5 Jenis Sayur Mayur/Buah-Buahan yang Sering Dipakai Ibu-Ibu untuk Membuat MPASI Bayi

MPASI merupakan menu pendamping ASI. Biasanya sering diberikan pada bayi yang sudah berumur di atas 6 bulan. MPASI biasanya dibuat oleh ibu-ibu dengan menyampurkan beragam jenis bahan pangan, sayur mayur ataupun buah-buahan serta sumber makanan bergizi lainnya. Untuk mendapatkan sayur mayur maupun buah yang berkualitas untuk program MPASI bayi tersebut, biasanya selain menanam sendiri di sekitar rumah, para ibu-ibu pastinya selalu belanja sayur online di marketplace, atau di tukang penjual sayur keliling.

Beberapa jenis sayur mayur maupun buah-buahan yang sering dibeli oleh ibu-ibu untuk membuat MPASI bayi antara lain sebagai berikut:

Read More

1. Buah Pisang, Alpukat, Jeruk

Buah pisang, alpukat, dan jeruk merupakan buah yang sudah merakyat. Hampir semua orang sudah familiar dengan buah ini. Rasa buah pisang dan alpukatnya yang manis, kadang cenderung manis-asam, dan nikmat ini tentu semua orang suka. Seperti halnya buah alpukat yang memiliki kandungan lemak baik untuk si kecil agar kenyang lebih lama. Dan buah ini paling sering dipakai oleh ibu-ibu untuk membuat MPASI bayi. Bayi pun menyukai buah ini karena teksturnya yang lembut dan cenderung baik bagi kesehatan bayi secara keseluruhan.

Untuk membuat MPASI dari buah pisang/alpukat/jeruk, maka biasanya dilakukan dengan dibuat menjadi jus lalu diberikan kepada bayi. Atau biasanya, khusus untuk buah pisang biasanya direbus terlebih dahulu, kemudian dihaluskan pakai sendok makan, dan kemudian diberikan kepada bayi.

2. Buah Apel, Melon dan Pir

Buah apel, melon dan pir paling sering dipakai untuk membuat MPASI bayi. Walaupun buah ini memiliki tekstur keras, tapi buah ini dapat dibuat menjadi MPASI yaitu dengan cara direbus terlebih dahulu, baru kemudian diblender untuk mendapatkan sari buahnya dalam bentuk halusan. Sehingga sistem pencernaan bayi akan mudah mencernanya.

Buah apel, melon maupun pir banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Dan pastikan bahwa buah ini harus dijadikan menu MPASI bayi yang anda sayangi.

3. Prohe dan Prona

Prohe adalah singkatan dari protein hewani. Sedangkan prona singkatan dari protein nabati. Protein nabati biasanya didapat dari jenis sayuran seperti kecambah, kacang merah, buncis, kacang mete, kedelai, dan lain sebagainya. Selengkapnya untuk membaca apa itu Prohe dan Prona, maka silakan ibu-ibu bisa baca ulasan saya tentang: Contoh Makanan Mengandung Prona dan Prohe untuk MPASI Bayi.

Sebagai informasi bahwa, baik sayuran maupun buah-buahan tentunya mengandung banyak serat, vitamin, air, dan mineral alami yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil agar semakin bagus.

4. Selada dan Sledri

Selada dan sledri biasanya sering dipakai oleh para bunda sebagai sayur mayur untuk program MPASI Bayi. Sledri biasanya bisa dijadikan sebagai pengharum masakan MPASI, serta selada biasanya dicampurkan pada menu olahan sayur untuk makan si kecil.

Sayur seledri dan selada bisa dibeli di pasar langsung, atau jika tidak ingin mau repot, maka saya rekomendasikan para ibu-ibu bisa langsung beli sayur online melalui situs marketplace SESA.ID, atau bisa langsung download aplikasi SESA.ID melalui Appstore dan Playstore melalui handphone anda. Lebih praktis dan mudah belanja sayur maupun buah secara online untuk memenuhi kebutuhan harian para ibu-ibu untuk stok bahan MPASI sehari-hari.

Adapun keuntungan berbelanja di SESA.ID antara lain:

  • Semua produk sayur dan buah di SESA.ID dipanen dari para petani yang sudah berpengalaman dan ditanam secara organik;
  • Buah dan sayur mayurnya dipanen dari perkebunan organik sehingga aman untuk dikonsumsi oleh bayi;
  • Buah dan sayur mayurnya sangat segar (fresh);
  • Harga sayur dan buahnya sangat terjangkau;
  • Banyak promo menarik setiap bulannya;
  • Bisa dipesan melalui online hanya melalui hape, sehingga lebih hemat waktu dan tenaga anda;
  • Pesanan bisa dikirim seluruh Indonesia.

5. Kentang dan Wortel

Kentang dan wortel biasanya dipakai oleh para ibu-ibu untuk membuat sayur sup untuk si kecil, dan kentangnya bisa dibuat makanan ringan untuk sikecil seperti bergedel, potato chese, potato goreng, dan lain sebagainya.

Asupan kentang bagus untuk si kecil karena mengandung banyak karbohidrat sebagai sumber energi bagi si kecil. Sementara itu, wortel sangat bagus untuk si kecil karena membantu membuat mata menjadi sehat.

bola-bola kentang mpasi bayi

Baiklah, itu saja informasi tentang jenis sayuran dan buah-buahan yang paling sering dipakai para ibu-ibu untuk membuat MPASI. Semoga informasi di atas berguna untuk para ibu-ibu yang sedang mendampingi si kecil dalam menjalani program MPASI.

Related posts