ajar yang akan disampaikan kepada siswa. Tentunya saya sebagai guru dituntut untuk bijak dan terus berinovasi dalam merekayasa pembelajaran secara daring secara inovatif.

Terus Berbenah Menjadi Guru Inovatif

Selama pandemik ini, saya sebagai guru lebih banyak bekerja di rumah (work from home). Sehingga dalam proses pembelajaran siswa dilakukan secara daring di rumah dan sesekali hadir ke sekolah namun tetap mengikuti protokol kesehatan seperti cuci tangan pakai sabun, pakai masker dan jaga jarak minimal 1 meter dengan rekan kerja.

Selama pandemik ini saya juga terus mengasah kemampuan sebagai seorang guru seperti membuat video pembelajaran, mengikuti webinar-webinar yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menulis di blog, ikut lomba blog, berjualan online, dan masih banyak pekerjaan produktif lainnya.

mengisi waktu untuk hal-hal produktif dengan mengikuti lomba blog hingga dapat sertifikat
sertifikat dari hasil mengikuti webinar tentang generasi berkarakter hindari narkoba yang diadakan oleh KEMDIKBUD RI

Bagi saya masa pandemik ini sangat cocok untuk mengembangkan diri melalui skill yang dimiliki.

Tak lupa juga saya sudah semingguan lebih ini menengok website guruinovatif.id untuk mengetahui apa saja yang disuguhkan dari website pendidikan tersebut. Maklum, masih pemula dan ingin terus mengetahui secara dalam dari website guruinovatif.id. Saya mendapatkan informasi tentang guruinovatif.id dari rekan guru saya yang lainnya. Kata teman saya yang sama-sama guru bahwa website ini menyediakan banyak fitur belajar termasuk kursus online maupun webinar yang sangat bermanfaat.

Mengenal Guruinovatif.id, Platform Untuk Meningkatkan Mutu Pengajaran

Setelah saya pelajari isi website guruinovatif.id, maka saya jadi tahu bahwa Guruinovatif.id merupakan platform digital yang dibuat oleh lembaga HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services). HAFECS ini mempunyai program untuk pelatihan guru dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Beruntung sekali ketika saya mendapatkan informasi dari teman tentang website guruinovatif.id. Website ini telah mendorong banyak guru, menjadi tempat belajar guru, termasuk saya dan teman-teman guru untuk terus berinovasi tanpa henti.

Karena menurut saya, inovasi adalah bagian terpenting dalam pengembangan diri seorang guru agar terus terampil dan cakap dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

Program Unggulan di Guruinovatif.id

Ada beberapa program unggulan guruinovatif.id yang ikut berkontribusi meningkatkan kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran, seperti:

  • Productivity Course, peserta akan mendapatkan pengalaman belajar seperti mendapat materi belajar, video berkualitas FHD, serta e-sertifikat kursus 4 JP (jam pembelajaran);
  • Mini Course, hanya dengan berinvestasi sebesar Rp. 25.000 saja, maka akan mendapatkan pengalaman belajar seperti mendapat materi belajar, video berkualitas FHD, serta e-sertifikat kursus 16 JP (jam pembelajaran);
  • Online Sertification, hanya dengan investasi sebesar Rp. 65.000 saja, maka akan mendapatkan pengalaman belajar seperti mendapat materi belajar, video berkualitas FHD, serta e-sertifikat kursus 32 JP (jam pembelajaran);

Bagaimana Cara Bergabung di guruinovatif.id

Untuk bergabung menjadi bagian dari komunitas belajar di guruinovatif.id, maka rekan-rekan guru bisa mendaftar dengan 3 langkah mudah sebagai berikut:

#1 Membuat Akun

Untuk membuat akun di guruinovatif.id cukup mudah dilakukan. Caranya yakni dengan mengunjungi website guruinovatif.id/register, lalu isi form pendaftaran yang tersedia dan tentunya gratis.

#2 Memilih Kursus

Setelah rekan-rekan guru mempunyai akun, selanjutnya bisa memilih kursus online maupun webinar yang tersedia. Setiap kursus maupun webinar yang diikuti akan mendapatkan e-modul, sertifikat dan tentunya dimentori oleh guru berpengalaman di bidangnya masing-masing. Oya, karena saya mau mencoba di awal, maka saya coba dulu pakai kursus yang gratisan alias nol rupiah. Jadi jika sudah ada rezeki bisa ke yang kursus versi berbayar.

#3 Melakukan Pembayaran

Setelah memilih kursus online ataupun webinar yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Klik tombol check out untuk menyelesaikan pembayaran. Lakukan konfirmasi dan tunggu saja selama 1×24 jam untuk memperoleh feedback.

Keuntungan Belajar di Guruinovatif.id

Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang didapatkan guru ketika belajar di guruinovatif.id. Termasuk apa yang sudah dirasakan oleh rekan guru saya yang lainnya seperti:

#1 Terpercaya

Dari pertama kali mengunjungi website guruinovatif.id, maka saya semakin yakin bahwa ini website bukan abal-abal. Dari tampilan website sudah meyakinkan. Namun, saya juga menyempatkan waktu untuk mempelajari isi website tersebut. Saya melihat banyak sekali menu-menu yang disajikan dan tentunya bermanfaat untuk meningkatkan inovasi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Tersedia juga kursus online dan webinar yang pastinya sangat berguna untuk bekal mengajar secara daring.

#2 Meningkatkan Keterampilan Guru

Website pembelajaran yang berisi kursus dan webinar tentang pendidikan tentu saja sangat positif untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam hal pengajaran di dunia nyata. Adanya website guruinovatif.id tentu berimbas pada kemampuan guru untuk lebih baik lagi. Seperti Guru Belajar Mengajar di guruinovatif.id juga memberikan ruang bagi semua guru di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan pengajaran. Karena disajikan pembelajaran dengan topik menarik seperti model-model pembelajaran, HOTS/LOTS, PCK, asesment kompetensi minimum dan lain sebagainya.

#3 Dilatih Oleh Mentor Berpengalaman

Jangan ditanya lagi bahwa mentor/tenaga pengajar di guruinovatif.id memang benar-benar real dari tenaga pendidik professional yang cakap di bidangnya masing-masing. Dalam penyampaian materi, para mentor yang berasal dari kalangan pendidik tersebut mampu menyampaikan materi dan tutorial secara baik dan mudah dipahami oleh para peserta.

#4 Memperoleh Sertifikasi

Setiap guru yang ikut mentoring di guruinovatif.id akan mendapatkan sertifikasi guru yang bisa didownload melalui menu yang ada pada profil masing-masing.

Semua Dari Kita dan Untuk Kita

Apa yang kita tanam maka suatu saat akan memperoleh hasilnya. Termasuk mengikuti serangkaian kursus maupun webinar di guruinovatif.id, tentu saja akan ada banyak hal yang diperoleh. Tentunya banyak keterampilan baru yang akan diperoleh jika serius dalam mengikuti kegiatan mentoring yang diberikan oleh tutor.

Dengan meningkatnya keterampilan seorang pendidik (guru), maka hal ini tentu saja dapat menjadi bekal bagi guru untuk meningkatkan kualitas dirinya untuk kemudian ditransferkan ke peserta didik melalui proses kegiatan belajar mengajar yang diampunya.

Karena guru merupakan pondasi kamajuan suatu bangsa, maka tanpa guru tidak akan lahir orang-orang hebat seperti ilmuwan, dokter, presiden, TNI, Polisi, dan multi profesi lainnya.

Yuk bareng-bareng gerak maju, belajar bersama guruinovatif.id, karena banyak sekali kemudahan dan kebermanfaatan yang bisa diperoleh untuk menjadi guru hebat.

Sumber Referensi:

  • Dokumentasi foto+pengalaman beberapa diambil dari kepemilikan penulis sendiri;
  • Dokumentasi foto dan materi dari situs https://guruinovatif.id/ dan https://hafecs.id/
  • Dokumentasi Video dari chanel youtube Hafecs.

Artikel Menarik Lainnya

42 Comments

  1. Avatar
    Fadli Hafizulhaq

    Hadirnya GuruInovatif.id bagai bantuan yang besar bagi para guru ya, Mas. Banyak kursus gratis di sana, yang berbayar pun sangat murah. Guru-guru di Indonesia mesti tahu tentang keberadaan platform ini

  2. Avatar
    renov

    Alhamdulillah, Mas Wahid bisa menjadi seorang guru di jaman dengan banyak kemudahan teknologi ini, kelas sertifikasi untuk meningkatkan hard skill atau soft skill guru bisa diperoleh tanpa harus keluar kota misalnya.

    Semoga dengan guruinovatif ini, makin mencetak lebih banyak lagi guru yang kompeten.

  3. Avatar
    Arai Amelya

    Nggak hanya muridnya yang punya ruang khusus untuk belajar, guru2 masa kini juga bisa meningkatkan kualitasnya lewat digital ya. Keren banget ini aplikasinya, semoga bisa menjangkau guru di seluruh Indonesia ya

  4. Avatar
    elva s

    Dulu Alm. Bapak seorang guru SD Negeri di desa, yang menurutku perjuangan beliau luar biasa. Menempuh jarak yang jauh serta jalan menuju ke sekolah yang belum beraspal, kebayang kan kalau lagi musim hujan gimana ?
    Tapi beliau tetap semangat berangkat kerja, perjuangan beliau lah yang memotivasi aku untuk menjadi seorang guru juga.

    Beda nya zaman ku sekarang sudah dipermudah dengan akses menuju sekolah yang sudah bagus, itu ketika masih lajang jauh sebelum pandemi seperti sekarang yang tantangan mengajarnya berkali kali lipat dari biasanya.
    Semangat untuk semua guru.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Wah, selamat sore ibu guru…salam hormat ya. Iya nih ngajar di era pandemi gini juga semakin penuh tantangan. Guru harus lebih bijak dalam mengelola pembelajaran di kelas. Upgrade skill dan pengetahuan guru juga penting untuk melek terhadap IPTEK. Dan adanya aplikasi guruinovatif.id ini juga menurut saya penting dan sangat membantu guru untuk upgrade skill (kemampuannya).

  5. Avatar
    Aisyah Dian

    Betul sekali kak, menjadi seorang guru itu adalah takdir terindah dari Allah Swt yang harus disyukuri. Nggak semua orang bisa menjadi guru.
    Apalagi sekarang sudah ada platform keren guru inovativ ya, semoga ilmunya makin bertambah berkah ya kak

  6. Avatar
    Nanik Nara

    Bagus juga ini platform guruinovatif. Semoga makin banyak guru yang mengenal dan mendapat manfaat dari platform ini. Eh, sertifikatnya lumayan tuh kalau bisa diajukan buat angka kredit

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Salam hormat ya ibu guru Dawiah. Sama2 bu kita sebagai seorang guru juga harus upgrade skill termasuk belajar tentang teknologi informasi (TIK) supaya pembelajaran kepada siswa lebih bervariasi. Mungkin siswa juga jadi tidak jenuh.

  7. Avatar
    BayuFitri

    Banyak kendala ya belajar daring terutama untuk mapel yang memerlukan praktikum. Saya kebayang aja gimana anak murid membayangkan materi reaksi kimia yang hanya dari bahan bacaan padahal harusnya kalau ada praktikumnya kan lebih mengena ya pengertiannya. Semoga semakin bnyk teknologi informasi yang menjembatani hal ini ya kak seperti guruinovatif.id . Platform ini solutif dan inovatif.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Wah betul mbak, selama pembelajaran pandemik ini memang kegiatan KBM dan praktikum ditiadakan. Tapi ada kok “laboratorium maya” di situs rumahbelajar KEMDIKBUD yang akan membantu siswa untuk bereksperimen,. Nah, di guruinovatif.id juga bagus untuk menambah khasanah berpikir dan bertindak bagi seorang guru. Thanks mbak.

  8. Avatar
    Iim Rohimah

    Menjadi guru memang perlu sekali membangun citra yang baik serta mampu berinovasi. Saya yakin itu bukan pekerjaan mudah ya kak… Apalgi sebagai manusia biasa, pasti kita dituntut serba bisa serba baik juga.
    Semoga sukses dan peran sebagai guru tambah berkah dan makin inovatif bersama guruinovatif.id

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      betul mbak, karena guru itu tugas yang langsung berhadapan dengan “makhluk hidup” yang serba dinamis, banyak kemauan, diberi nafsu dan dengan latarbelakang siswa yang tentunya yang heterogen. Disinilah guru harus menerapkan prinsip kebijaksanaan.

  9. Avatar
    Hanifah Nila

    Webnya menarik nih, mau saya share ke ibu yang seorang guru juga. Zaman sekarang guru pun mesti upgrade kemampuan ya agar terus update dengan ilmu dan skill masa kini karena teknologi terus berkembang

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      betul mbak, setiap guru harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Pun menghadapi semua siswa juga harus bekal skill yang handal alias tidak main-main saat mengajar ke siswa. Karena perubahan arah belajar yang berbeda pada era skrg tentu menuntun banyak guru untuk lebih inovatif dalam proses pembelajaran kpd siswa. Saya juga masih terus belajar berinovasi.

  10. Avatar
    Dian Restu Agustina

    Lengkap sekali fitur di guruinovatif id ini, memudahkan para guru untuk belajar dan terus meningkatkan kualitas diri. Biaya kursusnya pun terjangkau ya…
    Senangnya saat ini belajar bisa praktis termasuk untuk guru ya..Bisa saya bagikan infonya untuk keempat Mbak saya yang juga guru nih.
    Semangat terus untuk upgrade diri, Mas

  11. Avatar
    Lintang

    MEnjadi tenaga pengajar di era pandemi memang menjadi tantangan tersendiri. Benar sekali kalo guru harus selalu inovatif dengan berbagai variasi metode pembelajaran.Untung ada aplikasi guruinovatif yang membatu guru terus belajar dan mengembangkan inovasi berkelanjutan.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      iya betul mbak, adanya aplikasi guruinovatif.id bisa membantu meningkatkan kapasitas guru dalam melakukan pembelajaran. Tentunya melalui inovasi media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi (TIK).

  12. Avatar
    Nurhilmiyah

    Bagus ini ada guruinovatif yang jadi bisa membantu para guru dan siswa mencapai tujuan pembelajarannya. Meski Mas Menteri telah mengesahkan penyederhanaan kurikulum, di beberapa sekolah masih terkesan memaksakan banyak tugas pada peserta didik. Belajar di Guruinovatif dapat online certificate juga ya… semangat ya Pak Guru Wahid

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      iya betul mbak, di guruinovatif.id bisa dapet online sertificate jika menjadi member dan mengikuti serangkaian webinar dan pembelajaran bagi guru/tenaga pendidik. Banyak tugas yang diberikan guru dilakukan agar siswa tetap produktif selama pandemi dan stay at home.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      iya betul mbak. Guru jaman now memang harus inovatif dan kreatif sehingga akan berpeluang disukai banyak siswa. Karena siswa skrg ini senang sistem pembelajaran yang kolaboratif, demonstrasi, dan berpetualangan. Dengan adanya platform guruinovatif.id semakin membantu guru2 untuk terus inovatif.

  13. Avatar
    Putu Sukartini

    Bener banget ini. Di masa pandemi, guru dituntut untuk lebih aktif dan kreatif dalam memberikan materi pelajaran. Namanya belajar online di era digital, kemamuan guru juga harus menyesuaikan dengan zaman
    Bersyukur ya ada guruinovatif. Semoga guru-guru makin maju dan berkembang

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Betul sekali kak, bahwa adanya platform digital seperti guruinovatif.id ini bisa menambah pengetahuan para guru2 di Indonesia untuk terus aktif dan kreatif dalam mengelola pembelajaran saat pandemi, karena saat ini sudah ke arah virtual. Thanks for sharingnya.

  14. Avatar
    Linda Puspita

    Guruinovatif.id memang banyak membantu saat pandemi ini ya kak, ada tool tool yang harus atau baru diaplikasikan saat pandemi ini. Sukses terus kak. Ngajar SMA dengan SD tentu berbeda untuk aplikasi di lapangan. Hiks, apalagi kelas 1 SD>

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      Iya betul dan memang ini platform pendidikan baru saja diresmikan, dan kita doakan saja semoga guruinovatif.id semakin sukses dengan materi2 yang memberi wawasan dan pengetahuan bagi semua guru di Indonesia… wah saya ngajar anak SD belum pernah. Saya baru ngajar anak SMP dan SMA.. kalo denger2 ngajar anak SD repotnya kalo mereka berak di celana..ahahaha, sebagai guru harus ikut membantu eksekusi “nyenyenya”. hehe.

  15. Avatar
    Hendra Suhendra

    Wah senang ya kalau cita-cita sudah tercapai, tinggal diasah saja kemampuannya agar melebihi ekspektasi.

    Mengasah kemampuan guru bisa dilakukan melalui platform Guruinovatif.id yang punya program cukup lengkap. Langkah inovatif ini perlu dilakukan ya, agar para guru level juga semakin tinggi, mengikuti perkembangan zaman yang serba digital.

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      betul mas, dari kecil memang sangat suka dan kagum dengan para guru2 yang hebat mengajar di kelas…hehe. Dan sekarang saya ditakdirkan Tuhan sebagai guru. Dan sebagai guru saya juga masih terus belajar. Dan ketika saya coba2 pelajari website guruinovatif.id memang sangat positif sekali untuk menambah inovasi guru dalam kegiatan pembelajar di sekolah.

  16. Avatar
    Endah

    Pengetahuan baru buat saya nih. Ternyata ada ruang khusus guru untuk meningkatkan keterampilan khususnya di bidang digital sebagai penunjang sistem ajar. Semoga pandemi cepat berakhir

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      iya betul sekali mbak Endah. Adanya website2 pendidikan semacam guruinovatif.id itu sangat bagus dan membantu guru dalam menerapkan model pembelajaran yang cocok bagi siswa. Di guruinovatif.id juga ada video2 webinar, tutorial, dll yang diisi oleh para pakar pendidikan baik dari kalangan guru, dosen, dan lainnya. Jadi sangat membantu sekali….semoga terus berkembang platform digital yang positif seperti guruinovatif.id

    • Wahid Priyono, S.Pd.
      Wahid Priyono, S.Pd.

      betul mbak. Kalo saya pas ngajar akhir2 ini karena pandemi Covid-19 memang lebih banyak ke pengajaran ke virtual. Karena memang tuntutan. Jadi ada hikmahnya agar guru juga bisa berinovasi dalam pembelajaran yang lebih beragam.thanks ya for sharing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *