6 Tips/Cara Mengatasi Penolakan MPASI oleh Bayi, Dijamin Manjur !

Posted on
  •  
  •  
  •  
  •  

Para ahli menyarankan untuk memberikan MPASI pada bayi jika umurnya sudah berada pada rentang 6 bulan. Dimana makanan yang diberikan pada bayi bukan untuk mengganti ASI, melainkan untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Adakalanya, menu MPASI yang diberikan bunda kepada bayi mengalami penolakan. Kondisi seperti ini membuat ibu khawatir bayinya tidak mendapatkan asupan yang cukup. Untuk itu, penting mengetahui solusi bayi menolak MPASI. MPASI atau makanan pendamping ASI diberikan pada bayi saat usianya 6 bulan.

Resep MENU TUNGGAL Bayi Pure Jagung Manis yang Lezat dan Bergizi (Umur +6 Bulan ke Atas)
MENU TUNGGAL Bayi Pure Jagung Manis yang Lezat dan Bergizi (Umur +6 Bulan ke Atas)

Pada 6 bulan awal kehidupan bayi, asupan nutrisinya sudah terpenuhi dalam ASI sehingga bayi tidak membutuhkan asupan makanan yang lainnya. Namun, setelah ada pada usia 6 bulan pertamanya, maka bayi memerlukan MPASI.

Tips/Teknik/Metode/Cara Mengatasi Penolakan MPASI oleh Bayi

Beberapa langkah dapat anda lakukan sebagai upaya/solusi untuk mengatasi atau penanganan penolakan MPASI yang dilakukan oleh buah hati. Karena bagaimanapun ketika si kecil tidak mau makan, maka pemberian asupan nutrisi akan terhambat, karena nutrisi bayi diantaranya didapatkan dari makanan. Berikut ini cara mengatasi penolakan MPASI:

  • Jangan sampai anda tertukar antara penolakan dengan ketidaksukaan bayi terhadap makanan tertentu. Anda jangan menyerah dan tetap berikan kesempatan pada bayi untuk mencoba lagi makanan tersebut. Biasanya dengan kembali memberikan kesempatan pada bayi hasilnya akan menjadi lebih baik. Tetap berikan makanan pada bayi dengan penuh kesabaran dan kelembutan.
  • Keinginan makan anak mungkin saja akan meningkat ketika ia diajak makan bersama dengan anggota keluarga yang lainnya. Ketika waktu makan sudah tiba, anda dapat mengajaknya bergabung di meja makan. Dudukan si kecil pada kursi makan khusus bayi dan biarkan ia memegang dan mencium makanan untuk mengenalinya.
  • Hindari memaksa si kecil untuk makan atau menuruti perintah orang tuanya. Jika ini dilakukan akan menimbulkan trauma pada si kecil. Anda dapat melatih si kecil dengan perlahan dan sedikit demi sedikit agar ia dapat mencicipi makanan sesuai dengan usianya.
  • Jangan menyerah dan tetaplah mencari alternatif makanan lainnya untuk diberikan pada si kecil supaya ia dapat mengenal lebih banyak rasa dari makanan.
  • Ketika memberikan ASI sebaiknya jangan berikan hingga si kecil benar-benar kenyang. Penolakan terhadap MPASI bisa saja disebabkan karena si kecil sudah merasa kenyang karena sebelumnya ia sudah banyak menyusu.
  • Ketika si kecil bosan dengan makanan yang itu-itu saja, bisa jadi ia akan menolak makanan tersebut di kemudian hari. Oleh karena itu, sebaiknya berikan makanan yang lebih bervariasi pada bayi anda.

Manfaatkan Kreatifitas Anda !

Anda dapat memanfaatkan kreativitas dalam memberikan makanan untuk si kecil. Cobalah berikan makanan pendamping yang sebelumnya sudah anda buat menjadi bentuk yang unik. Jika tidak anda dapat menyimpannya pada mangkuk atau piring yang menarik sehingga minat si kecil pun akan tertarik untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Meskipun sudah dilakukan berbagai cara tetapi bayi tetap menolak makanan yang anda berikan, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

nugget tempe mpasi 9 bulan
nugget tempe mpasi 9 bulan dengan aneka bentuk.

Terkadang, meskipun anda sudah menjalankan semuanya sesuai dengan panduan, tetapi masalah atau hambatan tetap saja ditemui. Meskipun begitu bukan berarti anda harus menyerah, demi kesehatan dan tumbuh kembang buah hati yang optimal, anda harus berusaha dan melakukan semua yang terbaik untuk si kecil.