Tahapan MPASI yang Perlu Parents Ketahui !

tahapan MPASI yang perlu diketahui parents

Saat si kecil mulai menjalani program MPASI sekitar umur 6 bulanan, maka parents pastinya akan mulai menyiapkan segala sesuatu hal untuk mendukung kelancaran proses MPASI si kecil.

Mungkin bunda akan menyiapkan bahan makanan harian untuk MPASI mulai dari jenis olahan berkarbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan juga yang ada kandungan mineralnya.

Read More

Tujuan MPASI ini pastinya akan dengan sungguh-sungguh bayi memperoleh asupan gizi harian cukup sehingga mampu mendukung tumbuh-kembangnya agar semakin bagus.

Nah, berikut ini tahapan MPASI yang perlu parents ketahui sebelum melakukan program MPASI untuk si kecil, yakni:

1. MPASI 6 Bulan Pertama

Tekstur makanan MPASI pada periode umur 6 bulan pertama ini yaitu bertekstur halus atau dalam bentuk puree/bubur halus. Untuk mendapatkan puree halus ini maka bunda bisa memasak/mengukus buah-buahan kemudian dihaluskan manual memakai sendok sambil dipenyet-penyet atau dengan diblender. Jenis makanan yang bagus untuk membuat MPASI bayi umur 6 bulan mayoritas berasal dari buah-buahan seperti jeruk, apel (dikukus terlebih dahulu), melon, pisang, alpukat, lemon, anggur, dan lain sebagainya. Berikut contoh makanan MPASI bayi pure apel dan pir yang harus dikukus.

Beberapa makanan berkarbohidrat seperti ubi jalar, pisang, nasi juga bisa diberikan dengan harus dihaluskan sampai sehalus mungkin. Pada beberapa makanan yang bertekstur cukup padat, maka bunda bisa mengukusnya terlebih dahulu agar teksturnya semakin empuk dan mudah saat diblender, sehingga bisa menyatu dengan air.

2. MPASI 7-8 Bulan

Tekstur makanan MPASI untuk bayi umur 7-8 bulan yakni sedikit lebih kasar, maka bisa diberikan makanan jenis nasi, ubi jalar, wortel, daging yang dihaluskan, kentang, dan lain sebagainya yang beberapa penerapannya bisa juga tetap diblender agar mudah halus.

3. MPASI 9-12 Bulan

Umur 9-12 bulan, maka bayi bisa mulai diperkenalkan dengan makanan cincang kasar, bisa berasal dari tumbuhan maupun hewan. Misalnya diberikan makanan cincang bakso, cincang daging ayam/sapi, hati sapi, tauge/brokoli cincang, atau sayuran yang dicincang-cincang. Dan tentunya masih banyak lagi yang bisa bunda eksplore untuk memvariasikan makanan MPASI pada usia bayi sedemian rupa ini.

4. MPASI 12 Bulan Ke Atas

Pada umur bayi 12 tahun ke atas, maka tekstur makanan bisa berupa tekstur makanan normal layaknya orang dewasa. Namun, bunda juga perlu mengkombinasikan makanan yang halus (diblender) dengan makanan padat. Misalnya dalam bentuk cemilan seperti bakwan, pisang rebus, pisang matang, jeli, agar-agar, biskuit, roti, dan lainnya.

Nah itu parents, beberapa informasi tentang tahapan-tahapan melakukan program MPASI untuk si kecil berdasarkan waktu dan tekstur MPASI yang perlu diberikan kepada si kecil agar tidak terjadi kesalahan fatal. Semoga bermanfaat ya parents !

Related posts