Menu Tutup

Apakah Boleh Bayi Usia 8 Bulan Diberi Potongan Apel & Pir?

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pir

Untuk mengunyah, bayi tidak harus pakai gigi. Gigi pertama bayi yang tumbuh adalah di depan, sementara untuk mengunyah diperlukan gigi belakang yang biasanya tumbuh di usia 2 tahun. Mengingat fase kritis bayi mengunyah terjadi di usia 6-9 bulan, maka jangan ditunggu giginya tumbuh dulu baru diberi makanan untuk dikunyah. Bayi bisa mengunyah MPASI yang dimulai dengan tekstur yang lembut lalu bertahap ke tekstur makanan yang kasar (makanan padat).

Bayi mengunyah dengan gusinya, dan jangan samakan gusi bayi dengan gusi orang dewasa. Di dalam gusi bayi sebenarnya ada giginya, tapi belum muncul/tumbuh. Bila bayi tidak diberi stimulasi mengunyah makanan pada fase kritis maka akan lebih sulit bagi kita untuk mengajarinya kelak. Demikian pula dengan fase kritis perkembangan yang lain, sepertiĀ toilet trainingĀ dan sikat gigi. Jadi, biarkan saja bayi makan potongan apel atau buah pir, apalagi dia sudah bisa pegang sendiri.

Resep MPASI Bayi Pure Apel Lezat dan Bergizi
Resep MPASI Bayi Pure Apel Lezat dan Bergizi

Perihal perbedaan pendapat dengan orang tua dalam pengasuhan anak, hendaknya kita tetap menghormati orang tua. Dengarkan omongannya, jangan membantah, karena bagaimana pun orang tua kita lebih berpengalaman, setidaknya telah membesarkan kita atau pasangan. Hanya saja, karena keterbatasan informasi jaman dulu, maka cara yang mereka lakukan mungkin dianggap tidak tepat lagi. Dalam menghadapi situasi seperti ini, lebih baik kita bangun pola komunikasi yang baik dengan orang tua kita. Dengarkan dulu apa pendapat orang tua kita, lalu saring mana yang benar dan bisa kita manfaatkan, serta mana yang kurang tepat. Komunikasikan baik-baik keberatan kita, bila perlu ajak bersama-sama belajar perihal tumbuh kembang anak.

Sumber referensi pendukung: Klinikdrtiwi.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *