Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pir untuk MPASI Bayi

Satu hal yang membuat saya senang memberikan buah pir untuk bayi adalah karena kandungan gizinya. Buah pir mengandung mineral, vitamin, asam-asam amino, lemak baik yang bagus untuk kebutuhan harian bayi. Selain itu, buah pir ini juga mengandung banyak serat, kalium, kalsium, serta vitamin C yang cukup tinggi. Ada pula kandungan tembaga, seng, mangan, dan zat besi yang berguna untuk melindungi/proteksi sel tubuh dari kerusakan dan mendukung sistem kekebalan tubuh si bayi.

Peran penting (manfaat, fungsi) dari serat buah pir sangat bagus bisa membantu mengurangi risiko kanker dan serangan jantung.

Selain itu, manfaat lain dari buah pir bisa mengatasi gejala sembelit pada bayi. Oleh karena itulah buah pir mengandung sedikit asam sehingga sangat ideal untuk MPASI pertama pada bayi, sekalipun bayi menderita reflux/gerd.

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pir
Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pir

Adapun kandungan gizi pada buah pir untuk MPASI bayi diantaranya adalah:

  • Kandungan mineral seperti: Kalium (198 mg), Fosfor (82,4 mg), Kalsium (20 mg), Magnesium (10 mg), Zat besi (26 mg), Sodium (2 mg), Selenium, Mangan, Tembaga, dan Seng yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi;
  • Vitamin yang terkandung dalam buah pir seperti: Vitamin A (38 IU), Asam Folat (12 mcg), Niacin (26 mg);
  • Vitamin B1 (tiamin = 2 mg), Vitamin B2 (riboflavin = 25 mg), vitamin C (7 mg), serta jenis vitamin kompleks;
  • Mengandung air yang sangat bagus agar bayi terhindar dari dehidrasi;
  • Pada buah pir juga mengandung asam-asam amino yang merupakan hasil sintesis protein yang baik untuk menunjang pembelahan sel di dalam tubuh bayi.

Itulah tadi bunda manfaat dan kandungan gizi pada buah pir untuk MPASI bayi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk bunda semuanya. Jangan lupa baca juga: Jenis Buah Pir (Pear) untuk MPASI Bayi yang Berkualitas Tinggi.