Jenis Makanan Pendamping ASI Pertama Kali untuk Bayi (Umur bayi 6 Bulan Pertama)

Banyak sekali para bunda yang mencari sumber referensi tentang jenis makanan pendamping ASI pertama kali untuk bayi. Dan memang ketika bayi berumur 0 – 6 bulan, maka ASI lah yang menjadi tumpuan zat gizi yang diperoleh bayi dari air susu ibunya. ASI ini memang sangat baik, bahkan badan kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI hingga bayi berumur 2,5 tahun. Berbagai manfaat ASI sangat banyak, yakni kandungan kolustrumnya sangat bagus untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh bayi agar tidak gampang sakit. ASI adalah salah satu contoh dari sistem kekebalan pasif alami.

Menginjak bayi berusia 6 bulan, maka sedikit demi sedikit, bayi harus dilatih dengan pemberian jenis makanan pendamping ASI pertama kalinya.

Jenis makanan pendamping ASI untuk bayi pertama kali (waktu umur 6 bulan pertama) adalah jenis makanan yang teksturnya lembut (pisang, alpukat, jeruk manis, bubur beras), dan sebaiknya tidak banyak mengandung serat (seperti yang terdapat pada beberapa jenis sayur/sawi/kangkung), mudah dicerna. Karena pada usia ini sistem pencernaan bayi belum sempurna. Serta masih dalam tahap penyesuaian/adaptasi dengan makanan barunya.

Keluarga MPASI
Keluarga MPASI, photo by: resepmpasi.com

Jangan sekali-kali memberikan MPASI pada bayi yang baru pertama kali (umur 6 bulan) dengan jenis buah yang keras-keras tanpa menghaluskan secara benar, karena bisa memicu alergi bahkan penyakit diare pada bayi. Tips untuk anda juga bahwa berikanlah bayi buah-buahan yang rasanya manis jangan terlalu asam. Jika buah terlalu asam maka bisa memicu diare/mencret.

Buah-buahan yang dibuat pure/bubur lembut, maka wajib diberikan ASI (dengan cara dicampur sampai merata), barulah diberikan pada bayi. Jangan terlalu berlebihan memberikan MPASI kepada bayi, dan buatlah resep MPASI secukupnya, sesuaikan kebutuhan bayi. Dan jangan memaksakan bayi untuk menghabiskan MPASI yang dibuat jika memang pemberian sudah cukup 3-5 sendok per sekali makan.

Beberapa jenis makanan pendamping ASI untuk bayi pertama kali diantaranya adalah sebagai berikut:

Untuk beberapa jenis buah di atas seperti buah apel dan pir, maka pembuatan MPASI bisa terlebih dahulu merebus/mengukus apel dan pir lalu kemudian dihaluskan menggunakan food processor atau alat sejenisnya. Selengkapnya bisa baca disini: Cara Mengukus Apel dan Buah Pir untuk MPASI Bayi yang Baik dan Benar.