Faktor Risiko Pemberian MPASI Terlalu Dini Pada Bayi

mpasi ayam kabocha
mpasi ayam kabocha

Makanan Pendamping ASI (MPASI) memang sangat penting sekali diberikan pada bayi. Tujuan pemberian MPASI pada bayi ini agar bayi tetap mendapatkan nutrisi (zat gizi) penting untuk meningkatkan tumbuh kembangnya sehingga harapannya bayi akan sehat. Selain itu, agar bayi mampu beradaptasi dengan berbagai jenis makanan yang ada, mulai dari jenis makanan berkarbohidrat, berprotein, lemak, mineral, air, berserat, dan sejenisnya.

Walaupun melakukan program MPASI, maka bayi juga tetap harus mengonsumsi ASI eksklusif dari ibunya. Dan beberapa bunda/ibu-ibu juga seringkali memberikan ASI yang dicampurkan/mengcombine pada bahan makanan MPASI.

Read More

Untuk memberikan MPASI pada bayi sebaiknya harus tetap mengikuti umurnya. Aturan baku untuk pemberian MPASI pada bayi pertama kali dilakukan saat bayi berumur 6 bulan pertama. Pada umur ini, maka sistem pencernaan bayi sudah siap untuk mencerna beragam makanan dengan kandungan gizi beragam.

Jangan berikan MPASI pada bayi di bawah umur 6 bulan, apalagi pada umur bayi 1, 2, 3, 4 bulanan, maka ini sangat berbahaya, karena biasanya bayi berpeluang untuk mengalami gangguan/sindrom metabolik dalam pencernaannya. Biasanya bayi juga bisa berpeluang mengalami diare, susah buang air besar (konstipasi), pembengkakan pada anus dan rectrum, gangguan pada usus dan lambung, kekacauan sistem imunitas, muntah, lactose intolerance, mudah sakit, dan lain sebagainya.

Jika masih ragu tentang kapan waktu yang tepat untuk pemberian MPASI pada bayi anda, maka sebaiknya bisa datangi/konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak agar mendapatkan bimbingan/arahan dan solusi terbaik.

Related posts