Porsi Makan Bayi 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12 Bulan Berapa ml/Sendok?

MPASI steak kentang untuk bayi 8 bulan yang enak
Bagikan Artikel Ini Ke Temanmu

Pada bayi berumur 6 bulan sebenarnya harus diberi ASI atau susu formula sebanyak 3-5 kali sehari setiap 3-4 jam, dengan jumlah total antara 700-1000 mili Liter (mL). Sementara makanan pendamping ASI (MPASI) memiliki porsi 3x sehari, yaitu pada pagi hari pkl.07.00, siang hari pkl. 12.00, dan pada sore hari sekitar pkl. 17.00 WIB. Pada malam hari bayi bisa diberi menu ASI eksklusif secukupnya.

Jika dikalkulasi dalam jumlah mL MPASI sekitar 200 mL per hari dibagi-bagi menjadi 3 waktu makan (pagi, siang, sore). Per sesi makan diberikan 5 sendok menu MPASI. Pastikan pemberian MPASI harus bervariasi sesuai tingkat perkembangan bayi. Semakin bertambah umur, maka menu MPASI biasanya akan bertambah. Hal ini tentu saja menyangkut tipe metabolisme bayi yang berubah. Tubuh bayi jika umurnya bertambah tentu asupan zat gizi pun akan berubah. Jumlah kalori yang dibutuhkan akan bertambah jika bayi semakin aktif bergerak (bermain). Oleh karena itu, pada saat bayi berumur 7, 8, 9, 10, 11 bulan dan seterusnya harus mendapatkan menu MPASI 4 bintang.

MPASI steak kentang untuk bayi 8 bulan yang enak
MPASI steak kentang untuk bayi 8 bulan yang enak

Menu MPASI 4 bintang maksudnya bayi mendapatkan asupan zat gizi makanan seimbang dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Semua bahan makanan bernutrisi di atas diolah setiap hari dengan variasi berbeda-beda. Hal ini dilakukan supaya bayi tidak mudah bosan dan lebih variatif dalam memperoleh banyak jenis makanan harian.

Semakin bervariasi jenis makanan yang diolah dan dikonsumsi bayi, maka bayi akan lebih sehat dan bugar. Selain itu, bayi tidak gampang bosan dan tidak mudah infeksi.

Adapun penambahan jumlah sendok per sesi makan untuk masing-masing umur bayi:

  • Umur 6 bulan, per sesi makan (pagi, siang, sore) masing-masing 5 sendok makan MPASI;
  • Umur 7 bulan, per sesi makan (pagi, siang, sore) masing-masing 6 sendok makan MPASI;
  • Umur 8 bulan, per sesi makan (pagi, siang, sore) masing-masing 7 sendok makan MPASI;
  • Umur 9 bulan, per sesi makan (pagi, siang, sore) masing-masing 8 sendok makan MPASI;
  • Umur 10 bulan, per sesi makan (pagi, siang, sore) masing-masing 9 sendok makan MPASI;
  • Umur 11 bulan ke atas, per sesi makan (pagi, siang, sore) masing-masing 10 sendok makan atau lebih MPASI olahan;

Cemilan juga bisa menjadi makanan kesukaan bayi berumur di atas 1 tahun. Bunda tentu bisa membuat berbagai macam jenis makanan bayi untuk umur di atas 12 bulan.

4 Komentar

  1. Avatar
    Ari Santosa Pamungkas Balas

    Btw, ukuran sendok yang dipakai di dalam artikel ini tuh sendok makan bayi itu ya kak?

    • Avatar
      Juzsi Aldeska PenulisBalas

      Hallo pak Ari, iya betul pakai sendok makan khusus MPASI bayi yang terbuat dari plastik itu. Banyak kok dijual di pasaran….thanks sudah mampir dan salam kenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *