Luka Ringan Pada Anak Saat Bermain? Obatin Aja Pake Betadine Antiseptic Solution

Melihat anak-anak bermain lepas bersama teman sebayanya tentunya suatu keharusan supaya mereka menikmati sosialisasi tanpa batas. Anak-anak terkadang memiliki waktu bermain yang cukup banyak dan beragam. Namun sebagai orang tua juga penting untuk memantau anak agar tidak lepas begitu saja, sehingga mereka tertib dalam memanajemen waktu saat bermain, belajar, maupun berkumpul dengan keluarga.

Tidak dipungkiri bahwa terkadang saat anak-anak bermain pastinya mengalami cidera atau luka ringan pada bagian tubuhnya. Namun yang sering saya amati anak-anak itu mengalami cidera atau luka ringan (lecet) pada bagian jari tangan, atau bagian lutut kaki akibat terjatuh/terbentur benda keras.

Read More

Anak-anak yang hobi bermain sepakbola/futsal biasanya rentan mengalami luka ringan pada bagian kaki, entah itu di sleding oleh lawan saat pertandingan atau latihan. Kejadian-kejadian semacam ini pastinya tidak bisa kita sangka sebelumnya, karena sifatnya mendadak tanpa kita minta terlebih dahulu.

Bahayanya jika luka pada anak tidak kita ketahui dan tidak segera kita lakukan perawatan, maka khawatirnya bisa terjadi infeksi, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sungguh mengerikan bukan?

Tips Menangani Luka Ringan Pada Anak-Anak yang Aktif Bermain

Nah saat anak kesayangan anda mengalami luka ringan pada bagian tubuhnya, maka para bunda atau orang tua tidak perlu panik. Hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Membersihkan luka terlebih dahulu dengan menggunakan air dingin yang mengalir, tujuannya supaya luka tidak semakin parah;
  • Keringkan luka yang sudah dibersihkan dengan menggunakan kain kasa lembut;
  • Jika sudah kering, maka luka bisa ditambahkan dengan obat luka antiseptic untuk mencegah terjadinya infeksi. Kalau anak-anak sedang mengalami luka alangkah baiknya bisa mengobatinya dengan Betadine antiseptic yang banyak dijual di pasaran (warung). Harganya cukup terjangkau, kalau di daerah saya cumanan Rp. 7.000,00 saja;
  • Setelah itu tutupi luka bisa menggunakan kain perban lembut. Lakukan pemerbanan dengan hati-hati supaya luka tetap aman dan tidak semakin parah.
  • Selalu lakukan perawatan luka hingga benar-benar kering dan pastikan tidak terjadi infeksi atau korengan.
  • Jika terjadi infeksi atau luka sulit sembuh, maka bisa langsung datang ke dokter spesialis anak untuk konsultasi dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Nah, sebagai untuk jaga-jaga juga jika mungkin akan terjadi luka ringan maupun lumayan berat pada anggota keluarga, maka penting sekali kita menyiapkan kotak/box kecil yang berisi alat-alat atau obat untuk Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di dalam rumah. Jangan sampai kita kerepotan mencari obat luka saat anak-anak/anggota keluarga lain mengalami luka teriris, memar, atau lecet saat bermain dengan teman-teman mereka.

Anak-anak bermain bola rentan cidera dan mengalami luka ringan

Nah, setidaknya ada perban/kasa, kapas, bidai, plester serta obat Betadine yang merupakan obat luka paling mendasar dan harus kita siapkan di kotak/box P3K yang ada di rumah kita. Untuk membeli obat Betadine misalnya, para bunda bisa memesannya secara mudah hanya lewat hape dengan berkunjung ke situs https://betadine.co.id/.

Betadine Antiseptic yang bagus untuk melawan kuman saat anak-anak mengalami luka lecet, memar, dan sebagainya.

Semoga dengan para bunda/orang tua yang peduli dengan keselamatan anak-anak saat bermain, maka kejadian yang tak diinginkan pada anak bisa terhindari. Minimal menyiapkan alat P3K dan obat luka adalah hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk para bunda yang telah membaca artikel ringan ini. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa untuk berpikir positif dan senyum bahagia 🙂

Related posts