Kesehatan Rongga Mulut Bayi di Masa Program MPASI

Kesehatan rongga mulut pada bayi penting dijaga sejak ia lahir. Akan tetapi, kesehatannya harus ditingkatkan ketika ia sudah mampu mengenal makanan padat pertama.

Sisa-sisa makanan yang menempel di gusi dan gigi juga dapat memicu gangguan kesehatan pada rongga mulut.

Read More

Jadi, bunda harus bisa memastikan dan selalu membersihkan rongga mulut si kecil setelah makan.

Dilansir dari website klinikdrtiwi.com, dijelaskan bahwa:

  1. Rata-rata anak mulai mengalami pertumbuhan gigi pertama antara usia 6-8 bulan, bersamaan dengan periode pengenalan makanan padat pertamanya. Jika giginya mulai terlihat, gunakanlah sikat gigi khusus bayi yang berbulu lembut, tak perlu menggunakan pasta gigi. Selain membersihkan gigi, cara ini juga memberi pijatan pada jaringan gusi.
  2. Proses pertumbuhan gigi membuat gusi anak bengkak, sehingga anak cenderung tidak nyaman dan terlihat sering mengantuk-antukkan gusinya. Kondisi yang tidak nyaman di area mulut dapat menjadi salah satu pemicu anak menolak untuk makan, atau menurunkan selera makannya. Berikan si kecil mainan khusus yang dapat digigit, atau kain bersih yang didinginkan. Ini adalah cara alternatif yang jitu untuk mengompres gusi bengkak dan menenangkan anak.
  3. Secara teratur periksa kondisi rongga mulut anak; memastikan jumlah gigi yang tumbuh, dan memeriksa kondisi gusinya. Pastikan gusi dan gigi bersih dari sisa-sisa makanan
  4. Jadwalkan pemeriksaan gigi anak ke dokter gigi sebelum berusia 1 tahun, atau lebih baik dilakukan pada periode 6 bulan setelah Anda melihat gigi pertamanya tumbuh.

Adapun musuh utama kesehatan rongga mulut pada si kecil adalah bakteri yang membentuk lobang pada gigi. Karena lobang pada gigi bisa menjadi sarang penyakit infeksi yang menular. Sebaiknya bunda tidak perlu memeriksa suhu minuman atau makanan dengan mulut, kemudian menggunakan alat makan yang sama dengan anak. Jika dilakukan maka risiko berpindahnya bakteri yang ada di mulut bunda ke mulut anak akan meningkat, dan anak/si kecil akan mudah mengalami gigi berlubang di usia dini. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Related posts