Menu Tutup

Seberapa Efektifkah MPASI Bagi Bayi?

Cara Membuat Bubur Telur Puyuh

Untuk menunjang laju pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi agar tetap sehat dan kuat, maka penting sekali bayi mendapatkan asupan gizi/nutrisi yang cukup dalam seharinya.

Selain diberikan ASI eksklusif, bayi setelah berumur 6 bulan juga penting diperkenalkan makanan pendamping (MPASI), supaya antobodi bayi terbentuk dan juga lebih banyak variasi makanan yang ia santap.

ASI sangat baik, begitupun MPASI. ASI mengandung banyak kolustrum yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Sementara MPASI, juga bagus untuk meningkatkan derajat kesehatan bayi, serta membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta untuk mengatur pola pertumbuhan dan perkembangan bayi secara umum.

Makanan pendamping bayi (MPASI) ternyata sangat efektif untuk menunjang laju pertumbuhan bayi. Bayi yang kurang asupan MPASI, biasanya pertumbuhan tubuhnya cenderung lambat, terkadang nampak kurus dan bisa menyebabkan terjadi penyakit marasmus dan kwashiorkor. Kedua penyakit ini sering dikaitkan dengan adanya defisiensi (kekurangan) gizi protein.

Oleh sebab itu, bagi bunda yang memiliki bayi yang sudah berumur 6 bulan, maka ayo segera berikan MPASI dengan berbagai jenis olahan yang dihaluskan baik yang berasal dari bahan pangan seperti tepung, nasi, buah-buahan, sayur mayur, lauk dan beberapa jenis suplemen tambahan agar bayi tetap tumbuh dan berkembang secara baik. Jadi, memberi MPASI pada bayi itu penting dan tentunya banyak manfaat seperti:

  • Meningkatkan kecerdasan pada bayi;
  • Membantu menaikan laju pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi;
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi;
  • Mencegah sakit dan infeksi, termasuk demam;
  • Membuat anak tidak alergi dengan berbagai makanan;
  • Memenuhi kebutuhan gizi harian, sehingga anak terbebas dari gizi buruk yang berbahaya bagi perkembangan fisik, mental dan psikologinya;
  • Mendekatkan hubungan antara ibu dan si kecil;
  • Menjamin kesehatan si kecil secara umum.

Itulah beberapa manfaat dari pemberian MPASI bagi bayi. Karena sudah sangat terbukti efektif membantu tumbuh-kembang si kecil (bayi). Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *